Atasi Starter Byson Tidak Merespon dan Cetak Cetek

Atasi starter Byson tidak merespon dan bunyi cetak cetek. Yamaha Byson milik kami kembali bermasalah pada sistem starter otomatisnya. Hm, sungguh menyebalkan.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai starter Byson tidak merespon dan kadang hanya muncul bunyi cetak cetek.

 

Saat starter Byson tidak merespon, dulu kami sempat membersihkan bagian tombol starter yang memang kerap kotor dan tidak berfungsi.

 

Untuk sekarang, hal tersebut tidak berpengaruh sebab setelah bagian dalam tombol starter dibersihkan, starter motor masih enggan merespondan kadang hanya menimbulkan bunyi cetak cetek saja.

 

Apa yang sebenarnya terjadi?

 

Atasi Starter Byson Tidak Merespon dan Cetak Cetek

Atasi Starter Byson Tidak Merespon dan Cetak Cetek


Komponen starter pada motor seperti Byson biasanya meliputi tombol starter, perkabelan, aki, dinamo starter, hingga bendik starter.

 

Dan yang kerap rusak adalah bagian bendik starternya serta dengan aki jika memang motor sudah berumur seperti motor Byson kami yang hendak berusia 10 tahun di 2 tahun mendatang.

 

Setelah melakukan observasi secara singkat, kami simpulkan bahwa kerusakan pasti ada pada bendik starter.

 

Sebab sebelumnya bendik starter memang bermasalah dan diganti dengan bendik dari Xeon.

 

Namun setelah 1 tahun menggunakan bendik dari Xeon yang aftermarket (bukan original), bendik sering mengalami masalah yakni kerap error pada bagian sekring sehingga membuat kelistrikan mati total.

 

Pada akhirnya, kami pun sempat menggunakan bendik bawaan Byson yang sudah mulai lemah sehingga sering berbunyi cetak cetek dan juga kerap tidak merespon sama sekali.

 

Setelah Ganti Bendik Byson

Setelah mengganti bendik Byson dengan yang baru dan original, hasilnya adalah starter motor bisa menyala dengan normal tanpa ada kendala.

 

Hanya saja, perlu diperhatikan jika jangan sampai longgar dalam memasangkan baut kutub perkabelan hingga tidak sreg dalam memasangkan soket bendik.

 

Jika sampai longgar, bendik bisa tidak bekerja karena suplai listrik tidak mengalir dengan sempurna.

 

Sebagai tips, pastikan menggunakan bendik untuk Byson dan yang original agar performa bendik bisa lebih awet serta tidak banyak ubahan.

 

Video

 


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x