Ukuran Gear Rx King Untuk Touring

Ukuran gear RX King untuk touring yang ideal itu berapa sih? Di sini kita akan coba berspekulasi mengenai ukuran gear yang pas untuk RX King yang tentunya harus dipertimbangkan dengan aspek lainnya.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear RX King untuk melakukan kegiatan tour.

 

Touring, ini adalah salah satu kegiatan “berwisata” yang biasanya jaraknya cukup jauh. Menariknya, cukup banyak yang melakukan touring ini dengan sepeda motor termasuk motor RX King.

 

Apakah kalian termasuk salah satunya? Sekedar informasi saja, banyak yang bertanya mengenai ukuran gear RX King untuk kegiatan touring.

 

Namun sayangnya ada aspek yang mungkin terlupa saat hendak mengubah ukuran gear untuk kegiatan touring.

 

Aspek apakah itu?

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengubah Ukuran Gear Motor

Ukuran Gear Rx King Untuk Touring

Entah itu untuk mengejar top speed atau untuk harian, yang jelas mengubah ukuran gear itu harus ada hitungannya.

 

Termasuk pada saat hendak touring, setidaknya kita harus perhatikan salah satu aspek yang biasanya terlupakan.

 

Aspek tersebut adalah kondisi jalanan yang hendak dilalui saat hendak touring. Sebab ini akan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan akan ukuran gear motor.

 

Misal saja, touring di jalur Pantura yang relatif lurus dan minim tanjakan cenderung membutuhkan rasio final gear yang lebih rendah dari ukuran gear standar.

 

Sebaliknya, jika kita touring ke daerah pegunungan atau perbukitan seperti daerah Lembang misalnya, jelas kita perlu rasio final gear yang lebih besar agar motor bisa menanjak dengan lancar.

 

Jangan sampai, kita hendak OTW ke lembang, namun malah menggunakan rasio final gear yang rendah. Efeknya motor bisa ngeden di tanjakan dan malah membebani kita saat melakukan touring.

 

Ukuran Gear Standar RX King

RX King sendiri mengusung ukuran gear depan dan belakang yang berbeda di beberapa generasi.

 

Sebut saja, RX King Cobra atau RX King generasi pertama mengusung ukuran gear depan sebesar 14 mata dan yang belakang sebesar 37 mata dengan rasio final gear sebesar 2.64.

 

Sedangkan RX King Master dan generasi seterusnya menggunakan gear depan berukuran 15 mata dan yang belakang berukuran 47 mata dengan rasio final gear sebesar 3.13.

 

Sekedar informasi, untuk mengetahui ukuran rasio final gear, caranya cukup mudah yakni dengan membagi ukuran gear belakang dengan gear depan.

 

Acuan Mengubah Ukuran Gear Motor

Acuan dalam mengubah ukuran gear motor adalah sebagai berikut:

  1. Naikan rasio final gear agar motor lebih bertenaga di putaran bawah dan enak untuk tanjakan tetapi efeknya akan membuat nafas motor jadi lebih pendek. (Langkah untuk menaikan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear depan atau menaikan ukuran gear belakang).
  2. Turunkan rasio final gear agar motor lebih panjang nafasnya dan bisa mencapai top speed dengan lebih tinggi. Tapi ini akan membuat putaran bawah tenaganya turun. (Langkah untuk menurunkan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear belakang atau menaikan ukuran gear depan).

 

Sebenarnya, ukuran gear standar motor sudah ajib untuk sekedar kebutuhan touring di jalan “standar” Indonesia.

 

Namun jika kita hendak touring ke tempat tertentu yang jalannya cukup unik seperti banyak tanjakannya, maka sebaiknya naikan rasio final gear dengan cara menambah ukuran gear belakang misal dari yang awalnya berukuran 37 mata jadi 39 mata.

 

Sebagai penutup, sebaiknya ganti gear dan rantai secara satu set agar gear dan rantai jadi lebih awet.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....