Ukuran Gear Rx King Harian Yang Harus Dipertimbangkan Apa Saja?

Ukuran gear RX King harian, apa saja yang harus dipertimbangkan? Ini penting, sebab jika sampai salah perhitungan, yang ada motor jadi tidak enak untuk digunakan.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear RX King untuk kebutuhan harian.

 

Meski merupakan salah satu motor yang boros bahan bakar dan perlu oli samping karena merupakan motor 2 tak, namun tetap ada yang menggunakan RX King untuk kebutuhan harian.

 

RX King yang kerap jadi motor kenceng ini nampak masih sering mondar-mandir di padatnya jalanan perkotaan meski di beberapa wilayah, perderan motor berjenis 2 tak sudah mulai dibatasi.

 

Baca Juga: Generasi RX King


Ngomong-ngomong nih, banyak yang bertanya mengenai ukuran gear RX King untuk kebutuhan harian.

 

Namun sayangnya, kami harus katakan jika ukuran gear untuk keperluan harian itu bervariatif tergantung dengan kondisi jalanan.

 

Loh? Maksud kami adalah jika jalanannya ramai lancar dan cenderung lurus, maka tidak bisa disamakan dengan jalanan yang kerap menanjak seperti di area perbukitan di wilayah Lembang Kab. Bandung Barat.

 

Ukuran Gear Rx King Harian

Ukuran Gear Rx King Harian Yang Harus Dipertimbangkan Apa Saja?

Menyambung tulisan di atas, setidaknya kita harus pertimbangkan terlebih dahulu mengenai kondisi jalanan yang kerap kita lalui.

 

Selain itu, kita harus pahami kebutuhan apa yang diinginkan oleh kita. Misal apakah tarikan RX King yang kita miliki kurang oke untuk dibawa ke jalanan yang menanjak?

 

Atau motor RX King kita cenderung bernafas pendek sehingga top speed-nya kurang?

 

Indonesia sendiri memiliki geografis wilayah yang bervariatif yakni tidak semuanya dataran yang rata tanpa gelombang.

 

Di beberapa wilayah bahkan kebanyakannya adalah tanjakan dan turunan.

 

Jadi jika ada yang bertanya ukuran gear untuk kebutuham harian, maka akan berbeda jawabannya antara orang yang tinggal di wilayah yang datar serta orang yang tinggal di daerah perbukitan.

 

Namun yang jelas, coba kita simak dulu ukuran gear standar dari RX King. Di mana RX King generasi awal yakni RX King Cobra menggunakan ukuran gear sebesar 37 mata untuk gear belakang dan 14 mata untuk yang depannya.

 

Sedangkan untuk generasi RX King Master ke atas, ukuran gear-nya adalah sebesar 15 mata untuk yang depan dan 47 mata untuk yang belakang.

 

Ukuran Rasio Final Gear RX King

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai ukuran rasio final gear dari RX King series. Di mana cara menentukan rasio final gear ini cukup mudah.

 

Caranya adalah dengan membagi ukuran gear belakang dengan ukuran gear depan. Jadi jika penulisannya adalah 14/37, maka tinggal dibalik jadi 37/14 yang menghasilkan 2.64.

 

Angka 2.64 tersebut merupakan angka rasio final gear dari motor RX King Cobra. Sedangkan untuk RX King Master ke atas adalah sebesar 47/15=3.13.

 

Sedangkan jika kita hendak mengubah ukuran gear berdasarkan karakter tertentu, maka acuannya adalah sebagai berikut:

  • Turunkan rasio final gear agar motor lebih panjang nafasnya dan bisa mencapai top speed dengan lebih tinggi. Tapi ini akan membuat putaran bawah tenaganya turun. (Langkah untuk menurunkan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear belakang atau menaikan ukuran gear depan).
  • Naikan rasio final gear agar motor lebih bertenaga di putaran bawah dan enak untuk tanjakan tetapi efeknya akan membuat nafas motor jadi lebih pendek. (Langkah untuk menaikan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear depan atau menaikan ukuran gear belakang).

 

Misal RX King Cobra yang ukuran gearnya adalah 14/37, kita bisa gunakan gear berukuran 15/37 atau 14/35 supaya nafasnya lebih penjang.

 

Sedangkan agar RX King Cobra lebih bertenaga akselerasinya, maka bisa menggunakan gear berukuran 13/37 atau 14/39.

 

Sebagai tips tambahan, sebaiknya naikan atau turunkan ukuran gear secara perlahan (misal hanya menaikan 1-2 mata). Ini bertujuan agar tarikan motor masih tetap enak.

 

Adapun untuk mencegah keausan secara dini, sebaiknya ganti gear dan rantai secara satu set meski yang diganti hanya satu gear saja.

 

Dari pengalaman kami, gear dan rantai yang usia pakainya tidak sama bisa membuat rantai dan gear cepat aus hingga membuat getaran pada motor di RPM menengah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....