Ukuran Gear RX King Original Standar Pabrik

Ukuran gear RX King original standar pabrik yang cocok keperluan harian itu seberapa besar sih? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear dari RX King yang kerap dipertanyakan.

 

Hingga kini, RX King yang bermesin 2 tak masih banyak diperbincangkan dan dicari unit bekasnya.

 

Memang, motor tua yang satu ini sangat legendaris karena punya performa yang mumpuni bahkan kerap disebut sebagai jet darat.

 

Nah buat yang penasaran mengenai seluk-beluk ukuran gear dari motor RX King ini, mari kita bahas di dalam sub judul selanjutnya.

 

Ukuran Gear RX King Original

Ukuran Gear RX King Original Standar Pabrik

Ukuran gear RX King original standar pabrik adalah sebesar 14T/37T untuk RX King Cobra dan berukuran 15T/47T untuk generasi RX King Master ke atas.

 

Seperti yang kita ketahui nih, RX King itu punya beberapa varian mulai dari generasi pertama yakni RX King Cobra hingga diakhiri dengan RX King New.

 

Jadi kesemua varian tersebut ternyata memiliki perbedaan ukuran gear-nya terutama untuk RX King Cobra.

 

Adapun untuk membaca ukuran gear-nya cukup mudah di mana angka 14 adalah ukuran gear depan sedangkan angka 37 adalah ukuran gear belakang.

 

Pun begitu untuk angka 15 yang merupakan gear depan dan angka 47 adalah gear belakangnya.

 

Adapun huruf T di belakang angka adalah singkatan dari tooth atau bila diterjemahkan artinya adalah gigi.

 

Di kita, gear ini kerap disebut ada geriginya atau juga disebut ada matanya (merujuk pada rantai yang kerap disebut ada matanya).

 

Ukuran Rasio Final Gear RX King

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai ukuran rasio final gear dari RX King series. Di mana cara menentukan rasio final gear ini cukup mudah.

 

Caranya adalah dengan membagi ukuran gear belakang dengan ukuran gear depan. Jadi jika penulisannya adalah 14/37, maka tinggal dibalik jadi 37/14 yang menghasilkan 2.64.

 

Angka 2.64 tersebut merupakan angka rasio final gear dari motor RX King Cobra. Sedangkan untuk RX King Master ke atas adalah sebesar 47/15=3.13.

 

Dengan demikian dapat terlihat jika RX King Master punya rasio final gear yang lebih besar dari RX King Cobra.

 

Ngomong-ngomong, rasio final gear ini adalah rasio atau perbandingan antara gear belakang dan depan ya.

 

Takutnya setelah membahas ini, masih ada yang tidak ngeuh mengenai final gear yang merupakan gear depan dan gear belakang dari suatu motor (saking ada banyaknya gear pada motor)..

 

Acuan Mengubah Ukuran Rasio Final Gear

Untuk mengubah ukuran rasio final gear atau final gear ratio adalah sebagai berikut:

  • Turunkan rasio final gear agar motor lebih panjang nafasnya dan bisa mencapai top speed dengan lebih tinggi. Tapi ini akan membuat putaran bawah tenaganya turun. (Langkah untuk menurunkan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear belakang atau menaikan ukuran gear depan).
  • Naikan rasio final gear agar motor lebih bertenaga di putaran bawah dan enak untuk tanjakan tetapi efeknya akan membuat nafas motor jadi lebih pendek. (Langkah untuk menaikan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear depan atau menaikan ukuran gear belakang).

 

Misal RX King Cobra punya rasio final gear sebesar 2.64 dari komposisi ukuran gear depan berukuran 14 dan yang belakang berukuran 37.

 

Maka untuk mendapatkan top speed yang lebih baik (besar), maka kita bisa gunakan dua opsi yakni naikan ukuran gear depan atau turunkan gear belakang seperti:

  • 37/15= 2.46 (opsi naikan ukuran gear depan dengan menaikan satu mata pada gear depan)
  • 35/14= 2.5 (opsi menurunkan gear belakang dengan menurunkan 2 mata pada gear belakang)

 

Sebagai tips tambahan, sebaiknya naikan atau turunkan ukuran gear secara perlahan (misal hanya menaikan 1-2 mata). Ini bertujuan agar tarikan motor masih tetap enak.

 

Adapun untuk mencegah keausan secara dini, sebaiknya ganti gear dan rantai secara satu set meski yang diganti hanya satu gear saja.

 

Dari pengalaman kami, gear dan rantai yang usia pakainya tidak sama bisa membuat rantai dan gear cepat aus hingga membuat getaran pada motor di RPM menengah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....