Ukuran Oli Shock Depan X Ride Berapa ml?

Ukuran oli shock depan X Ride atau takaran oli shock depan X Ride itu berapa ml sih? Ini adalah salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan ketika hendak mengganti oli shock.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai volume oli shock depan X Ride.

 

Salah satu motor metik dengan gaya crosser yang masih dijual hingga sekarang adalah motor X Ride.

 

X Ride sendiri adalah salah satu motor metik dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang punya desain sporty karena mengusung desain cross adventure.

 

Motor X Ride generasi awal memiliki mesin sebesar 110 cc atau sering juga disebut ada di kelas 115 cc.

 

Sedangkan X Ride generasi kedua memiliki mesin sebesar 125 cc dan masih dijual hingga sekarang dan kerap diberi update minor seperti pergantian warna hingga livery.

 

Kapasitas Oli Shock Depan X Ride

Ukuran oli shock depan X Ride sekitar 60 ml per satu shock depannya atau kita perlu setidaknya 120 ml oli shock untuk satu set shock depan X Ride bagian kiri dan kanan.

 

Namun perlu diingat jika volume oli shock di atas bisa diubah baik itu ditambah atau diturunkan sesuai dengan kondisi tertentu.

 

Misal jika ternyata suspensi depan malah terlalu empuk, maka biasanya takaran oli shock akan ditambah beberapa mili agar shock depan lebih enak.

 

Sebaliknya, jika ternyata terlalu keras karena kita menggunakan oli shock yang lebih kental, maka biasanya oli shock ini akan dikurangi takarannya agar suspensi lebih halus dalam meredam guncangan.

 

Kapan Waktunya Ganti Oli Shock Depan X Ride?

Ukuran Oli Shock Depan X Ride Berapa ml?


Pada dasarnya, oli shock mampu bertahan hingga lebih dari jarak tempuh 20.000 Km. namun jarak tempuh ini bisa saja lebih pendek jika suspensi depan mengalami beberapa hal.

 

Misalnya saja, karena X Ride ini desainnya sangat adventure sekali, maka tak jarang banyak yang menggunakan X Ride untuk menerjang jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi.

 

Jika ini yang sering terjadi, maka shock depan cenderung akan lebih mudah rusak termasuk pada bagian oli shock yang cenderung akan mudah menurun performanya.

 

Butuh Berapa Botol Oli Shock Untuk X Ride?

Ini akan menghasilkan jawaban yang relatif, pasalnya oli shock cukup bervariatif takarannya, Ada yang menjualnya di takaran 50 ml hingga ada yang menjual di takaran lebih dari 300 ml.

 

Tetapi jika kita menggunakan oli shock dari Jumbo Hydrofit, maka kita akan mendapatkan oli shock depan dengan takaran per botol sebanyak 100 ml.

 

Dan saat membeli satu paket oli shock Jumbo Hydrofit, kita akan mendapat dua botol oli shock yang artinya kita akan dapat 200 ml oli shock.

 

Dengan demikian, 2 botol oli shock dari Jumbo Hydrofit sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan oli shock depan dari X Ride yang hanya membutuhkan oli shock sekitar 120 ml untuk bagian kiri dan kananya.

 

Efek Tidak Pernah Ganti Oli Shock Depan Motor

Ada beberapa efek buruk dari tidak pernah ganti oli shock depan motor, yakni:

  • Suspensi depan sudah tidak “ngeper” dan kurang baik dalam meredam guncangan
  • Bagian dalam dari shock depan bisa mengalami kerusakan, terlebih jika ternyata oli shock sampai habis
  • Shock depan bisa menjadi limbung
  • Dll

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....