Ukuran Baut Oli Satria FU Bagian Bawah

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran baut oli Satria FU bagian bawah.

 

Satira FU merupakan motor hyperbone atau ayago (ayam jago) dari pabrikan Suzuki. Motor ini adalah salah satu motor terlaris di Indonesia dari pabrikan Suzuki.

 

Motor kencang dengan bodi ramping ini menjadi salah satu raja penjualan di segmen dan di eranya.

 

Untuk sekarang, memang pasar dari motor dengan konsep seperti ini memang tengah menurun, sebab masyarakat Indonesia cenderung lebih suka dengan motor metik.

 

Bahkan di tahun lalu, motor metik menjadi penguasa pasar dengan data penjualan sekitar 88% dan disisanya diperebutkan oleh segmen motor bebek dan sport.

 

Bicara soal Satria FU dan mungkin motor lain secara umum, biasanya ada komponen yang kerap diganti yang mungkin sebenarnya tidak ingin diganti.

 

Komponen tersebut adalah baut pembuangan oli mesin atau baut tap oli mesin. Baut ini sendiri bisa mengalami kerusakan karena beberapa hal.

 

Seperti rusak pada kepala baut yang slek atau aus, drat baut yang rusak, hingga drat pada mesin yang rusak.

 

Jika bautnya saja yang hendak diganti, tentu kita harus bisa mengetahui ukurannya. Adapun untuk mengetahuinya, kita bisa mengukur secara manual atau membaca artikel ini.

 

Ukuran Baut Oli Satria FU

Ukuran Baut Oli Satria FU Bagian Bawah


Dari baut oli Satria FU merek IND, diketahui jika ukuran baut oli Satria FU adalah sebesar 12 mm untuk dratnya, kemudian kepala baut dibuka dengan kunci sebesar 14 mm, dan panjang totalnya adalah sebesar 23.5 mm.

 

Secara lebih rinci, berikut ukuran baut oli Satria FU adalah sebagai berikut:

  • Drat: M12 X 14 mm
  • Jenis Drat: Halus
  • Diameter Topi: 20.5 mm
  • Kunci Yang Digunakan: 14 mm
  • Panjang Total: 23.5 mm
  • Pitch: 1.5 mm

 

Penyebab Baut Oli Satria FU Rusak

Seperti yang disinggung sebelumnya, baut oli ini bisa mengalami kerusakan seperti kepala baut aus, drat baut rusak, hingga drat pada mesin yang rusak.

 

Adapun penyebab dari kerusakan baut tersebut biasanya karena kesalahan dalam membuka baut, menggunakan kunci yang tidak tepat, hingga faktor usia baut itu sendiri.

 

Tips Membuka Baut Oli Mesin Satria FU

Atas kerusakan di atas, berikut tips untuk membuka baut oli mesin Satria FU agar meminimalisir terjadinya kerusakan pada baut atau pun drat di mesin:

  • Lepas baut saat mesin sudah dingin, baut yang masih panas bisa membuat baut dan dratnya mudah memuai atau berubah bentuk hingga slek
  • Gunakan kunci yang sesuai, diusakan menggunakan kunci ring atau kunci sock dan jangan menggunakan kunci pas karena bisa membuat baut jadi lebih mudah rusak
  • Jangan salah memutar kunci, saat mengedurkan baut, maka putar ke kiri, sedangkan saat mengencangkan putar ke kanan (karena letak baut terbalik dan ada di bawah, maka arahnya pun harus disesuaikan dengan posisi)
  • Pasangkan baut dengan posisi yang tepat, jangan sampai miring karena bisa merusak drat pada baut dan juga pada mesin
  • Jangan mengencangkan terlalu keras, sebab bisa menyebabkan baut doll dan drat pada mesin harus dibuat ulang
  • Gunakan baut oli yang berkualitas sebagai pengganti baut yang rusak, ini agar meminimalisir terjadinya kerusakan susulan seperti baut slek hingga patah
  • Jika kepala baut terkena oli, maka bersihkan terlebih dahulu agar lebih mudah saat hendak dibuka atau dikencangkan

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x