Sider Artinya Adalah Apa dalam Grup Facebook hingga WA?

Sider artinya apa? Kamu pasti setidaknya pernah mendengar kata sider di forum atau grup online seperti Facebook, WA, hingga Telegram bukan? Jika iya, mungkin kamu akan bingung dengan artinya.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai sider adalah apa dalam grup Facebook hingga WA.

 

Banyak sekali bahasa gaul yang kerap digunakan dan cenderung merupakan kode tersendiri yang sulit untuk dimaknai oleh kita yang awam.

 

Termasuk pada forum otomotif atau sepeda motor, kata sider cukup banyak digunakan dan mungkin membuat kita bingung.

 

Ya, kami pun bila boleh jujur, sempat menganggap sider ini adalah berasal dari side yang artinya sisi atau samping.

 

Tetapi rupanya bukan itu maksudnya, lalu maksudnya apa dong?

 

Apa Itu Sider?

Sider Artinya Adalah Apa dalam Grup Facebook hingga WA?


Sider artinya adalah silent reader, ini adalah singkatan yang diambil dalam bahasa Inggris. Di mana silent reader sendiri memiliki arti sebagai pembaca yang diam.

 

Lah, membaca kan biasanya diam gak sambil lari-lari? Ya, itu betul. Tetapi maksudnya bukan seperti itu.

 

Maksudnya bagaimana?

 

Maksud Silent Reader

Silent reader mengacu pada anggota grup atau pembaca yang pasif atau tidak aktif dan cenderung hanya sebagai “penonton tanpa sorak-sorai”.

 

Jadi di forum sendiri ada beberapa karakter anggota, misal yang sangat aktif hingga yang hanya sekedar membaca saja.

 

Ada banyak alasan kenapa seseorang menjadi sider atau silent reader. Misal karena tengah sibuk hingga kurang suka dengan pembahasan yang tengah disuguhkan.

 

Tetapi ada juga yang menjadi sider karena trauma di masa lalu.  Lah? Kok bisa?

 

Penyebab Seseorang Jadi Sider

Selain dari sibuk atau kurang suka dengan pembahasan yang tengah disuguhkan, ada juga penyebab seseorang yang jadi sider yakni karena trauma di masa lalunya.

 

Misalnya ada orang yang dulunya aktif di forum atau grup, tetapi keaktivannya tersebut tidak ditanggapi dengan baik.

 

Diolok-olok hingga tidak ditanggapi bisa membuat seseorang yang dulunya aktif di forum menjadi sangat pasif atau menjadi sider.

 

Sebenarnya menjadi sider itu tidak masalah juga. Tetapi ada kondisi di mana menjadi sider adalah suatu tindakan yang tidak atau kurang tepat.

 

Misal ketika kita tengah ada di forum atau grup tugas kelompok. Ketika kalian masuk pada grup tersebut, maka menjadi sider akan tidak disukai.

 

Contohnya ketika ketua kelompok menanyakan apakah kita bisa mengerjakan bagian tertentu, lalu kita malah diam saja, jelas ini bisa membuat grup jadi kurang hidup dan kurang kondusif dari segi keanggotaan.

 

Biasanya sider ini akan menjadi beban dalam suatu kelompok, oleh karenanya menjadi sider akan tidak disukai dalam kondisi ini.

 

Jadi sebaiknya kita aktif dan mau bekerja sama ketika ada di forum tugas kelompok.

 

Jadi Sider Akan Sangat Berharga Ketika…

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tak mengapa jika menjadi sider dan justrul akan sangat bagus jika kondisinya memungkinkan.

 

Misal ketika ada yang berbedat tentang agama atau politik, sebaiknya kita menjadi sider saja. Sebab debat ini sebaiknya dihindari.

 

Debat sendiri punya tujuan yang mulia yakni memunculkan atau melahirkan ilmu baru. Oleh karenanya jika perdebatannya kurang bermakna, sebaiknya hindari.

 

Tak jarang, perdebatan malah membuat pertikaian, dan alasan ini yang membuat para sider akan sangat berharga karena tidak ikut memperkeruh suasana.

 

Dalam Islam, berdebat pun sebaiknya dihindari kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....