Kapasitas Oli Freego Berapa Liter untuk Oli Mesinnya?

Kapasitas oli Freego berapa liter sih? Penting banget mengetahui takaran oli mesin Freego agar kita tidak salah mengisikan oli mesinnya.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran oli mesin Freego.

 

Freego adalah motor metik dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor yang satu ini berbentuk compact dan direkomendasikan untuk digunakan di jalanan perkotaan.

 

Yamaha Freego sendiri dibekali mesin di kelas 125 cc, ini juga yang menjadi alasan di balik nama lengkap dari Freego yakni FreeGo 125.

 

Bicara soal motor nih, jangan hanya tahu soal isi bensin saja. Perlu juga kita melakukan perawatan rutin seperti melakukan pergantian oli mesin.

 

Pasalnya, oli mesin ini menjadi salah satu jadwal perawatan yang terbilang sangat sering dilakukan bila dibandingkan dengan perawatan lain.

 

Tentu saja, melakukan perawatan ini bertujuan agar nantinya kinerja mesin tetap optimal dan meminimalisir terjadinya kerusakan parah yang bisa membuat kita merogoh kocek lebih dalam.

 

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

 

Volume Oli Freego Berapa Liter untuk Oli Mesinnya?

Kapasitas Oli Freego Berapa Liter untuk Oli Mesinnya?


Kapasitas oli Freego adalah sebanyak 0.8 liter untuk oli mesinnya. Takaran oli mesin ini untuk pergantian oli secara periodik, sedangkan secara total, kapasitas oli mesin dari Freego adalah sebanyak 0.84 liter.

 

Apa bedanya takaran oli untuk pergantian periodik dan total? Singkatnya, kapasitas oli secara periodik atau berkala adalah takaran oli yang HARUS DIISI KETIKA KITA MENGGANTI OLI SECARA RUTIN.

 

Sedangkan kapasitas oli secara TOTAL adalah kapasitas oli secara total yang harus diisi pada mesin motor KETIKA KITA BONGKAR MESIN SEHINGGA OLI PADA MESIN BENAR-BENAR HABIS.

 

FYI, saat ganti oli secara rutin, sebenarnya masih ada beberapa ml oli yang terissa di dalam mesin.

 

Ini berbeda ketika kita membongkar mesin, di mana biasanya oli mesin akan benar-benar terkuras saat mesin sudah dibongkar.

 

Ini juga yang jadi alasan kenapa saat membongkar mesin, takaran oli harus ditambah.

 

Kapan Waktunya Ganti Oli Yamaha Freego?

Di awal penggunaan (terhitung baru dari dealer), Freego harus dicek kualitas dan kuantitas olinya di angka 1000 Km.

 

Kemudian pergantian oli selanjutnya adalah di angka 4000 Km dan pada akhirnya berlaku kelipatannya di angka 4000 Km.

 

Artinya dalam keadaan normal setelah usia pakai motor baru, Freego ini bisa digeber dengan oli yang dinyatakan masih baik setidaknya hingga jarak tempuh 4000 Km.

 

Namun saran kami, kurangi acuan jarak tempuh, misal di angka 3500 Km. Kenapa? Sebab di beberapa kondisi seperti saat macet atau memanaskan motor, biasanya mesin masih bekerja, namun jarak tempuh tidak tercatat di speedometer atau odometer.

 

Efek Tidak Pernah Mengganti Oli Mesin

Ada yang berkata “Untuk apa ganti oli mesin? Toh cuman muter-muter di mesin dan motor masih bisa jalan√≠”.

 

Pernyataan di atas cukup masuk akal jika akalnya tidak bekerja.

 

Perlu diketahui jika dalam mesin ada proses pembakaran hingga banyak terjadinya gesekan terutama pada piston dan dinding piston.

 

Jika sistem pelumas tidak bekerja dengan baik misal karena takarannya yang sudah habis hingga kekentalan yang terlalu encer, maka dampak buruk paling ringannya adalah tarikan motor jadi lebih berat.

 

Dalam jangka waktu lama, tidak pernah mengganti oli bisa membuat mesin “jebol” hingga tidak bisa lagi menyala.

 

Kalau sudah begini bagaiamana? Sekali lagi, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Pasalnya, biaya turun mesin dan pergantian part tidak murah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....