5 Ciri-ciri Filter Oli Motor Harus Diganti Segera!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri filter oli motor harus diganti dengan sesegera mungkin.

 

Entah itu motor metik hingga motor berkopling manual, yang jelas motor itu harus dirawat dan bukan sekedar digunakan.

 

Salah satu perawatan yang mungkin sering dilakukan adalah mengganti oli mesin.

 

Wajar saja sering, sebab oli mesin ini merupakan salah satu elemen yang dapat dikatakan masa pergantiannya cepat yakni mulai dari 1.500 Km hingga 6.000 Km sekali harus diganti.

 

Selain dari pada oli, masih ada banyak komponen lain yang harus diganti. Salah satunya adalah filter oli mesin.

 

Meski memang pada beberapa motor seperti Honda Sonic 150 hingga Supra Fit tidak perlu mengganti filter oli karena model filternya berbeda dengan model filter oli yang harus diganti.

 

Tetapi jika kita adalah pengguna Yamaha Byson, GSX R150 hingga Satria F150 yang model filter olinya harus diganti secara periodik, ya tentu kita harus sadar untuk mengganti filter oli ini agar performa mesin tetap terjaga.

 

5 Ciri-ciri Filter Oli Motor Harus Diganti Segera!

Lalu bagaimana sih tanda dari filter oli yang harus diganti?  Berikut ciri-ciri filter oli motor harus diganti dengan segera:

1. Jarak Tempuh

Yang pertama adalah jarak tempuh, di mana ini biasanya dijadikan patokan dalam mengganti filter oli mesin pada motor.

 

Berapa jarak tempuh yang ideal untuk mengganti filter oli mesin motor? Jawabannya tergantung pada motor yang kita gunakan, sebab patokannya berbeda-beda.

 

Sebagai acuan, Satria F150 menganjurkan untuk mengganti filter oli mesin setiap 7.500 Km atau setiap 3 kali mengganti oli mesin.

 

Sedangkan Yamaha Byson karbu menganjurkan untuk mengganti filter oli mesin setiap 10.000 Km jarak tempuh pemakaian.

 

Ada lagi referensi dari bengkel motor jika kepepet, kita masih ditoleransi untuk mengganti filter oli mesin setiap jarak tempuh 15.000 Km.

 

Jadi jika kita mau, kita bisa mengganti filter oli di range jarak tempuh 7.500 – 15.000 Km. Tetapi akan lebih baik jika mengikuti acuan dari tiap tipe motor.

 

2. Banyak Kotoran Pada Oli, Padahal Baru Ganti Oli

Selain dari berpatokan dari jarak tempuh, salah satu ciri dari filter oli yang minta diganti adalah karena oli motor yang sering kotor pada mesin.

 

Ini akibat dari filter oli yang sudah sangat kotor sehingga harus dibersihkan atau diganti jika sudah tidak memungkinkan lagi untuk dipakai.

 

Jika oli mesin kita sudah banyak sekali serpihan logam padahal sudah dikuras olinya dan juga diganti olinya, maka kita patut mengecek filter oli.

 

Sebab filter oli ini bertugas untuk menyaring kotoran pada oli mesin.sehingga oli mesin lebih bersih, terutama saat hendak masuk ke ruang bakar.

 

3. Fisik Filter Oli Sudah Rusak

Jika kebetulan kita lagi bongkar mesin, misal tengah ganti kampas kopling, kemudian kita lepas filter oli dan ternyata filter oli sudah rusak entah itu ada yang sobek atau remuk padahal usia pakai masih rendah.

 

Jika kondisinya seperti itu, maka mau tidak mau kita harus tetap ganti filter oli meski masa pakai belum menyentuh minimal 7.500 Km.

 

Sebagai tips, usahakan beli filter oli yang berkualitas agar tidak mudah rusak saat digunakan.

 

4. Mesin Mudah Panas

Sistem pendingin normal, lalu oli juga bagus, kenapa mesin motor masih saja mudah panas? Jika ini terjadi dan kita lupa tidak ganti oli, maka ini bisa jadi ciri dari filter oli yang harus diganti.

 

Biasanya, ini terjadi karena kotoran banyak menumpuk pada filter oli mesin, sehingga suplai oli cenderung lebih sedikit.

 

Efeknya, mesin seolah kekurangan oli dan mesin mudah panas.

 

5. Nafas Jadi Lebih Pendek dan Mudah Bergetar

Masih berhubungan dengan poin nomor 4, di mana saat filter oli mampet karena banyak kotoran, maka sirkulasi oli di dalam mesin bisa sedikit terganggu.

 

Efeknya adalah selain mesin mudah panas, maka bisa menyebabkan ciri khas yakni nafas motor jadi lebih pendek dan mudah bergetar.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x