Ukuran Gear KLX 150 Supermoto, Lebih Ngeplong Pakai Ukuran Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear KLX 150 Supermoto yang mana akan lebih plong jika pakai ukuran tertentu.

 

KLX 150 merupakan motor dengan jenis dual purpose, ini adalah motor dari Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang penjualannya terbilang sukses di Indonesia.

 

Bisa dikendaraai di dua medan yakni medan tanah dan aspal, KLX 150 sukses mencuri perhatian bikers di Indonesia bahkan menjadi brand image untuk motor trail.

 

Ya jika motor sport fairing sering disebut sebagai Ninja, sekarang motor trail pun sering disebut sebagai KLX.

 

Bicara soal gear atau final gear, komponen yang satu ini tugasnya adalah untuk meneruskan putaran dari mesin menuju velg atau roda yang tentu saja dibantu oleh rantai.

 

Adapun karena KLX 150 ini lebih identik dengan motor untuk garuk-garuk tanah, maka mungkin ada dari sebagian bikers yang merasa ukuran gear-nya kurang oke untuk dipakai harian atau pun untuk Supermoto.

 

Arti Motor Supermoto

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ukuran gear KLX 150 untuk supermoto, sebaiknya kita ketahui dulu apa itu supermoto.

 

Dikutip dari Wikipedia.org, supermoto adalah:

Supermoto adalah bentuk balap sepeda motor yang diadakan di trek balap yang berganti-ganti antara tiga jenis permukaan trek: tanah yang padat di trek datar, lompatan dan rintangan motocross yang tidak teratur, dan aspal balap jalanan beraspal.

 

Untuk Kawasaki Motor Indonesia sendiri, mereka menjual KLX 150 versi Supermoto yakni D-Tracker 150.

 

Ukuran Gear KLX 150 Supermoto

Ukuran Gear KLX 150 Supermoto, Lebih Ngeplong Pakai Ukuran Ini


Ambil asumsi jika KLX 150 yang kita punya sudah dimodif ala-ala D-Tracker dengan ban yang lebih berisi dan dikhususkan untuk penggunaan harian di jalanan beraspal.

 

Atas asumsi di atas, maka kita cari tahu dulu ukuran dari ukuran gear standar milik KLX 150 yakni:

  • KLX 150s lawas: 14/44
  • KLX 150L lawas: 14/46
  • New KLX 150L: 14/52
  • KLX 150 BF: 14/52

 

Keterangan: angka sebelum garis miring adalah ukuran gear depan, sedangkan angka setelah garis miring adalah ukuran gear belakang

 

Di sini, anggaplah kita menggunakan KLX 150 BF yang punya ukuran gear depan sebesar 14 dan ukuran gear belakang sebesar 52.

 

Gear dari KLX 150 BF tersebut menghasilkan rasio final gear sebesar 3.714 hasil dari membagi ukuran gear belakang dan gear depan.

 

Di sini karena maksud motor Supermoto yang kita gunakan adalah untuk penggunaan harian di jalan aspel, maka kita turunkan rasio final gearnya dengan cara:

  • Menurunkan ukuran gear belakang
  • Atau menaikan ukuran gear depan

 

Sederhananya, kita bisa pakai ukuran 14/46 atau bisa juga menggunakan ukuran 16/52 tergantung dari kebutuhan kita.

 

D-Tracker 150 sendiri menggunakan ukuran 14/45 untuk ukuran gear depan dan belakangnya, jadi kita bisa pakai acuan ukuran gear tersebut.

 

Bila kita bandingkan rasio final gear dari tiga opsi ukuran gear yang kita sebutkan di atas, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  • 46/14= 3.285
  • 52/16= 3.25
  • 45/14= 3.214

 

Ingat jika kita menurunkan rasio final gear, maka putaran bawah akan semakin loyo namun putaran atasnya akan lebih panjang, ini berlaku sebaliknya.

 

Adapun saat mengganti ukurna gear, maka diusahakan jangan terlalu banyak sehingga membuat angka final gear ratio menjadi berubah drastis.

 

Pasalnya itu akan membuat tarikan motor malah benar-benar tidak enak seperti terlalu loyo di putaran bawah atau nafas terlalu pendek dan mudah bergetar.

 

Kesimpulan

Ukuran gear KLX 150 Supermoto bisa menggunakan ukuran 14/46, 16/52, atau pun 14/45 milik dari D-Tracker 150 yang memang sudah mengusung konsep Supermoto.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....