-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Gear Standar Kawasaki KLX 150


 
Ukuran Gear Standar Kawasaki KLX 150
KLX 150BF

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear standar dari Kawasaki KLX 150.


KLX 150 dari Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merupakan motor trail yang dapat digunakan di jalan raya dan juga di jalan tanah.

Namun jika dilihat dari ban yang digunakan oleh Kawasaki KLX 150, maka sebenarnya Kawasaki KLX 150 ini lebih cocok digunakan di area jalanan tanah yang tidak begitu berlumpur.

Kawasaki KLX 150 sendiri memiliki dimensi mesin sebesar 144 cc dan untuk urusan pengabutan bahan bakar, sejauh ini Kawasaki KLX 150 masih menggunakan karburator.

KLX 150 sendiri memiliki beberapa varian yakni Kawasaki KLX 150, Kawasaki KLX 150L, dan Kawasaki KLX 150BF.

Untuk urusan ukuran gear standar, rupanya ada sedikit perbedaan antara ketiga motor tersebut. Bagaimana perbedaannya?

Simak tabel yang kami buat di bawah ini:

Tipe
Ukuran Gear
KLX 150
Depan 14 – Belakang 46
KLX 150L
Depan 14 – Belakang 52
KLX 150BF
Depan 14 – Belakang 52

Nah dari data tabel di atas, terlihat bahwa KLX 150L memiliki ukuran gear standar yang sama dengan KLX 150BF.

Ukuran gear yang sedang kita bahas adalah ukuran final gear yakni gear yang menghubungkan putaran dari mesin ke roda belakang.

Ukuran gear sendiri ukur berdasarkan jumlah mata atau gigi yang terdapat pada satu lingkaran gear.

Jadi jika suatu gear berukuran 14, maka dalam satu lingkar gear terdapat 14 mata atau 14 mata, begitu juga seterusnya.

Nah untuk KLX 150, ukuran gear standarnya adalah 14 untuk bagian depan dan 46 untuk bagian belakang. Sedangkan untuk KLX 150L dan KLX 150BF, ukuran gear standarnya adalah 14 untuk bagian depan dan 52 untuk bagian belakang.

KLX 150 memiliki rasio final gear sebesar 3.286, hasil pembagian ukuran gear belakang (46) dan ukuran gear depan (14).

Sedangkan KLX 150L dan KLX 150BF memiliki rasio final gear sebesar 3.714, hasil pembagian ukuran gear belakang (52) dan ukuran gear depan (14).

Acuan dalam mengganti gear adalah semakin tinggi angka rasionya, maka semakin besar akselerasi motor namun nafasnya menjadi pendek. Sebaliknya jika angka rasionya rendah, maka akselerasi berkurang namun nafas semakin panjang.

Misal kita ingin Kawasaki KLX 150 menjadi lebih galak di tanjakan, artinya kita butuh akselerasi yang lebih besar. Maka kita ubah rasio gearnya dengan mengganti gear depan atau belakang.

Rekomendasi yang kami berikan adalah ganti gear belakangnya dengan ukuran yang lebih besar misal ukuran 47. Maka bila ukuran gear depan adalah 14 sedangkan gear belakangnya adalah 47, maka rasio gear akhirnya adalah sebesar 3.357.

Angka 3.357 ini lebih besar dari 3.286 maka motor akan memiliki akselerasi yang lebih baik namun nafasnya atau top speed-nya jadi berkurang.

Nah jika kita ingin mengejar top speed, maka turunkan saja angka rasio gearnya. Kita ambil contoh dengan mengganti gear belakang dengan ukuran 42, maka rasio yang didapat dari gear depan dengan ukuran 14 dan ukuran gear belakang dengan ukuran 42 adalah 3. Angka ini akan membuat top speed menjadi lebih baik, namun akselerasi jadi lebih berkurang jika dibandingkan dengan angka rasio gear 3.286.

Ingat untuk tidak melakukan ukuran gear secara kontras, misal ukuran gear standarnya adalah ukuran 46, maka jangan langsung ganti ke ukuran 50, karena ada kemungkinan efeknya akan membuat motor jadi kurang enak digunakan.

Kecuali jika memang kita sudah dengan matang menghitung kondisi motor dan keadaan jalan. Oh iya, jangan lupa pula untuk mengubah panjang rantai bila sudah mengganti ukuran gear.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript