Sebutan Untuk Pembalap Motor Cross Adalah Ini Sob!!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai sebutan untuk pembalap motor cross.

 

Motor cross merupakan salah satu ajang garuk-garuk tanah yang cukup populer di Indonesia.

 

Ajang perlombaan yang satu ini memiliki nama yang lebih baku yakni Motocross. Ini mirip seperti penamaan ajang MotoGP yang kadang disebut juga sebagai Motor GP di Indonesia.

 

Ya maklum, di Indonesia, lebih familiar nama motor ketimbang moto.

 

Bicara soal motor cross, kira-kira apa ya sebutan bagi pembalapnya? Apakah biker? Atau rider layaknya ajang balap MotoGP?

 

Arti Cross

Pertama, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai arti cross. Ini adalah salah satu kata dalam bahasa Inggris yang artinya adalah menyebrang atau pun menerobos.

 

Kegiatan cross ini contohnya adalah menyebrangi jalanan di atas zebra cross.

 

Arti Motocross

Sebutan Untuk Pembalap Motor Cross Adalah Ini Sob!!!
Kawasaki KX450


Dilansir dari id.wikipedia.org, arti motocross adalah sebagai berikut:

Motocross adalah bentuk perlombaan atau kejuaraan balap motor yang digelar di sirkuit tanah. Olahraga ini berevolusi dari kompetisi uji coba sepeda motor di Inggris. Nama motocross diambil dari penggabungan kata yang berasal dari Prancis untuk motorcycle, motocyclette, atau singkatnya moto, dan cross country, atau lintas alam.

 

Sebutan Untuk Pembalap Motor Cross

Sebutan untuk pembalap motor cross adalah crosser. Crosser ini bisa dari yang berjenis laki-laki dan perempuan. Baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

 

Jadi untuk motor cross, pembalapnya lebih identik dengan sebutan crosser ketimbang rider atau pun biker.

 

Ini mungkin lebih mengacu pada aktivitasnya ketimbang jenis kendaraan yang digunakan.

 

Perbedaan Motocross dan Trabas

Kalian mungkin juga kenal dengan trabas atau trabasan bukan? Meski sama-sama menggunakan motor trail atau motor off road, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

 

Motocross identik dengan perlombaan balapan di lintasan tanah yang sudah diberi rintangan seperti gundukan tanah hingga jalanan yang berlumpur.

 

Sedangkan trabasan atau trabas adalah kegiatan motoran di luar ajang balapan, biasanya trabasan ini cenderung membuka jalan baru.

 

Misal motoran dengan motor off road di pegunungan, lembah, dan lain sebagainya. Selain untuk membuka jalan baru, trabasan juga kerap dilakukan guna kegiatan kemanusiaan seperti mengantarkan bahan logistik ke tempat yang terisolir karena adanya bencana.

 

Karena menggunakan motor off road, maka relatif akan lebih mudah menjangkau jalanan yang tidak layak ketimbang jalanan on road pada umumnya.

 

Perbedaan Motocross dan Supermoto

Salah satu ajang balap yang menggunakan motor trail selain dari motocross adalah supermoto.

 

Supermoto sendiri memang mirip dengan ajang motocross. Namun bedanya adalah supermoto menggabungkan konsep track bertanah hingga beraspal.

 

Intinya adalah lintasan motocross ini full dari tanah, sedangkan lintasan dari supermoto dipadukan dengan jalanan beraspal.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....