Ongkir Retur Tokopedia Ditanggung Siapa? Simak Sini Sob !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ongkir retur Tokopedia ditanggung siapa? Siapa hayo?

 

Retur adalah kondisi di mana barang yang dipesan tidak sesuai harapan, entah apa pun alasannya, yang jelas pembeli kecewa dengan barang yang dikirimkan atau dibeli.

 

Retur sendiri menjadi salah satu opsi yang banyak disediakan oleh marketplace online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, hingga Lazada.

 

Tentunya opsi ini bukan tanpa alasan, sebab melindungi konsumen merupakan salah satu tujuan dari opso retur ini.

 

Lalu, ongkir retur Tokopedia ditanggung oleh siapa?

 

Ongkir Retur Tokopedia Ditanggung Siapa?

Ongkir Retur Tokopedia Ditanggung Siapa? Simak Sini Sob !!!

Ongkir retur Tokopedia bisa ditanggung oleh beberapa pihak seperti penjual, pembeli, jasa ekspedisi, hingga pihak asuransi pengiriman.

 

Loh, kok ada banyak? Dari pengalaman kami, beda masalah komplain retur juga berbeda penanganannya.

 

Jadi pihak yang menanggung ongkos kirim dari komplain retur di Tokopedia pun berbeda-beda.

 

Kami akan perjelas lagi pada sub judul di bawah ini.

 

Ongkir ReturTokopedia Ditanggung Penjual Jika,

Ongkir retur ditanggung penjual jika penjual mau bertanggung jawab atas ongkir pembeli yang telah dikeluarkan.

 

Opsi ini muncul ketika transaksi tidak dijaminkan pada asuransi dan kelalaian ada pada pihak penjual, misalnya saja adalah karena barang tertukar atau kurang jumlahnya.

 

Meski memang opsi ini kami pandang masih jarang digunakan, sebab yang biasanya dibebankan ongkir retur adalah pembeli.

 

Adapun jika penjual menghendaki ganti rugi pada ongkos kirim saat retur, maka kita bisa gunakan jasa ekspedisi yang bisa melakukan pengiriman dengan sistem bayar di tempat (COD).

 

Yakni biarkan kita mengirim barang dan yang membayar ongkos kirimnya adalah pihak penjual / yang menerima barang retur.

 

Ongkir Retur Tokopedia Ditanggung Pembeli Jika,

Ini adalah kasus yang biasanya banyak dan mayoritas dilakukan. Jika kita tidak menggunakan asuransi pengiriman, maka yang biasanya menanggung ongkir retur adalah pihak pembeli.

 

Dari beberapa kasus kami retur barang baik di Tokopedia atau pun Bukalapak, hampir sebagian besar yang menanggung ongkos kirim adalah kami sebagai pihak pembeli.

 

Ini juga lah yang membuat kami kadang malas membeli barang di marketplace online, terutama pada barang-barang yang memang rawan tidak sesuai dengan harapan.

 

Ongkir Retur Tokopedia Ditanggung Jasa Ekspedisi Jika,

Ini adalah kasus yang jarang terjadi, mungkin perbandingannya adalah 1 dari 1000 kasus. Tetapi ini tetap bisa terjadi.

 

Baca JugaKeluhan J&T: Salah Tempel Stiker Resi, 3 Pihak Langsung Rugi !!!

 

Kami pernah melakukan retur dengan alasan pihak jasa ekspedisi lalai dalam menempeli label alamat penerima. Wal hasil, barang yang datang ke kami tidak sesuai.

 

Pada kasus ini, pihak jasa ekspedisi menawarkan pengembalian barang dengan metode COD, namun kami menolaknya karena pihak yang salah bukan penjual tapi jasa ekspedisi.

 

Kami sebenarnya memilih untuk membayar atau menanggung ongkir retur, sebab jasa ekspedisi yang ada di daerah kami menolak ganti rugi.

 

Oleh karenanya kami tidak ambil pusing dan pada akhirnya pihak jasa ekspedisi yang dari daerah penjual lah yang menanggung ongkir retur dan ongkir pengiriman pertama (dengan catatan penjual proaktif).

 

Di kasus ini, kita bisa pilih pengiriman COD dan minta pihak penjual untuk meminta ganti rugi pada pihak jasa ekspedisi yang sebelumnya mengirimkan barang.

 

Jadi kasus ini cukup ruwet sehingga kami pun menyebut jika rasio keberhasilan dari cara ini adalah 1 banding 1000.

 

Ongkir Retur Tokopedia Ditanggung Pihak Asuransi Pengiriman Jika,

Jika kita membeli via official store atau kita mengklik asuransi pengiriman saat membeli barang, maka kita bisa mengklaim asuransi pengiriman ini untuk retur.

 

Jika kita beli di official store, maka asuransi pengiriman dibayarkan oleh pihak penjual sehingga asuransi pengiriman tidak bisa dihapuskan.

 

Sedangkan jika beli di non official store, maka yang membayar asuransi pengiriman adalah kita sebagai pembeli, sehingga kita bebas untuk memilih menggunakan asuransi atau tidak.

 

Adapun asuransi pengiriman ini bisa digunakan jika ada suatu hal disaat pengiriman barang (misal rusak atau hilang).

 

Selain itu, asuransi ini juga bisa digunakan untuk menanggung ongkir retur ketika kita komplain barang.

 

Cara kerjanya adalah saat kita hendak mengkonfirmasi pengiriman barang kembali ke penjual, maka pihak Resolusi Center Tokopedia akan langsung menyarankan menggunakan pihak jasa ekspedisi yang telah dipilih.

 

Pada kasus ini, jasa ekspedisinya bisa berbeda-beda, dan enaknya adalah barang dijemput oleh kurir dan kita tidak perlu mencetak label lagi.

 

Tidak enaknya adalah bisa saja pihak jasa ekspedisi yang dipilih tersebut lama merespon.

 

Adapun jika kita tidak ingin menggunakan jasa ekspedisi yang dipiliih oleh pihak asuransi dan Tokpedia, maka kita bisa gunakan jasa ekspedisi secara mandiri.

 

Nantinya kita bisa klaim ongkir untuk retur ini di Resolusi Center, hanya saja waktu klaimnya cukup lama serta jika biaya ongkir lebih besar dari biaya ongkir awal, maka kita bisa rugi.

 

Misal saja adalah ketika kita beli barang, ongkirnya adalah 11 ribu, kemudian saat hendak retur secara mandiri, ongkirnya adalah 14 ribu.

 

Dalam kasus ini, pihak asuransi hanya bisa membayar sebesar 11 ribu, dan waktu pencairan dana pun terbilang lama.

 

Kami sendiri telah menyelesaikan retur pada 26 Februari 2022 dan estimasi pencairan klaim ongkir retur di Resolusi Center Tokopedia adalah sekitar 4 Maret 2022.

 

Cara Klaim Ongkir Retur Asuransi Pengiriman

Jika kita menggunakan jasa ekspedisi yang bukan rekomendasi dari Tokopedia atau pihak asuransi, maka kita bisa mengklaim ongkir retur di Tokopedia sebagai berikut:

  1. Masuk ke halaman komplain barang di Tokopedia
  2. Klik tombol Upload Berkas Klaim
  3. Ikuti arahan mengenai pengisian data
  4. Klik Mengerti
  5. Upload Foto KTP yang jelas dari HP, lalu Klik Lanjutkan
  6. Jika foto KTP dirasa sudah pas dan jelas, maka Klik Gunakan Foto Ini
  7. Terakhir Klik Ya, Ajukan

 

Nantinya akan ada proses verifikasi berkas yang dilakukan selama beberapa hari.

 

Ketentuan Retur di Tokopedia

Dilansir dari Tokopedia.com, ketentuan retur dijabarkan sebagai berikut:

  • Ongkos kirim pengembalian barang yang dapat diberikan ialah maksimal sebesar nilai biaya ongkos kirim pada saat pemesanan barang awal atau sejumlah nominal ongkos kirim pada invoice pembelian barang (tidak termasuk dengan biaya asuransi).
  • Jika transaksi tidak menggunakan Asuransi Tokopedia maka pergantian ongkos kirim retur akan ditanggung oleh salah satu pihak berdasarkan kesepakatan pembeli dan penjual atau berdasarkan keputusan Admin.
  • Apabila kamu melakukan transaksi di Official Store maka kamu mendapatkan asuransi yang telah dibayarkan oleh Seller. Oleh karena itu, kamu dapat klaim ongkos kirim retur.
  • Apabila terdapat selisih ongkir, kamu sebagai Pembeli dapat menerima atau menolak pengajuan pengembalian selisih ongkir dari Penjual.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....