7 Kelebihan dan Kekurangan Gear Belakang Besar, Simak Penjelasannya Di Sini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan gear belakang besar.

 

Well, isu mengenai gear sepeda motor masih jadi salah satu topik yang menarik. Ini karena ukuran gear bisa berpengaruh besar pada karakter sepeda motor.

 

Misalnya, motor yang kita pakai kurang jenggat, maka kita bisa modiifkasi ukuran gear belakang agar bisa membuat motor jadi lebih jenggat.

 

Baca JugaKembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan gear belakang besar.

 

Atau jika motor kita nafasnya kurang panjang, maka kita juga bisa mainkan ukuran gear agar motor kita lebih bernafas panjang dan semakin besar meraih top speed.

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, biasanya mengubah ukuran gear belakang ini memang bertujuan untuk menyesuaikan karakter motor dengan kondisi jalan yang sering dilalui.

 

Atau kadang juga mengubah ukuran gear ini digunakan untuk keperluan balap baik itu di medan off road atau pun on road seperti drag race hingga road race.

 

Kelebihan Gear Belakang Besar

7 Kelebihan dan Kekurangan Gear Belakang Besar, Simak Penjelasannya Di Sini !!!

Mari bahas terlebih dahulu mengenai kelebihan gear belakang yang diubah ke ukuran yang lebih besar. Dalam artian, yang dibuat besar adalah jumlah mata gear-nya dan bukan ketebalan gear-nya.

 

So, berikut ini adalah kelebihan gear belakang besar:

1. Membuat Motor Lebih Jenggat

Kelebihan yang pertama adalah membuat motor jadi lebih jenggat atau dalam kata lain, membuat putaran bawah ke menengah jadi lebih berisi.

 

Jadi biasanya mengubah ukuran gear belakang ke ukuran yang lebih besar memang punya tujuan utama yakni seperti yang disebutkan di atas.

 

Biasanya langkah meningkatkan jumlah mata gear belakang dilakukan pada motor-motor berjenis overbore atau pun square yang putaran bawahnya kurang berisi.

 

Tetapi kadang motor overstroke yang diperuntukan untuk trail atau trabas juga mengusung ukuran gear belakang yang diubah jadi lebih besar.

 

2. Cocok Untuk Jalanan Yang Menanjak

Bagi kalian yang jalanannya banyak tanjakan dan merasa performa motor kurang nendang saat nanjak, maka coba besarkan ukuran gear belakang.

 

Kita bisa naikan ukuran gear belakang di angka 2 hingga 4 mata, ingat untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengubah ukuran gear belakang, sebab terlalu besar juga tidak bagus karena dapat membuat motor tidak bernafas panjang.

 

3. Enak Dipakai Untuk Stop and Go

Kelebihan yang ketiga adalah membuat motor jadi lebih enak untuk keperluan stop and go atau bermacet-macetan.

 

Kekurangan Gear Belakang Besar

Kekurangan gear belakang besar adalah sebagai berikut:

1. Nafas Motor Jadi Berkurang

Kekurangan pertama dari gear belakang besar adalah membuat nafas motor jadi lebih pendek. Jadi jika sudah membesarkan ukuran gear belakang, maka motor akan jadi lebih mudah bergetar.

 

2. Top Speed Berkurang

Karena nafas yang berkurang, maka potensi top speed pun akan berkurang juga. Ini sebabnya ukuran gear belakang yang besar kurang cocok untuk keperluan balapan, terlebih balapan yang mengandalkan top speed.

 

3. Perlu Rantai Yang Lebih Panjang

Karena sudah ganti gear ke ukuran yang lebih besar, maka kita juga berkemungkinan harus ganti rantai ke rantai yang lebih panjang.

 

Ini dimaksudkan agar rantai tidak mentok, sebab biasanya jika kita ganti gear ke ukuran yang lebih besar, maka kita harus ganti juga rantai.

 

4. Relatif Lebih Mahal Ketimbang Biaya Menurunkan Gear Depan

Sebenarnya untuk mengejar jenggat pada motor, maka kita juga bisa menurunkan atau mengecilkan ukuran gear depan.

 

Dan tentu menggunakan gear yang lebih kecil punya potensi harga yang lebih murah ketimbang gear yang jumlah matanya lebih banyak.

 

Well sebagai tips tambahan, kami sarankan untuk mengganti gear dan rantai secara satu set meski kita hanya berniat untuk ganti ukuran gear belakang saja.

 

Pasalnya, gear dan rantai yang salah satunya sudah pernah dipakai terlebih ada yang rusak bisa membuat getaran berlebih pada motor serta memperpendek usia gear dan rantai tersebut.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum. 

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....