6 Efek Gear Depan Kecil dan Efek Gear Depan Besar, Jangan Ketukar Sob !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai efek gear depan kecil dan efek gear depan besar.

 

Pembahasan ini adalah berkenaan dengan final gear ratio dari sepeda motor yang mengusung jenis penggerak roda belakang menggunakan rantai dan gear.

 

Gear dan rantai sendiri punya fungsi untuk meneruskan putaran dari mesin menuju roda atau velg belakang.

 

Dengan demikian, salah satu komponen yang berguna dalam melancarkan pergerakan roda belakang pada motor adalah gear dan rantai.

 

Gear dan rantai sendiri punya ukuran tersendiri di mana tiap motor biasanya punya ukuran yang berbeda-beda dengan motor lainnya (meski ada juga yang sama).

 

Well, dalam kesempatan ini, pembahasan disempitkan ke ukuran gear-nya saja dan tidak membahas mengenai rantainya.

 

3 Efek Gear Depan Kecil

6 Efek Gear Depan Kecil dan Efek Gear Depan Besar, Jangan Ketukar Sob !!!

Pertama, kita bahas terlebih dahulu efek-efek dari dear depan yang kecil. Artinya adalah ukuran gear belakang standar, namun ukuran gear depan sudah diperkecil ukuran atau jumlah mata gear-nya.

 

Adapun beberapa efek gear depan kecil adalah sebagai berikut:

1. Akselerasi Lebih Mengisi

Efek pertama dari gear depan yang dibuat jadi lebih kecil adalah membuat akslerasi di putaran bawah hingga menengah jadi lebih mengisi atau jadi lebih ringan atau jadi lebih enteng.

 

Tetapi, kabar buruknya adalah menurunkan jumlah mata gear depan bisa membuat top speed jadi lebih berkurang.

 

Selain itu, nafas motor pun akan jadi lebih pendek, terlebih jika ukuran gear depan diperkecil secara ekstrim.

 

Fyi, maksud mengecilkan gear di sini adalah menurunkan jumlah mata gear-nya, dan bukan menurunkan ketebalan gear-nya. Pasalnya pembahasan dan efeknya akan berbeda.

 

Ketika gear depan diperkecil ketebalannya tetapi yang belakang tetap standar, maka efeknya adalah rantai bisa lebih mudah goyang.

 

2. Rasio Final Gear Berubah

Tentu saja, mengubah ukuran gear artinya adalah kita mengubah rasio final gear (final gear ratio).

 

Sebagai contoh, jika awalnya ukuran gear depan motor kita adalah 14 mata dan yang belakang adalah 40 mata. Maka angka rasio final gearnya adalah gear belakang dibagi gear depan yakni 40:14= 2,85.

 

Kemudian jika kita kecilkan gear depan di angka 13, maka rasio final gearnya menjadi 40:13= 3,07.

 

Acuannya adalah semakin besar rasio final gear-nya, maka top speed berkurang tapi akselerasi jadi lebih enteng.

 

Sebaliknya jika rasio final gear-nya semakin kecil, maka top speed bertambah, tetapi akselerasinya di putaran bawah ke menengahnya kurang bertenaga.

 

3. Membuat Rantai Jadi Lebih Kendor

Karena gear depan sudah dikurangi mata gear-nya, maka rantai pun otomatis akan jadi lebih panjang. Ini membuat rantai akan susah distel jika masih memakai ukuran rantai standar.

 

Opsinya adalah potong rantai atau pun ganti rantai dengan rantai yang panjangnya sudah disesuaikan dengan ukuran gear depan dan belakang.

 

3 Efek Gear Depan Besar

Selanjutnya adalah efek gear depan besar, ini adalah kebalikan dari efek gear depan yang dibuat jadi lebih kecil.

 

Rinciannya, berikut kami jabarkan efek gear depan besar:

1. Top Speed Bertambah

Efek pertama dari gear depan besar adalah membuat top speed jadi bertambah yang ditandai dengan nafas di putaran atas lebih panjang.

 

Tetapi efek baik ini harus mengorbankan putaran bawah ke menengah yang loyo atau susah untuk diraih.

 

Jadi langkah ini kurang cocok untuk motor yang digunakan untuk jalanan yang banyak menanjak atau banyak stop and go-nya (macet).

 

Pasalnya jalan menanjak dan jalan yang macet lebih mengutamakan putaran bawah ke menengah.

 

2. Rasio Final Gear Jadi Lebih Kecil

Karena gear depan jadi lebih besar dan gear belakang masih standar ukurannya, maka efeknya adalah membuat rasio final gear jadi lebih kecil.

 

Misal jika rasio final gear standarnya adalah 14 untuk gear depan dan 40 untuk gear belakang, maka rasio final gear standarnya adalah sebesar 2,85.

 

Lalu jika kita perbesar gear depan ke angka 15 dan gear belakang tetap ukuran 40 mata, maka rasio final gear akan berubah menjadi 40:15= 2,66 atau dalam kata lain jadi lebih kecil.

 

3. Rantai Berpotensi Jadi Lebih Pendek

Efek terakhir adalah membuat rantai jadi lebih pendek. Sebenarnya panjang rantai tetap “Segitu”, hanya saja karena ada mata gear yang lebih besar ukurannya, maka rantai akan terlihat jadi lebih pendek.

 

Imbas terburuknya adalah dapat membuat rantai tidak muat atau tidak cukup untuk mengaitkan antara gear depan dan gear belakang pada motor.

 

Oleh karenanya jika hendak mengganti ukuran gear, maka sebaiknya sesuaikan juga panjang rantainya agar kita tidak repot di kemudian hari.

 

Tips Ganti Ukuran Gear Motor

Tips singkat dari kami adalah sebaiknya mengganti ukuran gear tidak secara ekstrim. Kemudian jangan mengganti gear secara satu per satu.

 

Maksud kami adalah jika kita hendak mengganti ukuran gear depan dan mengganti gear depan ke unit baru, maka ganti juga rantai dan gear belakang ke unit baru juga meski ukurannya tidak diganti.

 

Ini karena jika gear diganti secara satu per satu atau seling, maka bisa berakibat mata rantai atau mata gear tidak akur sehingga membuat getaran parah pada motor (gredek) saat digunakan.

 

Kesimpulan

Efek gear depan kecil adalah membuat akselerasi jadi lebih bagus tetapi top speed jadi lebih pendek. Sedangkan efek gear depan besar adalah membuat top speed jadi lebih baik tetapi akselerasi di putaran bawah jadi kurang oke.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....