2 Cara Menghilangkan Biaya Asuransi di Tokopedia

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan biaya asuransi di Tokopedia.

 

Tokopedia adalah salah satu marketplace online yang sangat berkembang pesat akhir-akhir ini.

 

Banyak pengguna yang beralih ke Tokopedia karena beberapa alasan, seperti mudahnya pembayaran (bisa pakai OVO dan Gopay), hingga karena banyak produk yang jauh lebih murah.

 

Hanya saja memang, karena sekarang Tokopedia nampak memprioritaskan pembayaran dari Gopay, maka cashback pun relatif lebih banyak menggunakan Gopay.

 

Jadi untuk kita yang menggunakan metode pembayaran via minimarket, OVO, atau pun transfer bank, maka kita akan mulai sedikit mendapatkan cashback.

 

Adapun di Tokopedia sendiri ada yang namanya asuransi, baik itu asuransi barang atau pun asuransi pengiriman.

 

Asuransi pengiriman berkenaan dengan proses pengiriman, lalu ada asuransi barang yang berkenaan dengan asuransi barang tersebut selama masa pemakaian (bisa dari 3 bulan hingga 1 tahun).

 

Ajibnya adalah asuransi barang ini bahkan bisa mengklaim beberapa kondisi seperti HP yang kemasukan air, jatuh, dan lain sebagainya (hanya tersedia di beberapa  penyedia asuransi).

 

Tentu saja asuransi ini harus kita bayar, mulai dari ratusan perak dari asuransi pengiriman hingga beberapa ribu untuk asuransi barang.

 

Namun jika kita tidak ingin menggunakan asuransi, maka kami berikan 2 cara untuk menghilangkan biaya asuransi.

 

Berikut cara menghilangkan biaya asuransi di Tokopedia:

1. Uncheck atau Tidak Usah Klik Pilihan Asuransi

Pada saat check out atau saat hendak membayar, kita tinggal unchek saja pilihan asuransi, baik itu asuransi pengiriman atau pun asuransi yang lainnya.

 

Tapi metode ini bisa saja tidak berhasil karena ada satu alasan yang mungkin tidak banyak diketahui.

 

2. Ganti Toko atau Penjual

Sehubungan dengan poin pertama, kita bisa saja benar-benar tidak dapat menghilangkan biaya asuransi di Tokopedia karena salah satu alasan.

 

Alasan tersebut adalah karena penjual mewajibkan asuransi atau penjual tersebut adalah official store yang memang diwajibkan untuk mengaktifkan asuransi baik itu hanya asuransi pengiriman atau pun dengan asuransi barang.

 

Kenapa demikian? Biasanya penjual yang mewajibkan asuransi hingga tidak bisa dihilangkan oleh pembeli adalah penjual yang barangnya rawan rusak atau hilang saat dikirim atau pun digunakan.

 

Sebagai contoh, produk seperti smartphone ketika hilang di jasa ekspedisi tentu akan sangat “nyesek” karena barangnya kecil namun harganya cenderung mahal.

 

Oleh karenanya untuk melindungi pembeli dan mengantisipasi hal tersebut, maka penjual pun mewajibkan minimal asuransi pengiriman.

 

Jadi jika kita beli di official store, maka mau tidak mau kita memang harus menggunakan asuransi minimal asuransi pengiriman.

 

Hal ini sejalan dengan pernyataan dari laman resmi Tokopedia.com yang menyatakan sebagai berikut:

Jika kamu tidak ingin menggunakan asuransi, maka kamu dapat menonaktifkan dengan cara unchecklist pada saat checkout. Namun, jika produk yang kamu beli wajib asuransi maka tidak dapat dinonaktifkan, hal ini demi keamanan barang yang kamu beli.

 

Baca JugaOngkir Retur Tokopedia Ditanggung Siapa? Simak Sini Sob !!!

 

FYI, jika kita menggunakan asuransi dari Tokopedia, maka kita tidak perlu membayar lagi biaya asuransi ke pihak jasa ekspedisi.

 

Sebab yang mengelola asuransinya adalah PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya.

 

Jadi jangan kaget jika kita sudah menggunakan asuransi pengiriman, namun di label paket tidak ada keterangan asuransi.

 

Sebab asuransi yang digunakan bukan asuransi langsung dari pihak jasa ekspedisi.

 

Asuransi Dari Pengiriman di Tokopedia

2 Cara Menghilangkan Biaya Asuransi di Tokopedia

Dilansir dari Tokopedia.com, berikut keterangan dari asuransi pengiriman via Tokopedia:

  • Layanan Asuransi Pengiriman berfungsi untuk melindungi dari segala kendala yang terjadi pada proses pengiriman seperti kehilangan atau kerusakan barang, termasuk layanan free return.
  • Jaminan Tepat Waktu adalah program yang menjamin bahwa pengiriman Pesanan akan sampai tepat waktu sesuai dengan durasi pengiriman yang dipilih oleh Pembeli. Jika kamu ingin klaim jaminan tepat waktu dana klaim akan masuk ke saldo refund pembeli maksimal 5 hari kerja setelah transaksi selesai.

 

Pastikan kita bertransaksi via Tokopedia dan resi yang digunakan sesuai dengan apa yang tercantum di Tokopedia.

 

Sebab jika ada barang yang ditransaksikan di luar Tokopedia atau resi berbeda dengan yang tercatat di Tokopedia, maka status klaim garansi bisa batal baik secara penuh atau pun sebagian.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....