Japati Artinya Apa? Sering Dipakai Balap!! Cocok Untuk Logo Tim Balap???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai japati artinya apa?

 

Dalam artikel ini, kita akan bahas salah satu kata dalam Bahasa Sunda yang kerap ditanyakan yakni japati.

 

Japati ini kerap ditanyakan dan juga kerap dibalapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dulu japati ini adalah salah satu hal yang sangat penting dalam jasa pengiriman.

 

Lalu apa sih arti japati yang tengah kita bahas dalam artikel ini?

 

Arti Japati Dalam Bahasa Indonesia

Japati artinya adalah merpati atau lengkapnya adalah burung merpati. Burung japati sendiri adalah kerabat dekat dari burung dara.

 

Nah merpati atau japati ini adalah salah satu binatang yang sering dibalapkan dalam artian sesungguhnya.

 

Hingga kini, banyak yang memelihara burung japati atau merpati untuk keperluan balap burung merpati. Bahkan teman kami yang sering adu motor cross juga sangat menggilai juga balapan merpati ini.

 

Burung Merpati Sebagai Simbol

Burung merpati ini kerap dijadikan sebagai simbol. Di mana burung merpati ini kerap menjadi simbol perdamaian, kesucian, cinta, kesetiaan, dan lain sebagainya.

 

Burung Merpati Sebagai Pengantar Surat

Dulu sebelum jasa ekspedisi berkembang seperti sekarang, burung merpati kerap digunakan sebagai pengantar surat atau pengirim pesan.

 

Ini karena merpati punya keistimewaan yakni bisa menghafal dan ingat akan “jalan pulang”. Tapi karena sekarang sudah lebih modern, mengirim surat via burung merpati pun sudah jarang dilakukan.

 

Menarik memang, mengingat burung merpati ini jika sudah nyaman dengan kandang atau tempat tinggalnya, maka sekalinya dilepaskan akan kembali ke rumah atau kandangnya.

 

Kantor Pos Pakai Logo Merpati

Japati Artinya Apa? Sering Dipakai Balap!! Cocok Untuk Logo Tim Balap???
Logo PT Pos Indonesia


Kantor Pos di Indonesia pun memakai logo merpati. Perusahaan pemerintah ini menggunakan logo merpati sebagai arti bahwa:

Simbol Burung Merpati dalam posisi terbang dengan pandangan lurus ke depan, lima garis sayap yang berbentuk garis-garis kecepatan, memiliki arti/makna bahwa Perusahaan dalam menjalankan usahanya mengutamakan pada kecepatan, ketepatan, dan terpercaya … Pada logo PT. Pos, burung Merpati Pos yang siap terbang mengelilingi dunia telah bebas tak terkurung oleh segi-lima dan padi kapas, berjalan semakin cepat, divisualisasikan dengan sayap yang bergaris – garis horisontal dan proporsi burung yang lebih memanjang dan mengecil di ujung, usaha untuk memvisualisasikan kecepatan. Ukuran burung lebih besar dibandingkan dengan bola dunia, dapat terbaca bahwa burung dapat menguasai dunia. Warna jingga digunakan untuk menandakan, sesuatu yang penting, warna ini juga digunakan untuk tiang-tiang pemisah pada perbaikan di jalan tol, seragam tukang parkir, pakaian penerbang, pakaian pendaki gunung, warna yang kontras dengan warna-warna alam yang kebanyakan berwarna hijau, coklat, biru. (sumber: https://www.posindonesia.co.id/en/content/makna-logo-pos-indonesia)

 

Japati Sebagai Logo Tim Balap?

Sebenarnya bisa saja burung japati atau merpati ini dijadikan logo tim balap motor misalnya. Tetapi entah kenapa, orang-orang lebih memilih logo dari binatang lain, hiu hingga banteng misalnya.

 

Mungkin pemilihan logo tim balap harus ada unsur sponsornya juga.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....