6 Efek Pakai Ring Untuk Ganjal Per Kopling

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai efek pakai ring untuk ganjal per kopling.

 

Per kopling menjadi salah satu aspek yang sering diutak-atik pada kendaraan bermotor termasuk pada sepeda motor.

 

Biasanya, para bikers akan menggunakan per kopling racing atau yang lebih keras. Lalu ada juga yang menggunakan per kopling dari motor lain yang dimensi per koplingnya lebih panjang.

 

Dan ada juga versi low budget yakni dengan menambah ring pada per kopling agar kinerja per kopling bisa lebih mantap.

 

Ring untuk ganjal per kopling ini bisa menggunakan ring yang banyak dijual di toko bangunan atau bengkel, atau bisa juga menggunakan ring khusus yang dijual di beberapa marketplace online.

 

Well, mari kita bahas saja efek pakai ring untuk ganjal per kopling:

1. Meningkatkan Daya Hentak Kopling

Efek pertama yang banyak diincar adalah meningkatkan daya hentak dari kopling. Nantinya dengan menggunakan ring pada per kopling, maka diharapkan hentakan yang didapat bisa lebih besar.

 

Daya hentak ini sangat dibutuhkan untuk meminimalisir hambatan ketika tengah mengoper gigi.

 

2. Meminimalisir Terjadinya Slip Pada Kopling

Efek lainnya adalah meminimalisir terjadinya slip pada kopling. Ini karena pada dasarnya, memodifikasi per kopling adalah guna meminimalisir adanya slip pada kopling.

 

Dengan ditambah ring, maka per kopling akan relatif lebih keras daya pegasnya dan diharapkan bisa menekan kampas kopling dengan lebih maksimal.

 

3. Bisa Juga Gagal Total! Kopling Tidak Berfungsi

Efek yang ketiga adalah bisa juga pakai ring untuk ganjal per kopling ini berbuah gagal total bahkan membuat kopling tidak berfungsi.

 

Ini pernah kami tes pada Honda Sonic 150 kami, cek artikelnya di bawah ini:

Baca Juga: Percobaan Memasang Ring pada Per Kopling Motor Honda Sonic 150 R

 

4. Tuas Kopling Jadi Lebih Keras

Efek lainnya adalah dapat membuat tuas kopling jadi lebih keras. Ini sama halnya seperti kita mengganti per kopling ke per kopling yang lebih panjang atau ke per kopling racing.

 

5. Kabel Kopling Bisa Lebih Mudah Putus

Karena tuas kopling jadi lebih keras, maka efeknya adalah kabel kopling bisa lebih mudah putus. Oleh karenanya, pikirkan baik-baik dampak buruk dari memodifikasi per kopling ini.

 

6. Kopling Bisa Lebih Mudah Aus

6 Efek Pakai Ring Untuk Ganjal Per Kopling

Ini adalah salah satu resiko jika kita memodifikasi bagian per kopling, di mana saat per kopling lebih menggigit, maka kampas kopling akan dipaksa bekerja lebih maksimal.

 

Oleh karenanya, tidak heran juga jika dengan menggunakan ring pada per kopling atau menggunakan per kopling racing, komponen pada kopling seperti kampas kopling, rumah kopling, hingga plat gesek bisa lebih mudah aus atau habis.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....