7 Penyebab Motor Injeksi Brebet Seperti Kehabisan Bensin

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab motor injeksi brebet seperti kehabisan bensin.

 

Wah ada saja permasalahan yang bisa menimpa motor injeksi yang kita pakai. Salah satu masalah yang mungkin terjadi pada motor injeksi kita adalah brebet seperti kehabisan bensin.

 

7 Penyebab Motor Injeksi Brebet Seperti Kehabisan Bensin

Wah kenapa ya bisa seperti ini? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita bahas bersama saja dalam artikel ini.

 

Baca Juga7 Penyebab Motor Beat Injeksi Di Gas Ngempos

 

Perlu diingat bahwa acuan dari motor yang brebet adalah karena dapur pacu kekurangan udara atau karena bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak dari udara. Selain itu, motor yang brebet juga bisa karena api yang dipercikan sudah tidak bagus.

 

Seperti yang kita ketahui untuk mekanis pembakaran di ruang bakar atau mesin, perlu setidaknya 3 elemen yakni udara, bensin, serta api.

 

Jika ketiga elemen tersebut tidak ada atau bermasalah, maka efeknya adalah motor jadi tidak bekerja dengan semestinya.

 

Dalam kasus ini, saat motor brebet, maka tergudanya adalah bensin atau pun api dari busi hingga koil yang bermasalah.

 

Di bawah ini, kita akan paparkan beberapa penyebab dari motor injeksi yang brebet, tetapi mungkin apa yang kami sajikan tidak mewakili semua permasalah yang motor injeksi kalian alami.

 

Lebih lanjut, berikut penyebab motor injeksi brebet seperti kehabisan bensin:

1. Bensin Kotor atau Ada Airnya

Penyebab pertama yang biasanya terjadi adalah bensin yang kotor atau tercampur dengan air sehingga bensin yang kita gunakan tidak benar-benar murni merupakan bensin.

 

Untuk mengatasi hal ini, biasanya kita harus menguras tangki bensin agar efek yang ditimbulkan tidak lebih parah (misal membuat fuel pump rusak).

 

Untuk langkah pencegahan, usakan tidak menyiram air ke area tangki serta usahakan membeli bensin di tempat terpercaya.

 

2. Filter Udara Rusak atau Terhalang

Penyebab lain dari brebetnya motor injeksi adalah karena filter udara rusak yakni sudah sangat berdebu atau filter udara terhalang sesuatu.

 

Cek filter udara dan bersihkan atau ganti jika diperlukan. Ingat, suplai udara utama dari motor injeksi pasti melewati filter udara terlebih dahulu.

 

3. Menggunakan Bahan Bakar Yang Kurang Tepat

Bahan bakar atau bensin jadi penyebab lain kenapa motor injeksi brebet seperti kehabisan bensin. Coba gunakan bahan bakar yang berkualitas dengan oktan yang direkomendasikan.

 

Selain itu, pastikan kita membeli bensin di tempat terpercaya agar kualitas bensin yang kita gunakan di motor bisa lebih terjamin.

 

4. Busi Sudah Rusak

Penyebab selanjutnya yang bisa jadi biang kerok motor injeksi brebet adalah busi yang sudah rusak, busi sendiri biasanya bisa tahan hingga masa pakai 10.000 Km.

 

Tapi sebelum 10.000 Km, di periode tertentu, busi harus diatur celahnya dan dibersihkan jika ada kerak. FYI, busi yang apinya sudah bagus bisa membuat motor jadi brebet.

 

Ciri lain dari busi yang sudah rusak adalah motor kadang ngempos, susah dinyalakan saat mesin dalam kondisi dingin, serta mesin mudah mati saat dinyalakan.

 

5. Sensor Injeksi Kotor

Masalah lain yang bisa membuat motor injeksi brebet adalah karena sensor injeksi kotor yakni biasanya tertutupi oleh kotoran.

 

Ini perlu penanganan serius, tapi jika kerusakan masih ringan, kita bisa atasi dengan menyemprotkan cairan pembersih injektor via lubang udara (saat mesin menyala).

 

6. Fuel Pump Rusak

Kerusakan pada fuel pump bisa terjadi karena ada air atau kotoran di tangki bahan bakar. Jika komponen ini rusak, maka bensin tidak akan mengalir sempurna ke tempat yang seharusnya.

 

Untuk mengatasi ini, kita harus kuras tangki, namun jika pada akhirnya masih belum normal, maka fuel pump harus diganti.

 

7. Sistem Pengapian Selain Busi Rusak

Penyebab brebet lain adalah karena sistem pengapian selain busi mengalami kerusakan. Ini biasanya terjadi pada motor-motor yang sudah tua, di mana kop busi, kabel busi, hingga koilnya sering bermasalah.

 

Kami pernah mengalami ini, dan ciri dari kerusakan di kop busi, kabel busi, atau dari koil adalah api pada busi tidak kunjung baik meski busi sudah diganti ke yang baru dengan spesifikasi yang sesuai.

 

Pada akhirnya, jika kerusakan tak kunjung membaik, kami sarankan untuk membawa motor kesayangan kita ke bengkel terpercaya agar ditangani dengan lebih intens.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....