5 Perbedaan Kaliper 2 Piston dan 4 Piston, Cek Sini Sob !!!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan kaliper 2 piston dan 4 piston.

 

Piston bukan hanya terdapat pada ruang bakar, bahkan pada kaliper rem pun ada pistonnya. Piston pada kaliper rem atau kepala babi ini berfungsi untuk menekan kampas rem.

 

Dari pabrikan sendiri, biasanya motor hanya diberi kaliper rem dengan jumlah piston sebanyak 1 atau 2 saja.

 

Tapi hal lain berbeda jika kita beli motor sport kelas premium berkubikasi besar. Biasanya motor-motor supersport atau superbike akan mengusung kaliper berjumlah 4 buah.

 

Nah untuk kalian yang ingin memasang kaliper dengan 4 piston, kabar baiknya sekarang sudah banyak produk aftermarket yang mengeluarkan kaliper rem dengan jumlah piston sebanyak 4 buah.

 

5 Perbedaan Kaliper 2 Piston dan 4 Piston, Cek Sini Sob !!!!

Tetapi, sebelum membeli, perhatikan baik-baik perbedaan kaliper 2 piston dan 4 piston di bawah ini:

1. Perbedaan Bentuk/ Kontruksi

Biasanya kaliper dengan 2 piston akan memiliki bentuk atau desain atau kontruksi yang relatif lebih sederhana.

 

Kaliper 2 piston biasanya hanya menempatkan piston di salah satu sisi kaliper (meski ada juga yang menyematkan masing-masing 1 piston di tiap sisi kaliper), sedangkan kaliper 4 piston menempatkan masing-masing 2 piston pada tiap sisi kaliper.

 

Karena ini, maka tidak heran jika kontruksi kaliper 2 piston dan 4 piston sudah tentu sangat berbeda.

 

2. Perbedaan Performa

Kaliper dengan jumlah piston sebanyak 4 relatif akan lebih baik performanya dibandingkan dengan kaliper dengan 2 piston.

 

Ini juga yang membuat kaliper 4 piston ini disematkan pada motor-motor berkubikasi besar.

 

3. Perbedaan Harga

Selanjutnya adalah perbedaan harga, kami rasa kita sudah tahu jawabannya jika kaliper rem dengan 4 piston tentu akan memiliki harga yang lebih mahal dari kaliper rem 2 piston.

 

Dengan catatan, kaliper 4 pistonnya bukan yang KW atau palsu, hehe.

 

4. Perbedaan Perawatan

Ada asumsi yang menjadi kenyataan kala semakin sedikit jumlah piston pada kaliper rem, maka perawatannya akan semakin mudah.

 

Singkatnya, bayangkan saja jika di suatu hari kaliper tidak berfungsi dengan baik dan ternyata pistonnya macet. Tentu akan lebih mudah dan cepat jika memperbaiki kaliper yang jumlahnya hanya 1 bukan? Ketimbang yang jumlahnya 4 buah.

 

5. Perbedaan Peruntukan

Biasanya kaliper rem 2 piston digunakan untuk motor-motor yang relatif berkubikasi kecil misal 300 cc ke bawah.

 

Sedangkan kaliper rem 4 piston biasanya digunakan untuk motor-motor keperluan balap atau pada motor-motor supersport dan superbike.

 

Sekedar informasi, biasanya kaliper 4 piston akan relatif lebih merata dalam hal penggunaan kampas rem. Ini berbeda dengan kaliper 2 piston yang biasanya akan menghabiskan kampas rem secara lebih radikal di salah satu sisi kampas saja.

 

Tetapi meski kaliper rem 4 piston ini punya keunggulan yakni performanya lebih oke, tetapi kami sarankan untuk menggunakan kaliper rem sesuai dengan kebutuhan.

 

Biasanya, kaliper rem 4 piston ini sedikit susah untuk mencari kampas remnya. Jadi sudah jelas dari segi perawatan pun akan lebih membengkak.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x