MotoGP: Race Direction Itu Apa? Mari Bahas Bersama Dalam Artikel Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan  membahas mengenai arti dari race direction terlebih di MotoGP.

 

Di dunia balap MotoGP, tak melulu soal sirkuit, motor, dan pembalap. Ada banyak elemen yang terlibat di dalamnya. Ya kurang lebih seperti sepak bola, ada federasinya, wasit, panita, dan seterusnya.

 

MotoGP: Race Direction Itu Apa? Mari Bahas Bersama Dalam Artikel Ini
Quartararo saat dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP 2021 di GP Misano 2 (24/10/2021)

Di MotoGP, ada yang namanya race direction. Lalu, apa sih race direction tersebut? Mari kita bahas bersama saja dalam artikel ini.

 

Race Direction Itu Apa?

Bila kita terjemahkan, arti dari race direction adalah arah balapan atau bila kita tafsirkan adalah pengarah balapan yang mengatur jalannya balapan ketika ada suatu race di MotoGP.

 

Race direction ini bisa dibilang sebagai panitia balapan yang bertugas untuk mengatur atau manage jalannya balapan.

 

Contohnya seperti apa? Contohnya adalah ketika balapan diadakan dalam kondisi cuaca yang tidak menentu. Saat cuaca tidak dapat ditebak, maka race direction bertugas untuk memutuskan apakah balapan akan diundur atau tetap dijalankan sesuai jadwal namun dengan kondisi balapan tertentu (misal dry race atau wet race).

 

Race direction juga bertugas untuk memutuskan kelangsungan balapan ketika ada insiden, misal ada hujan lebat saat balapan tengah berlangsung atau ada kecelakaan fatal saat balapan berlangsung.

 

Flag to flag atau red flag  merupakan kondisi di mana itu harus benar-benar diputuskan dengan matang dan race direction-lah yang memutuskan hal tersebut.

 

Perubahan Tanggung Jawab Race Direction

Sejak tahun 2016, race direction di MotoGP sudah diubah tanggung jawabnya. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kontroversi seperti tragedi Sepang Clash antara Rossi dan Marquez di tahun 2015 silam.

 

Setidaknya ada panel baru yang terdiri dari 3 stewards serta orang independen dari race direction yang bertanggung jawab untuk menyelidiki insiden dan menghukum pembalap yang bermasalah dalam balapan.

 

Jadi sejak 2016, FIM MotoGP Stewards bertugas untuk sanksi disiplin sedangkan race direction fokus dalam manajemen balapan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...