-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Dry Race Artinya di MotoGP, Ini Loh Maksudnya

 

SATUPISTON.COM – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari dry race pada motoGP.

 

MotoGP, salah satu ajang olahraga yang terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Ajang balap motor prototype yang diikuti beberapa pabrikan motor dunia ini memang sangat menarik untuk disimak.

 

Untuk tahun ini sendiri, balapan diselenggarakan di bawah bayang-bayang pandemi. Namun tetap saja meski uforia terhalang, namun dapat dikatakan daya pikat di balap MotoGP tidak hilang begitu saja.

 

Bicara soal istilah di MotoGP, balap motor dunia ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

 

Maklum, bahasa Inggris ini merupakan bahasa internasional. Jadi meski balapan di laksanakan di beberapa negara, namun penggunaan istilah tetap menggunakan bahasa Inggris.

 

Salah satu bahasa atau istilah yang hendak kita bahas dalam artikel ini adalah dry race.

 

Arti Dry Race di MotoGP

Dry Race Artinya di MotoGP, Ini Loh Maksudnya
Race GP Assen (27/6/2021). Balapan tersebut dumenangkan oleh Quartararo


Dry race artinya adalah balapan kering. Dalam MotoGP, maksudnya adalah balapan akan dihelat atau diselenggarakan dengan kondisi aspal yang kering.

 

Dalam balapan MotoGP sendiri, biasanya balapan akan dihelat dengan dua pilihan yakni dry race ataupun wet race.

 

Baca JugaArti Wet Race Dalam MotoGp

 

Kenapa dry race atau wet race ini penting? Pasalnya status balapan akan sangat berhubungan dengan pemilihan jenis ban dan juga aspek keselamatan pembalap.

 

Sebagai informasi, jika balapan dihelat dalam kondisi dry race atau balapan kering, maka ban motor biasanya akan menggunakan ban untuk aspal kering yakni baik itu ban berkomponen lunak, medium, hingga keras.

 

Selain itu, jika balapan dilangsungkan dengan kondisi dry race, maka motor tidak diharuskan menggunakan lampu rem di bagian belakang.

 

Sedangkan jika balapan dihelat dengan status wet race, maka motor biasanya akan menggunakan ban khusus track basah (wet tire).

 

Selain itu, motor pun diwajibkan menggunakan lampu belakang atau stop lamp sebagai penanda agar pembalap di belakang dapat melihat bahwa ada motor di depannya.

 

Eh BTW, kadang dry race atau wet race ini diputuskan statusnya saat tengah balapan. Jika demikian, maka akan ada opsi red flag dengan start ulang dimana posisi starting grid akan diputuskan berdasarkan posisi terkahir pembalap saat di putaran sebelumnya.

 

Baca JugaArti Flag to Flag Di MotoGp, Ini Penjelasannya !!!

 

Selain opsi di atas, ada juga opsi flag to flag yakni pembalap akan memasuki pit untuk mengganti motor ke motor dengan settingan terbaru (sesuai dengan kondisi lintasan).

 

Bila disimak, sebenarnya lebih menarik jika balapan dihelat dengan status flag to flag, namun untuk alasan safety, kadang balapan harus dilakukan dengan red flag (re-start).

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x