Arti Ban Sortiran, Ban Murah Berkualitas?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti ban sortiran.

 

Salah satu jenis ban yang mungkin sering kita dengar adalah ban suntikan dan ban vulkanisir, namun selain nama-nama ban tersebut, masih ada nama-nama ban lain yakni ban sortiran.

 

Berbeda dengan ban suntikan dan ban vulkanisir yang merupakan ban bekas, ban sortiran merupakan ban dengan jenis baru namun biasanya dijual harga yang lebih murah dari kondisi normal.

 

Lalu apa yang dimaksud dengan ban sortiran? Penting nih untuk kita bahas !!!

 

Pengertian Sortiran

Dalam penjualan barang secara umum, memang biasanya ada kegiatan sortir (meski tidak selalu demikian). Adapun sortir dapat kita maknai sebagai kegiatan untuk memilah dan memisahkan barang yang kualitasnya baik dan tidak baik. Tujuannya tentu agar ada diferensiasi harga.

 

Contoh dari kegiatan sortir adalah pedagang bawang yang memisahkan bawang berkualitas baik dan kurang baik, di mana yang berkualitas baik akan berharga lebih mahal dari bawang yang kualitasnya kurang baik..

 

Pengertian di atas juga berlaku untuk produk ban, di mana kerap ada ban baru yang harganya relatif lebih murah dari keadaan normal.

 

Lalu?

 

Pengertian Ban Sortiran

Sayangnya, ban sortiran ini punya konotasi yang cenderung negatif meski secara definisi sortir ini memilah produk bagus dan produk yang kurang bagus.

 

Ya, pengertian ban sortiran sering merujuk pada ban baru yang cacat produksi atau gagal produksi atau memiliki hasil quality control yang relatif rendah.

 

Karena merupakan ban yang telah disortir dan dikategorikan sebagai ban yang kualitasnya di bawah standar rata-rata, maka tak heran jika ban dengan label sortiran punya harga yang relatif murah.

 

Apakah Aman Membeli Ban Sortiran?

Arti Ban Sortiran, Ban Murah Berkualitas?
Ilustrasi ban.


Jawabannya adalah relatif, pasalnya kita tidak tahu kenapa ban tersebut bisa dikategorikan tidak lulus quality control. Apakah karena kurang presisi, ada keretakan, dan semacamnya.

 

Terkadang, membeli ban sortiran sama saja seperti membeli ban baru seperti pada umumnya. Namun tak jarang juga ban sortiran memiliki performa yang buruk misal jadi lebih licin, benjol-benjol, dan lain sebagainya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...