7 Fungsi Wifi di Action Camera, Ini Kelebihan dan Kelemahan Action Cam Wifi !!!

 Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi Wifi di action camera beserta kelebihan dan kelemahan dari action cam ber-Wifi.

 

Action cam menjadi kamera favorit bagi vlogger baik untuk Motovlog, traveler, hingga para vlogger yang berkenaan dengan aktivitas outdoor (misal mancing).

 

7 Fungsi Wifi di Action Camera, Ini Kelebihan dan Kelemahan Action Cam Wifi !!!

Di pasaran, action camera ini tersedia dalam beragam harga, fitur, dan kualitas. Misalnya saja yang paling umum adalah action camera yang sudah ada fitur Wifi dan yang tidak.

 

Baca JugaUnboxing dan Review Bpro Mark 3s Black EIS, Actioncam Murah Berkualitas Termurah di Shopee

 

Biasanya, action cam non Wifi adalah action cam yang berharga murah (meski tidak selamanya demikian) dan jadul, sebab untuk sekarang sendiri, biasanya action cam yang berharga 500 ribuan ke atas sudah tersedia fitur Wifi.

 

Lalu, apa fungsi Wifi di action camera? Berikut penjelasannya:

1. Menghubungkan Action Camera ke Smartphone

Yang pertama adalah berfungsi untuk menghubungkan action camera ke smartphone. Jadi Wifi di sini bukan berkenaan dengan jaringan internet ya, tetapi lebih ke konektivitas kamera dengan smartphone kesayangan kita.

 

Untuk menghubungkan action camera ke smartphone, tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Sebab kita perlu aplikasi khusus yang mendukung antara smartphone dan action camera milik kita.

 

Baca Juga:  4 Cara Menyambungkan Wifi Brica Ke Hp (Bpro 5 AE Mark 3s)

 

2. Mentransfer File

Fungsi Wifi di action camera yang kedua adalah untuk mentransfer file dari action camera ke smartphone. Jadi bila biasanya kita mengirim file dari action cam ke smartphone via kartu memori langsung atau via PC, maka dengan action cam ber-Wifi, kita bisa melakukan pengiriman file berupa foto dan video langsung dari aplikasi smartphone yang tadi kita bahas yang sudah terintegrasi dengan Wifi.

 

3. Mengatur File

Fungsi selanjutnya adalah untuk mengatur file misal seperti tadi yakni memindahkan file, tetapi selain memindahkan file, kita juga bisa menghapus hingga mengedit file yang ada di kartu memori kamera via aplikasi.

 

4. Setting Kamera

Fungsi lainnya adalah untuk setting pengaturan action cam. Jadi jika kita merasa jengkel karena harus mengatur settingan action cam secara bertele-tele via action cam, maka kita bisa menggunakan aplikasi di smartphone untuk mengatur settingan kamera meliputi resolusi, FPS, megapixel, dan lain sebagainya.

 

5. Remot Kamera

Wifi ini bisa dijadikan remot untuk action cam via smartphone, jadi kita bisa melakukan shoot atau mematikan kamera via aplikasi di smartphone.

 

6. Monitoring Action Cam

Action cam biasanya hanya memiliki layar di bagian belakang. Itu cukup menyulitkan kita ketika kita tengah ngevlog secara selfi.

 

Nah dengan adanya fitur Wifi yang terintegrasi dengan aplikasi di smartphone, maka kita bisa memonitoring atau melihat apa yang ditangkap oleh kamera saat tengah merekam.

 

7. Memori Eksternal

Pada beberapa action cam, kita bisa tetap merekam meski pada action cam tidak terdapat memori eksternal. Jadi dengan fitur Wifi, data secara real time akan ditransferkan langsung ke memori yang ada di smartphone.

 

Kelebihan dan Kelemahan Action Camera Wifi

Kelebihan

  • Praktis
  • Lebih modern

 

Kekurangan

  • Harga lebih mahal
  • Wifi kadang error
  • Harus punya smartphone
  • Baterai jadi cepat habis

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...