-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Persamaan Bendik Starter Sonic 150, Bisa Pakai Punya Ini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai persamaan bendik starter dari Sonic 150.

 

Belakangan Honda Sonic 150 kami mengalami kendala yakni tidak dapat distarter dan hanya berbunyi cetek-cetek ketika tombol starter dinyalakan.

 

Baca JugaAtasi Sonic 150 Tidak Bisa Starter Hanya Bunyi Cetek-Cetek (Cara Ganti Bendik Sonic 150)

 

Parahnya, kick starter tidak berfungsi karena sistem kopling nampaknya juga tengah bermasalah. Alhasil, tentunya kami harus melakukan perbaikan pada bendik starter.

 

Masalah kini muncul ketika kami mencari bendik starter untuk Sonic 150, ya masalahnya adalah bendik original untuk Sonic 150 terbilang langka.

 

Ya wajar, Sonic 150 memang tidak sebanyak motor-motor Honda lain seperti Supra series misalnya. Selain itu, bendik starter juga bukan merupakan part yang fast moving seperti oli atau ban.

 

Tapi tenang saja, meski yang ori untuk Sonic 150 susah untuk dicari, tetap ada persamaannya kok dan asyiknya lagi persamaan bendik starter tersebut masih dari keluarga Honda.

 

Lalu, apa persamaan bendik Sonic 150?

 

Persamaan Bendik Strater Sonic 150

Persamaan Bendik Starter Sonic 150, Bisa Pakai Punya Ini !!!


Bendik atau relay starter atau switch starter seperti yang sudah disinggung sebelumnya memang bukan part yang secara rutin rusak, tapi ya yang namanya benda buatan manusia pasti ada “umurnya”.

 

Adapun persamaan dari bendik starter Sonic 150 adalah sama dengan Honda Grand hingga Honda Supra GTR. Secara lengkapnya, bendik starter Sonic 150 serupa dengan Grand, Supra series, Tiger, hingga Smash dan Shogun dari Suzuki.

 

Wah, cukup banyak juga ya persamaannya? Kami sendiri membeli bendik starter dari Grand dengan merek aftermarket dan harganya cukup murah yakni hanya 20 ribuan saja.

 

Tapi ada beberapa hal yang diperhatikan ketika membeli bendik dari series Grand atau Supra, di mana biasanya kabel soket dari bendik Grand atau Supra akan lebih pendek. Selain itu, jika bendik yang dibeli berharga murahan seperti milik kami, maka pada bagian kuningan di soket akan mudah bengkok sehingga akan menyulitkan kita ketika hendak memasangkan soket bendik.


Kode Part Bendik Starter Yang Dapat Dipasangkan Untuk Sonic 150

Ada beberapa bendik starter dari Honda yang dapat dipasangkan pada Sonic 150. Adapun bendik starter tersebut adalah bendik starter yang punya kode part sebagai berikut:

  • 35850 K56 N01
  • 35860 GN5 900
  • 35860 GN5 830

 

Ciri-Ciri Bendik Starter Rusak

Salah satu ciri dari bendik starter yang rusak adalah bunyi cetek-cetek pada saat tombol starter ditekan. Jadi meski kita sudah ganti aki, maka starter seolah tidak merespon dan hanya berbunyi cetek-cetek.

 

Penyebab Bendik Starter Rusak

Faktor utama dari bendik starter yang rusak adalah karena faktor usia atau masa pakai. Namun tak jarang adanya korslet hingga memaksakan tombol starter ditekan dalam durasi lama padahal aki tengah tekor juga bisa menjadi penyebab dari kerusakan bendik starter.

 

Berikut video cara memperbaiki bendik starter Sonic 150:

 


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x