-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Atasi Sonic 150 Tidak Bisa Starter Hanya Bunyi Cetek-Cetek (Cara Ganti Bendik Sonic 150)

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara atasi Sonic 150 yang tidak bisa distarter dan hanya berbunyi cetek-cetek.

 

Beberapa waktu lalu, kami mengganti aki Sonic 150 karena akinya sudah soak sehingga tidak sanggup untuk melakukan starter dengan elektrik starter.

 

Pada awalnya starter masih merespon ketika aki belum diganti, namun karena sebelumnya motor dipaksakan menggunakan elektrik starter padahal aki soak, pada akhirnya bendik starter menjadi benar-benar lemah.

 

Bendik atau relay starter atau switch starter berfungsi untuk memantik dinamo starter dan jika bendik sudah lemah, maka salah satu cirinya adalah starter hanya akan berbunyi cetek-cetek saat tombol starter ditekan.

 

Soal penyebab kerusakan bendik, salah satu penyebabnya adalah karena faktor usia serta karena faktor tadi, yakni aki sudah lemah namun starter tetap ditekan dengan durasi yang lama, alhasil bendik bekerja sangat keras dengan suplai daya listrik yang kurang untuk memutar dinamo starter.

 

Atasi Sonic 150 Tidak Bisa Starter Hanya Bunyi Cetek-Cetek (Cara Ganti Bendik Sonic 150)

So, berikut cara atasi Sonic 150 yang tidak bisa starter dan hanya bunyi cetek-cetek:

1. Buka Bodi Kiri dan Kanan

Yang pertama adalah kita harus membuka bagian bodi kiri dan bodi kanan (tempat aki). Jika kalian tidak tahu di mana letak aki Sonic 150, silah simak artikelnya di sini.

 

 Ini yang membuat kami malas ketika harus mengganti bendik dari Sonic 150, alasannya adalah kita harus buka bodi motor cukup banyak yakni bodi kiri dan kanan.

 

Kenapa demikian? Sebab soket bendik ada di area aki (kanan) sedangkan bendiknya ada di belakang aki (bagian kiri bodi).

 

2. Copot Aki

Yang tak kalah penting adalah kita harus mencopot aki, alasannya sederhana yakni agar meminimalisir terjadinya short atau korslet di area kelistrikaan.

 

3. Lepas Soket Aki dan Bendik

Selanjutnya adalah kita harus melepas soket kabel bendik starter dan juga melepas bagian kabel di kutub bendik (ada dua kabel).

 

4. Kabel Hijau dan Kabel Kuning Strip Merah

Sejauh ini, kami melihat bahwa bendik Sonic 150 punya dua kabel yakni kabel hijau (sepertinya negatif) dan kabel kuning strip merah (sepertinya positif). Ingat untuk tidak tertukar, pasalnya posisi kutub yang tertukar dapat menyebabkan bendik tidak dapat bekerja.

 

Sekedar informasi, salah satu kabel untuk kutub bendik (dari motor) adalah berwarna merah (positif), kabel tersebut harus dipasangkan dengan kutub yang sejajar dengan kabel berwarna kuning strip merah.

 

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video di bawah ini.

 


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x