-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kualitas Aki Kering Aspira, Bagaimana Ya?

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kualitas dari aki kering Aspira.

 

Aspira mungkin sudah terkenal di segmen pasar onderdil motor. Aspira sendiri menjadi pilihan kedua setelah part ori memiliki harga yang tidak terjangkau atau part ori susah untuk dicari.

 

Well, selain berkutat di kampas rem hingga lampu, ternyata Aspira juga bermain di onderdil aki atau accumulator. Dan kabar baiknya adalah Aspira ini juga bermain untuk aki kering dan aki basah dengan tipe-tipe yang fimiliar di motor-motor yang lumrah di Indonesia.

 

Aki Aspira Yang Kami Beli

Kualitas Aki Kering Aspira, Bagaimana Ya?

Beberapa waktu lalu, kami sempat mencari aki kering GTZ6V untuk GSX R150 kami. Tadinya kami ingin melakukan upgrade dengan membeli GTZ7S, namun karena barangnya langka di marketplace, jadi opsinya adalah mencari GTZ6V.

 

Kita harus jeli ketika ingin membeli aki kering dari dengan tipe GTZ series, sebab banyak varian yang mengkloning aki dari GS Astra.

 

Karena tidak ambil pusing, kami pun coba mencari aki Aspira di official store Astra Otoparts. Namun sayangnya, saat harga cocok, ternyata official store tidak memberikan garansi dan tidak memberi tahu mengenai bulan produksi dari aki yang hendak dijual.

 

Baca JugaAki Aspira Tidak Ada Garansi? Ini Jawabannya


Akhirnya, kami kembali bersusah payah untuk mencari aki GTZ6V dari Aspira di toko-toko biasa. Dan akhirnya dapat aki Aspira dengan kondisi segel sudah dibuka namun penjual memberi garansi selama 1 bulan dan memberi tahu bahwa aki diproduksi pada bulan Juni 2021 atau satu bulan sejak pembelian.

 

Kualitas Aki Kering Aspira

Seperti yang diceritakan sebelumnya bahwa kami membeli aki kering Aspira GTZ6V dari toko unofficial.

 

Hasilnya aki dapat bekerja dengan baik dan langsung berfungsi pada motor kami. Volatase pun stabil di 12,4 hingga 12,5 Volt. Hanya saja, kami belum mengetes kapasitas dari ampere-nya.




Sekedar informasi, Aspira sendiri masih dalam satu naungan dari Astra Group. Jadi, aki GS ASTRA dan aki ASPIRA masih dari Astra Otoparts.

 

Hanya saja memang, Aspira kerap jadi opsi kedua. Hal ini bila kita simak dari segi harga serta kualitas yang dipandang menjadi grade B dari GS Astra.

 

Memang kami belum menguji secara menyeluruh dari Aki Aspira ini, mungkin nanti setelah beberapa tahun akan kami update agar kita dapat jawaban yang menyeluruh mengenai aki dari Aspira.

 

Tips Agar Aki Lebih Awet

Ada beberapa tips agar aki yang kita pakai punya masa pakai yang panjang atau awet. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Gunakan aki yang sesuai spesifikasi yakni tidak terlalu kecil Ampere-nya dan tidak terlalu besar Ampere-nya
  • Jangan gunakan aksesoris kelistrikan yang tidak sesuai dengan spek motor. Misal memasang lampu tembak tambahan
  • Gunakan kiprok dan spull yang normal, jika rusak maka segera perbaiki
  • Bersihkan aki dari jamur, terutama untuk aki basah
  • Gunakan aki yang masih baru, dalam artian bukan produksi lama yang menggudang di toko


Selalu panaskan motor atau mobil jika motor atau mobil tidak digunakan setiap hari. Hal ini bertujuan agar aki tetap bisa mengisi melalui sistem pengisian

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x