-->

MotoGP Italia 2021: Oliveira dan Mir Langgar Track Limit, Kok Posisi 2 Tidak Diberi Ke Zarco ?

 

MotoGP Italia 2021: Oliveira dan Mir Langgar Track Limit, Kok Posisi 2 Tidak Diberi Ke Zarco ?
Quartararo (Biru), Zarco (Merah), dan Oliveira (Oranye) di area podium GP Mugello 2021 (30/5/2021). Source: Yamahamotogp

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kisah MotoGP 2021 di Mugello Italia masih banyak mengundang pertanyaan.

 

Salah satunya adalah ketika insiden “last lap”, dimana sebelumnya Oliveira dari KTM dikenai track limit warning dan posisinya secara regulasi diturunkan dan digantikan oleh Joan Mir dari Suzuki.

 

Saat hendak masuk podium, komposisi yang awalnya adalah Quartararo pertama, Mir kedua, dan Oliveira ketiga pun diralat.

 

Pasalnya, diketahui bahwa Joan Mir juga melanggar batas lintasan dan menerima track limit warning sehingga posisi 2 Joan Mir juga dibatalkan sehingga urutan 1, 2, dan 3 kembali seperti semula.

 

Seperti diketahui, regulasi track limit warning pada last lap adalah penurunan posisi karena tidak memungkinkan adanya “kesempatan untuk penebusan dosa” dalam long lap penalty.

 

Baca JugaArti Track Limit Warning Dalam Motogp

 

Oleh karenanya, biasanya ada akumulasi pengurangan waktu hingga pengurangan posisi.

 

Namun yang jadi masalah di sini adalah kenapa Zarco dari Pramac Ducati yang tidak melanggar batas lintasan tidak dinaikan ke posisi 2?

 

Pasalnya di ajang Moto3 di GP Italia 2021 terjadi kasus yang sama, dimana Pedro Acosta mundur dari posisi 7 ke posisi 8, lalu Sergio Garcia mundur dari posisi 8 ke posisi 9, serta John McPhee yang tidak melanggar track limit naik dari posisi 9 ke posisi 7.

 

Ada apa?

 

Karena kebingungan tersebut, maka bos Ducati Pramac yakni Francesco Guidotti pun mengajukan klarifikasi pada Stewards (panitia pengawas balapan).

 

Dan hasilnya menjadi jelas, dimana secara matematis Johan Zarco tertinggal sebanyak 0,7 detik saat di kejadian (tikungan 5) pelanggaran track limit yang dilakukan oleh Oliveira dan Mir.

 

Seandainya Zarco hanya tertinggal kurang dari 0,5 detik, maka besar kemungkinan Zarco akan dipromosikan ke posisi 2.

 

So, dari sini jelas bahwa tidak mungkin rider yang tidak terlibat “atraksi” dipromosikan. Pasalnya akan menjadi runyam bukan? Jika status promosi tidak dibatas oleh waktu.

 

Imbasnya, bisa jadi Mir dan Oliveira di turunkan sampai posisi juru kunci karena melanggar batas lintasan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x