-->

5 Pengaruh Aki Soak Pada Motor Injeksi, Ternyata Cukup Bahaya !!

 

5 Pengaruh Aki Soak Pada Motor Injeksi, Ternyata Cukup Bahaya !!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengaruh aki soak pada motor injeksi.

 

Motor injeksi adalah jenis motor yang sistem pengabutan campuran bahan bakarnya dilakukan dengan cara diinjek atau disemprot (mungkin bahasanya sedikit kurang tepat).

 

Hal tersebut sedikit berbeda dengan motor berjenis karbu yang mana campuran bahan bakarnya cenderung lebih mengalir.

 

Karena alasan ini maka jangan heran jika motor berjenis injeksi lebih irit bila dibandingkan dengan motor berjenis karbu.

 

Bicara soal aki, komponen yang satu ini sebenarnya dibutuhkan baik oleh motor injeksi maupun motor berjenis karbu.

 

Tetapi untuk motor berjenis karbu, dapat dibilang peran aki lebih dibutuhkan. Pasalnya pada motor berjenis injeksi lebih banyak sensor yang membutuhkan daya listrik 1 arah (DC).

 

Aki sendiri adalah accu atau secara lengkap adalah accumulator yang mana fungsinya adalah untuk menyimpan daya listrik dan juga menyalurkan daya listrik.

 

Aki sendiri memiliki sistem pengisian dari alternator, regulator, hingga aki. sedangkan fungsi penyaluran aki yakni aki memberikan suplai aliran listrik pada komponen-komponen lain yang membutuhkan seperti lampu, starter elektrik, klakson, dan lain sebagainya.

 

Lalu apa sih pengaruh aki soak pada motor injeksi? Berikut pemaparannya:

1. Lampu Utama Meredup

Aki yang soak artinya aki yang mengalami tekor atau kurang daya karena aki sudah drop atau bocor.

 

Karena dayanya berkurang, maka performa aki jadi tidak kuat untuk menyuplai aliran listrik pada beberapa komponen termasuk pada lampu utama atau lampu depan atau headlamp.

 

Saat aki soak, selain meredup, kadang lampu malah tidak dapat hidup sama sekali.

 

2. Lampu Sein Berkedip Dengan Cepat

Selanjutnya adalah lampu sein yang berkedip dengan cepat. Saat aki dalam keadaan kekurangan daya bahkan habis sama sekali, biasanya lampu sein akan berkedip dengan cepat.

 

Oh iya, mungkin lampu tidak akan menyala saat mesin mati. Hal tersebut karena aki sudah soak, oleh karenanya kemungkinan lampu-lampu dan komponen kelistrikan lainnya akan menyala saat mesin motor dalam keadaan hidup.

 

Hal tersebut karena biasanya aki akan diberi daya walau hanya mampu menampung sedikit. Pemberian daya ini dilakukan oleh sistem pengisian aki.

 

3. Klakson Berbunyi Pelan

Selanjutnya adalah klakson jadi berbunyi pelan atau bahkan mati sama sekali. Baik pada motor karbu atau motor injeksi, keduanya tetap sama-sama akan mengalami pengaruh dari aki soak ini.

 

4. Sistem Elektrik Starter Tidak Berfungsi

Ini adalah momok yang menakutkan. Pasalnya, jika motor injeksi kita sudah tidak dibekali dengan kick startrer, maka kemungkinan kita akan sulit dalam menghidupkan motor.

 

Sistem elektrik starter sendiri membutuhkan daya aki yang cukup besar. Oleh karenanya, sistem starter elektrik ini cenderung enggan hidup walau aki terbilang tidak terlalu tekor.

 

5. Sensor Injeksi Bermasalah

Saat aki pada motor injeksi tekor atau soak, biasanya akan ada kode di dashboard atau tachometer/ speedometer.

 

Kode tersebut biasanya merujuk pada sistem kelistrikan yang tidak normal. Mengapa perlu diingatkan di dashboard?

 

Alasannya adalah karena jika aki dibiarkan soak dalam jangka waktu lama, maka dapat merembet ke komponen lain seperti lampu yang jadi cepat putus, hingga beberapa sensor injeksi yang tidak bekerja dengan semestinya.

 

Oleh karenanya, jika aki soak (drop), maka sebaiknya ganti dengan aki yang baru. Oh iya, aki yang soak dan kurang setrum sendiri memiliki perbedaa, jadi jangan sampai tertukar.

 

Baca JugaBeda Aki Soak dan Kurang Setrum, Pahami Baik-Baik Sob !!!

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x