Beda Aki Soak dan Kurang Setrum, Pahami Baik-Baik Sob !!!

Daftar Isi [Tampil]

 

Beda Aki Soak dan Kurang Setrum, Pahami Baik-Baik Sob !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai beda aki soak dan juga aki yang kurang setrum.

 

Aki, salah satu komponen kelistrikan bodi pada kendaraan bermotor yang cukup penting perannya.

 

Lewat aki, beberapa komponen seperti lampu, klakson, hingga starter elektrik dapat bekerja dengan semestinya.

 

Aki sendiri fungsi utamanya adalah untuk menampung daya listrik berjenis satu arah atau DC yang mana daya listrik tersebut awalnya berasal dari spull dan diproses oleh kiprok (untuk urusan konverter arus serta besarnya tegangan yang boleh masuk pada aki).

 

Sama seperti komponen kelistrikan lain, aki juga memiliki beberapa masalah seperti korslet hingga kurang daya.

 

Hmm, well menarik di sini jika kita bahas mengenai perbedaan aki soak dengan aki yang kurang setrum.

 

Lalu apa sih bedanya aki yang soak dan aki yang kurang setrum? Mari kita bahas pada sub bab di bawah ini:

Perbedaan Penyebab

Sebenarnya aki yang soak dan kurang setrum ini sama-sama menimbulkan gejala yang sama, yakni setrum yang berkurang drastis sehingga tidak mampu menghidupkan beberapa komponen seperti lampu ataupun starter elektrik.

 

Tetapi bila kita rentet dari penyebabnya, aki yang soak dan kurang setrum dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Aki soak adalah aki yang drop karena usia pakai sehingga sulit untuk menampung atau menjaga setrum agar tetap ada pada aki. Contohnya adalah saat dilakukan pengisian, aki voltasenya normal (12 V), sedangkan saat kendaraan dibiarkan terdiam selama beberapa hari, voltase tiba-tiba ada di angka (10 V atau bahkan kurang).

2. Aki yang kurang setrum bisa jadi merupakan aki yang soak, tetapi aki yang kurang setrum lebih dekat pada pendefinisian aki yang masih normal, namun karena pemakian yang kurang tepat, maka membuat setrumnya tidak normal. Misalnya saja, membiarkan lampu menyala padahal mesin kendaraan dalam keadaan mati (aki bekerja tapi pengisian aki tidak menyala). Hal tersebut mau tidak mau dapat menyebabkan setrum pada aki akan berkurang dan membuat aki tidak dapat bekerja untuk menghidupkan beberapa komponen seperti lampu hingga starter.

 

Perbedaan Perbaikan

Aki yang soak dan yang kurang setrum memiliki perbedaan dalam hal penanganan perbaikan. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

1. Aki yang sudah soak atau drop lebih baik diganti, sebab performanya sudah jauh dari 100%. Oleh karenanya, biasanya aki yang soak adalah aki yang sudah berumur misal sudah berumur lebih dari 4 tahun. Mengapa aki yang soak harus diganti? Sebab bagian dalamnya sudah rusak, seandainya kita paksa misal lakukan pergantian air zuur hingga melakukan recharge, kemungkinan aki hidup pasti ada, tetapi performanya tidak akan 100 persen dan setrum pada aki akan mudah hilang karena aki sudah soak atau drop.

2. Aki yang kurang setrum biasanya akan dapat bekerja dengan baik setelah melakukan pengisian daya kembali dengan spesifikasi yang sesuai. Aki yang kurang setrum sendiri memang biasanya merupakan aki yang masih bagus dan berusia muda, namun karena keteledoran pemakaian, maka dapat menyebabkan aki ini menjadi kurang setrum.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)