-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


5 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Lemah, Begini Ternyata !!

 

5 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Lemah, Begini Ternyata !!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki aki kering yang lemah.

 

Aki pada kendaraan bermotor berfungsi untuk menyimpan daya listrik yang mana daya listrik tersebut sebelumnya dihasilkan oleh spull dan naik ke kiprok untuk dikonversi ke arus DC dan diatur besaran daya yang akan dimasukan pada aki.

 

Aki ini memiliki nama lain yang accu atau accumulator, peran dari accu sendiri cukup penting terlebih untuk kendaraan bermotor keluaran terbaru yang banyak menghadirkan beragam fitur yang membutuhkan daya listrik.

 

Tetapi aki ini bukan merupakan komponen abadi dan sama seperti komponen lain yakni memiliki masa pakai.

 

Biasanya, usia pakai aki yang normal bisa bertahan lebih dari 2 tahun. Tetapi karena kerusakan pada komponen lain seperti komponen pengisian, maka tidak menutup kemungkinan bahwa aki akan memiliki umur lebih pendek.

 

Di pasaran sendiri, aki terdiri dari beberapa tipe dan yang lebih dikenal adalah 2 tipe yakni tipe aki basah dan tipe aki kering.

 

Nah dalam artikel ini, kita akan coba bahas mengenai cara memperbaiki aki kering yang lemah.

1. Cas atau Charge

Yang pertama adalah cas atau charge atau isi daya aki kering. Sebenarnya pada kendaraan bermotor sudah tersedia sistem pengisian daya listrik untuk aki.

 

Tetapi, karena masalah usia aki hingga sistem pengisian aki yang rusak, maka aki dapat saja mengalami tekor atau lemah.

 

Jika sudah begitu, maka opsi pertama adalah melakukan recharge atau pengisian ulang pada aki agar daya listriknya kembali terisi.

 

Lakukan pengecasan sesuai dengan anjuran spesifikasi aki, atau lebih mudahnya datang saja pada bengkel pengecasan aki kering.

 

2. Isi Ulang Air Zuur

Selanjutnya adalah melakukan isi ulang pada air zuur atau accu zuur. Air ini sendiri sering disebut sebagai air aki.

 

Nah pada beberapa aki kering, kadang berisi juga air aki, tetapi memang takarannya sedikit dan posisi airnya amat tertutup.

 

Sedangkan pada aki kering lain, air zuur ini diganti dengan sejenis jeli dan aki kering tipe ini tidak dapat dilakukan isi ulang air zuur.

 

Sebenarnya, cara ini kurang direkomendasikan terlebih untuk produsen aki kering, hal tersebut karena aki kering sejatinya tidak boleh dibuka tutup pada bagian tutupnya.

 

3. Periksa Sistem Pengisian

Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada sistem pengisian aki. ini dilakukan jika aki yang kita miliki merupakan aki yang masih baru.

 

Misalnya saja, aki kita sudah ganti dan ternyata setelah dipakai selama 1 mingguan, kok lemah atau tekor lagi.

 

Jika seperti ini, pastikan sistem pengisian berjalan dengan baik. Misal jangan ada kabel dari sekitaran aki yang rusak.

 

Serta pastikan kiprok maupun soketnya masih berfungsi, hal tersebut bertujuan untuk membuat sistem pengisian berjalan normal sehingga aki kering tidak mudah lemah.

 

Baca Juga6 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, Ini Sering Terjadi !!!

 

4. Normalkan Sistem Kelistrikan

Jika kendaraan bermotor kita melakukan modifikasi misal mengganti lampu kepala atau sistem kelistrikan lain yang beban daya listriknya lebih besar, maka usahakan normalkan dulu atau boleh memodifikasi asal aki dan kiprok juga dilakukan upgrade.

 

Hal tersebut bertujuan agar beban aki tidak terlalu besar, jadi jangan sampai lebih besar pasak (pengeluaran/ beban aki) dari pada tiang (sistem pengisian aki).

 

5. Ganti Aki

Boleh jadi aki kering yang lemah tersebut memang sudah tidak terselamatkan karena kerusakan bagian dalamnya.

 

Oleh karenanya jika sistem pengisian aman, motor standaran, lalu aki juga sudah dilakukan pengecasan, dan aki masih tetap lemah, maka sebaiknya aki diganti saja.

 

Perlu diingat sekali lagi bahwa aki ini sama seperti baterai pada umumnya yang memiliki usia pakai dan jika usia pakainya sudah terlampaui, maka performanya akan menurun jauh.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel