-->



★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Pengertian Bore Up dan Tune Up, Ternyata Ini !!!

Pengertian Bore Up dan Tune Up, Ternyata Ini !!!

SATUPISTON.COM – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari bore up dan juga tune up.

 

Istilah bore up dan juga tune up sering didengungkan terlebih bila kita sering berkunjung pada bengkel motor atau mobil.

 

Kami sebelumnya juga pernah membahas mengenai perbedaan antara bore up dan tune up pada artikel berikut:

 

Baca Juga3 Perbedaan Bore Up dan Tune Up

 

Nah pada artikel ini, kami akan coba fokus untuk membahas mengenai pengertian antara bore up dan juga tune up.

 

Wah kira-kira seperti apa ya pengertian dari bore up serta tune up? Mari kita bahas bersama pada sub bab di bawah ini.

 

Pengertian Bore Up

Yang pertama, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai bore up. Bore up merupakan salah satu istilah atau penamaan yang cukup populer termasuk pada anak pecinta mobil hingga anak pecinta motor.

 

Secara mendasar, bore maksudnya adalah diameter dari piston. Sedangkan makna up artinya adalah memaksimalkan atau meningkatkan. Jadi dapat kita maknai bahwa bore up adalah meningkatkan diameter dari piston.

 

Bore up ini mirip-mirip dengan oversize, tetapi bore up langkahnya lebih advance dan juga biayanya lebih mahal dari oversize.

 

Baca JugaPerbedaan antara Oversize dan Bore Up

 

Adapun dalam melakukan bore up, salah satu langkahnya adalah mengganti piston ke ukuran yang lebih besar, mengganti dinding silinder ke ukuran yang lebih besar, mengganti blok mesin ke ukuran yang lebih besar, serta langkah tambahan seperti ganti noken as, ganti klep, ganti karbu, ganti knalpot, hingga upgrade pengapian.

 

Dari gambaran langkah bore up, kita sudah terbayang bukan? Bahwa bore up ini setidaknya dapat memangkas isi dompet kita, hehe.

 

Pengertian Tune Up

Selanjutnya kita bahas mengenai tune up. Tune ini dapat kita maknai sebagai penyetelan atau penyesuaian (contoh kata lain adalah tuner atau alat penyetel). Sedangkan up dapat kita maknai sebagai meningkatkan.

 

Jadi tune up dapat kita maknai sebagai melakukan peningkatan penyetalan pada komponen-komponen mesin kendaraan.

 

Kenapa penyetelan harus ditingkatkan? Ya karena ketika kendaraan sering digunakan, maka beberapa komponen mesin biasanya akan mengalami penurunan performa dan jadi tidak menyetel antar satu komponen dengan komponen lain.

 

Dalam bahasa teknik, penyetelan ini kadang disebut juga sebagai kalibrasi, maksudnya adalah mengembalikan kembali stelan ke stelan awal atau stelan standar.

 

Tune up sendiri secara lebih spesifik dapat dimaknai sebagai melakukan penyetelan agar performa mesin dapat kembali bagus seperti baru keluar dari dealer.

 

Berbeda dengan over haul, tune up ini tidak menghendaki adanya pembongkaran mesin secara masif atau besar.

 

Jadi biasanya tune up ini melakukan penyetelan mesin dengan minim melakukan bongkar mesin secara besar.

 

Misalnya saja menyetel celah busi, menyetel celah klep pada mobil, menyetel platina, remap ECU, dan melakukan penyetelan lain pada mesin yang sifatnya adalah penyetelan secara ringan (kadang berat sih hehe).

 

Pada mesin, memang antara 1 komponen dan komponen lain harus saling nyetel, misal pada klep ada yang patokannya adalah klep in 20 mm dan klep ex 15 mm.

 

Ketika nanti bertahun-tahun digunakan, maka celah klep akan saling berbeda misal jadi 24 mm untuk in dan 17 mm untuk ex.

 

Ketika sudah begitu, maka kita harus melakukan tune up atau penyetelan agar performa mesin jadi baik seperti awal-awal standarnya.

 

Kesimpulan

Kita masuk pada akhir sub bab artikel ini. Jadi kesimpulannya adalah bahwa bore up merupakan melakukan pelebaran atau pembesaran piston, sedangkan tune up adalah melakukan penyetelan pada tiap komponen mesin.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel