-->






★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Starter Motor Bunyi Ngek, Apa Penyebabnya?


Starter Motor Bunyi Ngek, Apa Penyebabnya?
Sumber: bukalapak.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari starter motor yang berbunyi ngek.

 

Ngek, suara apa tuh man?

 

Oke mari kita bahas terlebih dahulu mengenai starter pada motor. Starter pada motor yang tengah kita bahas adalah starter motor berjenis elektrik.

 

Starter elektrik atau starter otomatis ini memang sangat praktis dan banyak disukai oleh users sepeda motor.

 

Tetapi, meski praktis, namun penggunaan starter elektrik terbilang sangat membebani daya pada aki.

 

Ya, starter elektrik butuh daya yang cukup besar, oleh karenanya jangan heran jika banyak pria yang lebih memilih menggunakan kick starter. Alasannya adalah biar kelihatan lebih macho, dan tentunya biar aki lebih hemat hoho.

 

Selain membebani aki, starter elektrik juga terkadang cukup ribet, misalkan kadang tidak merespon dan kadang berfungsi dan kadang tidak.

 

Baca Juga: Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak, Ini 5 Penyebabnya !!!

 

Nah untuk starter elektrik yang berbunyi ngek? Kira-kira apa ya penyebabnya?

 

Kami sendiri cukup bingung, ngek ini maksudnya bagaimana? Tetapi kami akan coba prediksi penyebab dari starter motor bunyi ngek di bawah ini:

1. Aki Motor Soak atau Lemah

Starter Motor Bunyi Ngek, Apa Penyebabnya?

Penyebab pertama adalah karena aki yang soak atau sudah lemah. Jika suara ngek saat kita tekan tombol starter dibarengi dengan lampu-lampu yang meredup secara signifikan, maka dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah aki atau accu.

 

Accu atau aki sendiri idealnya  harus bervoltase sebesar 12 volt saat mesin dalam keadaan mati dan saat mesin hidup, maka voltasenya harus sekitar 14 volt.

 

Kalian dapat mengukur tegangan dari aki dengan menggunakan volt meter, multi tester, atau avo meter.

 

Baca JugaFungsi Voltmeter Pada Motor

 

2. Dinamo Starter Lemah atau Rusak

Dinamo starter gambarnya dapat kalian lihat di atas artikel ini. Adapun jika dinamo starter rusak, memang kadang tidak mengeluarkan suara.

 

Tetapi pada jenis kerusakan lain, kadang dinamo starter yang rusak akan mengeluarkan bunyi ngek lebih tepatnya ngrekkkkk. Suaranya cenderung kasar, seperti benturan antara dua gerigi.

 

Sebenarnya dinamo starter ini jarang rusak terlebih pada motor dengan usia di bawah 5 tahun, dan biasanya yang akan rusak atau lemah duluan adalah aki atau accu.

 

Jadi opsi dinamo starter ini mungkin akan jadi terduga terakhir setelah kita sudah yakin bahwa aki atau accu memang masih sehat.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel