-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ciri-Ciri Dinamo Starter Motor Rusak

Ciri-Ciri Dinamo Starter Motor Rusak
Sumber: bukalapak.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri dari dinamo starter motor rusak.

 

Dinamo starter merupakan salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang mana fungsinya adalah memutarkan jeroan mesin setelah menerima daya dari bendik.

 

Dinamo starter ini jadi bagian wajib dan penting pada kendaraan bermotor yang menggunakan sistem starter elektrik atau sistem starter otomatis.

 

Nah untuk kalian yang merasa sistem starter elektriknya bermasalah, bisa kok cek artikel di bawah ini:

 

Baca JugaStarter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak, Ini 5 Penyebabnya !!!

 

Oke, kita kembali bahas topik utama dalam artikel ini yakni mengenai ciri-ciri dari dinamo starter motor yang rusak.

 

Berikut merupakan beberapa ciri dari dinamo starter motor yang rusak:

1. Starter Elektrik Tidak Berfungsi

Hal ini dapat dibilang cukup basic, jika dinamo starter rusak, maka salah satu cirinya adalah starter otomatis jadi tidak berfungsi.

 

Tetapi sebenarnya jika starter elektrik pada motor tidak berfungsi, maka penyebabnya dapat bermacam-macam misalnya adalah karena tombol starternya rusak atau kotor, lalu karena ada perkabelan yang putus, lalu karena aki drop, lalu karena bendik, dan mungkin juga karena dinamo starter yang rusak.

 

2. Terdengar Suara “Krekkkkkk” Saat Tombol Starter Ditekan

Berbeda dengan tanda bendik starter rusak yang berbunyi cetek-cetek, ketika dinamo starter rusak, maka biasanya akan mengeluarkan bunyi atau suara “krekkkkk” dengan sustansi yang cukup panjang.

 

Intinya ada suara di area dinamo starter yakni krekkkk dan sejenisnya dengan suara yang cukup panjang (lebih panjang dari suara cetek-cetek dari bendik yang rusak).

 

Nah ketika dinamo starter hanya berbunyi krekk, sebenarnya dinamo starter nampaknya sudah bekerja, hanya saja ada problem lain pada area dinamo starter sehingga dinamo starter tidak sanggup memutarkan atau menghidupkan mesin.


3. Starter Elektrik Akan Normal Ketika Dinamo Starter Dipukul-Pukul

Salah satu penyebab dinamo starter rusak adalah karena arangnya atau kulnya sudah habis atau menipis.

 

Dalam kondisi kerusakan tertentu, hal ini dapat ditangani dengan cara memukul-mukul dinamo starter dengan menggunakan kunci shock, palu, dan sejenisnya dengan pukulan yang tidak keras.

 

Nah jika dinamo starter ternyata tidak mengeluarkan suara dan ketika kita pukul-pukul dinamo starter lalu starter normal kembali, maka dapat dipastikan dinamo starter rusak yakni arang atau kul starternya bermasalah.

 

Jika arang starter habis, opsinya adalah dengan cara mengganti arangnya saja, atau ganti sepaket dengan dinamo starternya.

 

4. Dinamo Starter Tidak Merespon

Yang terakhir adalah dinamo starter yang tidak merespon. Jadi benar-benar tidak bersuara dan ketika dipukul-pukul pun sudah tidak mau bekerja atau menyala.


Ini adalah tahap terparah dari dinamo starter yang rusak. Penyebab adalah bisa dikarenakan karena arang atau kul starter yang sudah benar-benar habis.


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x