-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Begini Cara Kerja Kurir Pengirim Paket

Begini Cara Kerja Kurir Pengirim Paket

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas megenai cara kerja kurir pengirim paket.

 

Kurir menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh lulusan baru maupun yang berpengalaman.

 

Kurir sendiri cukup ngetrend di saat era jual beli secara online mulai lumrah dilakukan oleh banyak orang terutama pada kota-kota besar.

 

Baca JugaSyarat Menjadi Kurir Ekspedisi Yang Menggunakan Sepeda Motor

 

Nah untuk kalian yang penasaran dengan cara kerja kurir, berikut kita bahas dalam artikel ini.

 

Pengertian Kurir

Dikutip dari id.wikipedia.org, disebutkan bahwa kurir adalah:

Kurir adalah perusahaan atau perorangan yang bertugas mengirim pesan, paket dalam jumlah kecil hingga sedang, atau surat dari tempat yang satu ke tempat yang lain menggunakan jalur darat, laut, dan udara.

 

Sedangkan menurut kami, jasa kurir adalah jasa ekspedisi atau jasa pengiriman paket baik berupa barang seperti dokumen, produk, dan lain sebagainya menggunakan jalur darat, laut, dan udara (mobil, mobil pick up, truck, pesawat, kapal, kereta, sepeda motor) yang mana besaran tarif jasanya ditentukan berdasarkan berat paket (kadang juga dimensi paket) hingga estimasi kecepatan paket.

 

Jasa kurir ini sekarang tengah sangat menjamur dalam hal kebutuhan. Sebab jasa kurir jadi salah satu unsur vital dalam hal distributor perekonomian.

 

Maka jangan heran, walau sedang hari libur hingga pandemi, kurir ini diberi prioritas yakni “tidak diliburkan” karena alasan kepentingan distribusi perekonomian.

 

Cara Kerja Kurir

Sesuai namanya, kurir ini bekerja dengan cara mengirimkan paket dari titik A (titik awal) menuju titik B (titik tujuan).

 

Tetapi mengirimkan barang atau paket dari titik A menuju titik B tidaklah semudah yang dibayangkan.

 

Banyak post atau outlet kurir yang harus disinggahi agar kinerja pengiriman jadi lebih sederhana.

 

Kita contohkan saja pengiriman dari Padalarang Bandung Barat menuju Sangkuriang Cimahi yang jaraknya tidak begitu jauh.

 

Nah dalam satu kali pengiriman seperti yang disebutkan di atas, maka pengiriman paket harus dibawa dulu ke outlet atau post kurir di Cimahi baik menggunakan motor maupun mobil box.

 

Hal tersebut agar nantinya kurir “tombak” dapat dengan mudah mencari alamat tujuan.

 

Nantinya kurir “tombak” yang mengirimkan paket ke alamat tujuan akan disortir berdasarkan beberapa aspek yang salah satunya adalah tujuan. Misal ada yang ditugaskan ke kecamatan A, kecamatan B, dan seterusnya.

 

Jadi kurir ini secara garis besar dikategorikan sebagai berikut:

1. Kurir yang mengantar paket dengan status belum spesifik. Kurir jenis ini biasanya mengirimkan paket ke luar daerah misal dari Jakarta ke Bandung dengan menggunakan mobil box hingga truck (ada juga yang menggunakan pesawat, kereta api, dan kapal laut). Tugas kurir yang satu ini adalah mengirimkan paket ke post yang telah ditentukan (bukan ke alamat tujuan secara langsung).

2. Kurir yang mengantar paket dengan status spesifik yakni mengirimkan paket ke alamat tujuan misal ke kampung-kampung. Kurir dengan jenis ini biasanya akan menggunakan motor untuk barang yang kecil, sedangkan untuk barang yang cukup besar akan menggunakan mobil box hingga truck berukuran sedang.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript