-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Syarat Menjadi Kurir Ekspedisi Yang Menggunakan Sepeda Motor



Syarat Menjadi Kurir Ekspedisi Yang Menggunakan Sepeda Motor

Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai syarat menjadi kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor.


Nah sob, di sekarang era online shop sudah meraja lela, itu artinya peran dari ekspedisi pengirim barang juga ikut berkembang.

Banyak para perusahaan ekspedisi kirim barang yang gencar melakukan inovasi guna tetap menjadi pilihan nomor satu bagi pelanggannya.

Inovasi tersebut juga dibarengi dengan “invasi” wilayah yang diwujudkan dengan pembukaan cabang ekspedisi kirim barang dimana-mana sampai ke pelosok desa.

Dengan intensifnya pembukaan cabang, tentu pihak perusahaan ekspedisi pun gencar pula melakukan perrekrutan karyawan guna dijadikan karyawan pada beberapa posisi. Salah satu posisi yang banyak dicari tentunya adalah ujung tombak dari kurir ekspedisi yakni para kurir yang menggunakan sepeda motor.

Kenapa kurir yang menggunakan sepeda motor disebut ujung tombak? Hal tersebut karena biasanya kurir yang menggunakan sepeda motor akan menjangkau tujuan akhir dari barang yang hendak di kirim.

Sepeda motor dipilih karena dinilai lebih efisien dan efektif menjangkau perumahan serta pemukiman yang sampai ke gang-gang sempit.

Untuk besaran upah dan insentif bagi kurir sepeda motor, besarannya ditentukan dari kebijakan perusahaan ekspedisi.

Jadi sepengetahuan kami dari informan yang kebetulan bekerja di perusahaan ekspedisi, tiap kurir yang menggunakan sepeda motor ditunjang dengan uang pulsa/ kuota, uang bensin, upah minimun UMR, serta ada benefit jika pengiriman barang sesuai dengan jumlah dan jadwal tertentu.

Pada beberapa perusahaan ekspedisi, bahkan sepeda motor pun sudah disediakan, jadi kita tidak perlu repot-repot menggunakan motor kesayangan kita.

Nah beberapa feed back di atas tidak serta merta diberikan oleh tiap perusahaan ekspedisi, jadi kembali lagi pada kebijakan tiap perusahaan.

Cukup menggiurkan memang, terlebih bagi kita yang doyan naik motor dan berkelana, kami rasa menjadi kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor bisa jadi pilihan pekerjaan kalian.

Bagi kalian yang ingin melamar pekerjaan sebagai kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor, mungkin bertanya-tanya apa saja sih syarat untuk menjadi pegawai dengan jabatan kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor?

Jawabannya ya syarat pertama adalah dokumen lamaran seperti pada umumnya serta beberapa syarat lain dari perusahaan yang biasanya dicantumkan dalam selembaran lowongan kerja yang bersangkutan.

Jika kalian bingung, tinggal cari saja lowongan kerja di perusahaan ekspedisi yang kalian targetkan. Namun secara umum, ada beberapa syarat khusus yang biasanya diwajibkan oleh pihak ekspedisi untuk posisi kurir yang menggunakan sepeda motor.

Kebetulan kami dahulu sempat ingin melamar untuk menjadi kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor guna sedikit meringankan biaya kuliah, namun karena beberapa faktor akhirnya kami urungkan niatnya.

Seingat kami, syarat khusus yang umum diberlakukan bagi calon pelamar untuk posisi kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor adalah sebagai berikut:

1. Bisa Mengendarai Sepeda Motor dan Memiliki SIM C Aktif

Yang pertama dan menjadi syarat mutlak tentunya kita harus bisa mengendari sepeda motor dan memiliki SIM C yang aktif. Karena apa? Ya jika kita ingin melamar sebagai kurir yang menggunakan sepeda motor tetapi tidak bisa mengendari sepeda motor rasanya menjadi lucu juga ya. Jangan lupa juga untuk mengecek keaktifan SIM C kita, karena SIM C akan jadi syarat mutlak lain ketika kita hendak melamar sebagai kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor.

2. Paham Seluk-Beluk Daerah Yang Akan Jadi Target Pengiriman Barang

Selanjutnya adalah kita harus paham seluk-beluk daerah yang akan jadi target pengiriman barang. Misal target pengiriman adalah daerah Kabupaten Bandung Barat bagian Barat. Kita harus paham daerah-daerah tersebut, mulai dari kecamatan-kecamatan dan desa-desanya bahkan bila bisa sampai paham RW dan RTnya. Jangan sampai kita ingin menjadi kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor tetapi kita malah tidak paham bahkan tidak tahu daerah yang jadi target pengiriman barang. Perlu diingat bahwa kurir yang menggunakan sepeda motor biasanya akan lebih menjangkau pelosok bila dibandingkan dengan kurir yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih. Oleh karenannya jika kita kuuleun atau sering berada di rumah dan tidak tahu jalan dan tempat, ada baiknya untuk kita mulai kenali daerah di sekitar target pengiriman barang.

3. Memiliki Sepeda Motor Pribadi

Pada beberapa perusahaan ekspedisi memang tidak mewajibkan kita untuk memiliki sepeda motor pribadi, sebut saja PT. Pos Indonesia, yang mana sepeda motornya sudah disediakan oleh perusahaan. Namun untuk perusahaan ekspedisi lain, pada umumnya mewajibkan pada kurir yang menggunakan sepeda motor untuk memiliki sepeda motor pribadi. Maksud dari sepeda motor pribadi adalah sepeda motor yang bisa gunakan kapan pun dan tidak terikat dengan penggunaan untuk orang lain (kendati pada STNK nama pemilik adalah orang lain atau orang tua). Ingat juga, biasanya sepeda motor yang diwajibkan adalah sepeda motor yang memiliki kubikasi kecil dan hemat bahan bakar, sebut saja sepeda motor metik dan sepeda motor bebek dengan kubikasi kurang dari 130 cc. Biasanya pembatasan jenis motor ini dilakukan guna efisiensi angkut barang serta efisiensi tanggungan bahan bakar dari perusahaan ekspedisi itu sendiri.

4. Punya SMARTPHONE  dan Bisa Menggunakannya

Ini merupakan syarat yang kekinian, karena syarat ini hadir karena permintaan dari para aplikator online shop. Gunannya smartphone ada guna memberikan informasi serta konfirmasi pada pihak aplikator bahwa barang telah dikirim pada target pengiriman. Selain itu, jika kalian tidak tahu jalan, smartphone ini juga bisa digunakan untuk menjadi GPS atau kita juga bisa gunakan fitur aplikasi pesan singkat guna menghubungi orang yang menjadi target pengiriman barang.

Nah kurang lebih itu yang merupakan syarat guna menjadi kurir ekspedisi yang menggunakan sepeda motor, untuk informasi lengkapnya mungkin disesuaikan dengan kebijakan dari perusahaan-perusahaan ekspedisi.

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript