-->



★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Cara Cek Relay Starter Motor, Begini Cara Mudahnya !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mudah dalam cek relay starter motor.

 

Relay starter merupakan salah satu komponen penting dalam sistem starter otomatis atau electrical starter.

 

Relay starter ini nantinya akan memutarkan dinamo starter agar mesin motor dapat menyala dengan sempurna ketika tombol starter yang berada di stang kita tekan.

 

Relay starter sendiri lebih sering dikenal sebagai bendik starter, yips bahasa bengkel di Indonesia mengenai suatu komponen memang beragam.

 

Hal tersebut wajar, karena bahasa komponen otomotif di Indonesia turut dipengaruhi oleh beberapa negara bekas penjajah seperti Belanda dan Jepang, selain itu bahasa Inggris yang jadi bahasa internasional suatu komponen juga ikut berperan dalam perbedaan nama pada suatu komponen otomotif (contoh lainnya adalah piston, seher, torak yang merujuk satu komponen yang sama).

 

Well kita coba masuk kembali pada topik utama dalam pembahasaan ini yakni mengenai cara cek relay starter motor.

 

1. Periksa Kondisi Aki atau Accu

Yang pertama adalah periksa terlebih dahulu kondisi dari aki atau accu atau accumulator. Biasanya bendik sering kita usik karena starter motor yang hanya berbunyi cetek-cetek.

 

Baca JugaStarter Motor Bunyi Cetek-Cetek ?? Ini 2 Penyebab Utamanya

 

Ya jika bendik normal, untuk apa kita repot-repot bongkar kelistrikan motor? Kecuali jika kita tengah praktik atau belajar.

 

Pada poin ini, pastikan aki dalam tegangan yang cukup yakni sekitar 12 volt saat mesin dalam kondisi mati dan 14 volt ketika mesin dalam keadaan hidup.

 

Baca JugaFungsi Voltmeter Pada Motor

 

Setelah aki terkondisikan dengan tidak terjadi drop atau lemah (voltase lemah), maka selanjutnya kita periksa komponen bendiknya secara langsung. Tetapi jika akinya lemah dalam artian ada arus dan tegangannya tetapi kurang ideal, maka sebaiknya ganti aki atau cas aki terlebih dahulu.

 

2. Korsletkan Relay Starter

Wah, apa?? Korsletkan bendik??? Tenang, kita bahas bersama lebih lanjut. Bendik sendiri ada yang bertugas ganda menjadi rumah sikring, dan ada juga yang bentuknya hanya fokus sebagai bendik tanpa ada rumah sikring. Selain itu, bendik ini biasanya letaknya ada yang di dekat aki, tetapi ada juga yang dekat dengan dinamo starter.

3 Cara Cek Relay Starter Motor, Begini Cara Mudahnya !!!
Bendik starter


Pada bendik sendiri ada kutub positif dan kutub negatif, cara mudah untuk mengecek kondisi bendik adalah ambil obeng yang gagang pegangannya terbuat plastik dan silahkan korsletkan bendik dengan menghubungkan kutub positif dan negatif pada bendik dengan menggunakan bagian besi dari obeng.

 

3 Cara Cek Relay Starter Motor, Begini Cara Mudahnya !!!
Bendik dengan rumah sikring


Catatan: pada motor lain, model atau bentuk dari bendik akan berbeda-beda


Jika seketika bendik bekerja yang ditandai dengan mesin motor yang menyala, maka dapat diduga kuat bendik mengalami kerusakaan dan harus diganti.

 

3. Gunakan Multi Tester

Nah jika kalian punya multi tester, cara mengecek bendik atau relay starter adalah dengan cara cek bendik dengan keadaan multi tester dalam mode hambatan atau ohm.

 

Jika setelah dicek jarum pada multitester tidak membaca adanya hambatan, maka artinya bendik atau relay starter ini sudah rusak dan harus diganti.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel