-->






★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Starter Motor Bunyi Cetek-Cetek ?? Ini 2 Penyebab Utamanya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai starter motor yang bunyi cetek-cetek.

 

Untuk motor terkini, biasanya sudah mengaplikaskan sistem starter dengan jenis manual (kick starter atau engkol) dan sarter otomatis (electric starter).

 

Nah tak jarang untuk beberapa tipe motor tertentu, pilihan metode starter adalah starter otomatis atau electric starter saja.

 

Sebut saja Scoopy 2021, R15, R25, CBR150, GSX R150, dan motor lainnya banyak yang menyematkan satu sistem starter yakni electric starter.

 

Sebenarnya electric starter ini sangat praktis dan membantu dalam menghidupkan mesin sepeda motor, terlebih untuk kaum hawa atau wanita yang tidak ingin ribet dalam menghidupkan motor.

 

Tetapi tak jarang sistem starter otomatis ini mengalami beberapa masalah mulai dari ngadat hingga hanya berbunyi cetek-cetek dan tidak mau menghidupkan motor.

 

Wah kira-kira kenapa ya? Eh jika kalian ingin baca cara menghidupkan motor tanpa kick starter dan kebetulan starter otomatisnya mati, monggo baca terlebih dahulu artikel di bawah ini:

 

Baca JugaMotor Tanpa Selahan Akinya Tekor??? Begini Cara Menghidupkannya

 

Oke kita kembali ke topik utama dalam artikel ini, starter motor yang berbunyi cetek-cetek dapat disebabkan oleh 2 hal berikut:

 

1. Aki Motor Sudah Drop atau Lemah

Penyebab pertama adalah aki yang sudah lemah atau drop. Nah masalah ini sering terjadi dimana aki masih ada daya atau tegangannya, tetapi sudah lemah dan tidak kuat untuk mengangkat starter mesin.

 

Perlu diingat bahwa starter otomatis ini kadang tidak disukai oleh kalangan bikers sebab starter otomatis ini yang paling besar dalam menghabiskan daya dari aki.

 

Oleh sebab itu starter otomatis ini jadi “penyumbang” terbesar dari “terbuangnya” daya pada aki.

 

Adapun jika aki lemah ditandai dengan voltase aki yang kurang dari 12 volt saat mesin dalam keadaan mati, dan kurang dari 14 volt saat mesin dalam keadaan hidup. Kalian bisa cek tegangan aki pakai voltmeter digital variasi, maupun menggunakan multi tester.

 

Baca JugaFungsi Voltmeter Pada Motor

 

Nah biasanya aki yang lemah adalah aki yang sudah berumur atau aki muda yang dipakai tidak sesuai dengan peruntukannya.

 

Aki yang lemah ini juga menandakan aki hendak habis, jika aki sudah lemah, beberapa komponen seperti lampu dan klakson mungkin masih bisa menyala.

 

Tetapi ketika starter otomatis yang digunakan, maka kemungkinan aki sudah tidak sanggup dan memaksa adanya bunyi cetek-cetek.

 

2. Bendik Starter (Relay Starter) Rusak

Starter Motor Bunyi Cetek-Cetek ?? Ini 2 Penyebab Utamanya
Salah satu model bendik, pada motor lain mungkin akan berbeda-beda

Penyebab kedua adalah karena bendik atau relay starter sudah rusak. nah penyebab yang satu biasanya juga sering terjadi.

 

Jika kita sudah mengecek daya dari aki dan ternyata aki masih normal, maka kemungkinan kedua dari starter motor yang hanya berbunyi cetek-cetek adalah karena  bendik atau relay starternya sudah rusak.

 

Pada beberapa motor, relay atau bendik starter ini ada yang ditempatkan dekat dinamo starter, tetapi pada jenis motor lain, bendik starter ini kadang ditempatkan dekat dengan aki.

 

Well yang perlu kalian perhatikan di sini adalah ketika starter otomatis ngadat dan hanya berbunyi cetek-cetek, maka pastikan dulu aki masih normal dan tidak lemah.

 

Kemudian jika aki ternyata normal tegangan dan ampernya, maka selanjutnya kita wajib curiga pada komponen yang dinamakan dengan bendik.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel