-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

√ Pengertian Kunci Pas, Jangan Salah Sebut !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari kunci Pas.

 

Bagi kalian yang sudah cukup sepuh dalam dunia perbengkelan atau dunia perkakas rumah tangga, pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya kunci pas?

 

Yips, kunci yang satu ini merupakan kunci yang dapat dikatakan sebagai salah satu kunci tradisonal dalam membuka baut berkepala segi enam atau heksagonal.

 

Kunci pas bahkan sangat mudah kita temui karena banyak yang menjual kunci pas ini dengan berbagai harga dan ukuran.

 

Kunci pas juga kadang jadikan logo atau simbol beberapa perusahaan hingga komunitas sebagai tanda bahwa perusahaan atau komunitas mereka ada hubungannya dengan dunia otomotif maupun dunia teknik.

 

Nah untuk mendalami lebih jauh mengenai pengertian kunci pas, mari kita bahas saja secara seksama dalam beberapa sub bab di bawah ini.

 

Pengertian Kunci Pas

Fungsi kunci pas
Sumber: shopee.co.id

Kunci pas merupakan sebuah hand tools yang mana berbentuk batang pipih yang memiliki mata kunci terbuka berbentuk seperti huruf U yang memiliki derajat mulai dari 15 derajat hingga 90 derajat tergantung dari jenis kunci pas itu sendiri.

 

Nama lain dari kunci pas adalah open end wrench atau open end spanner. Nah, bagian mata kunci yang menganga atau terbuka seperti rahang pada kunci pas disebut sebagai shank.

 

Jika kita membeli motor atau mobil baru dari dealer, biasanya setidaknya kita akan dapat beberapa kunci pas dengan beberapa ukuran tergantung dari “kebaik hatiaan” dealer tersebut.

 

Fungsi Kunci Pas

√ Pengrtian Kunci Pas, Jangan Salah Sebut !!!
Sumber: indiamart.com

Sederhananya, fungsi dari kunci pas adalah untuk membuka dan memasangkan baut maupun mur dengan bentuk hexagonal atau segi enam.

 

Biasanya kunci pas ini hanya digunakan untuk membuka dan mengencangkan baut yang memiliki torsi kecil atau baut dan mur yang tidak terlalu keras dalam dibuka dan dikencangkan (jika torsinya besar, maka biasanya akan menggunakan kunci T hingga kunci sock).

 

Baca Juga: Fungsi Kunci Pas Beserta Jenis-Jenisnya

 

Kunci Pas Yang Bagus

Kunci pas yang bagus adalah kunci pas yang dapat digunakan dengan semestinya yakni membuka dan mengencangkan baut serta mur seperti apa yang kami sebutkan di atas.

 

Tetapi secara bahan baku, kunci pas yang baik adalah kunci pas yang berbahan baku dari chrome vanadium dengan komposisi vandium lebih dominan.

 

Kunci pas yang menggunakan bahan baku chrome vanadium sendiri biasanya akan bertuliskan CRV, atau C-RV, atau Chrome Vanadium pada bagian batangnya.

 

Selain itu, usahakan membeli kunci pas yang dibuat dengan cara ditempa dan bukan dengan dicetak. Hal tersebut karena kunci pas yang dibuat dengan cara ditempa akan memiliki kekuatan (keawetan) lebih besar bila dibandingkan dengan kunci pas yang dibuat dengan cara dicor.

 

Tetapi semuanya kembali lagi pada budget serta keputusan kalian masing-masing hehe.

 

Kelebihan Kunci Pas

Kunci pas sejauh ini masih banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan kunci jenis lain. Kelebihan dari kunci pas adalah sebagai berikut:

1. Dapat menjangkau sudut mur dan baut yang posisinya tidak terjangkau oleh kunci ring maupun kunci sock.

2. Dapat membuka bagian mur pada bagian tengah batang besi seperti pada kabel kopling dan sejenisnya yang tidak dapat dijejal oleh kunci ring maupun kunci sock.

3. Karena mata kuncinya berbentuk menganga dan tidak tertutup, maka dalam segi kecepatan akan sangat membantu pada saat pemasangan dan pelepasan baut maupun mur secara cepat.

 

Kelemahan Kunci Pas

Selain kelebihan, kunci pas ini juga memiliki kelemahan yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak cocok untuk membuka baut atau mur dengan torsi besar.

2. Hanya cocok untuk proses pelepasan dan pemasangan baut dan mur yang butuh torsi kecil atau perlu kunci lain seperti kunci sock sebagai kunci tambahan untuk proses “finishing” atau “starting” dalam pelepasan dan pemasangan mur serta baut atau dalam kata lain kunci ini bukan kunci utama dalam membuka baut dan mur yang memiliki torsi besar.

3. Berpotensi merusak mur dan baut, hal tersebut karena kunci ini memiliki mata kunci yang terbuka yang dapat dengan mudah “memakan” mur atau baut.

4. Tidak direkomendasikan untuk membuka atau memasang mur dan baut yang sudah mulai budar. Hal tersebut karena kunci ini tidak menggunakan mata kunci yang 100% menggengam bagian kepala baut ataupun mur.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript