-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Fungsi Kunci Pas Beserta Jenis-Jenis Kunci Pas


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari kunci pas beserta jenis-jenisnya.

 

Kunci pas merupakan salah satu jenis kunci yang sering sekali disebutkan. Bahkan saking populernya jenis kunci ini, kadang banyak gambar vektor dari beberapa komunitas yang menyematkan jenis kunci pas sebagai identitas bahwa komunitas tersebut berhubungan dengan otomotif maupun mesin.

 

Yups, kunci pas sendiri sangat kental sekali auranya dengan permesinan baik pada kendaraan bermotor seperti mobil maupun motor, serta pada industri mesin yang besar-besar.

 

Nah untuk kalian yang tengah ingin mencari tahu mengenai fungsi dari kunci pas serta jenis-jenisnya, mari kita simak dalam beberapa sub bab  di bawah ini.

 

Pengertian Kunci Pas

Pertama-tama, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari kunci pas. Kunci pas sendiri merupakan kunci yang bagian mata kuncinya berbentuk terbuka atau menganga.

 

Jadi kunci pas berbeda dengan kunci kebanyakan yang mata kuncinya tertutup. Kunci pas sendiri memiliki nama lain yakni Open end wrench atau open end spanner, adapun bagian yang terbuka yang berbentuk rahang disebut sebagai shank.

 

Biasanya bagian shank atau rahang tersebut memiliki bentuk seperti huruf U yang memiliki tingkat kemiringan 15 derajat. Tetapi pada beberapa kunci pas, tingkat kemiringan pada rahangnya bisa mencapai 90 derajat.

 

Jika kalian membeli motor atau mobil baru dari dealer, maka setidaknya kita akan diberi minimal satu buah kunci pas.

 

Kunci pas yang baik sendiri setidaknya harus terbuat dari chrome vanadium dan lebih baik lagi jika proses pembuatannya dilakukan dengan cara ditempa dan bukan yang dicetak.

 

Fungsi Kunci Pas

Kunci pas memiliki fungsi utama yakni memasang (mengencangkan) serta melepas (mengendurkan) baut serta mur dengan jenis hexagonal atau baut dan mur dengan bentuk segi enam.

 

Kunci pas sendiri memiliki keunggulan yakni lebih praktis untuk digunakan dan dari segi kecepatan, memasang maupun melepas baut dengan kunci pas cenderung lebih cepat bila dibandingkan dengan kunci ring atau kunci yang semua mata kuncinya tertutup (melingkar).

 

Sayangnya, kunci pas sendiri tidak direkomendasikan untuk membuka baut dan mur yang keras atau baut dan mur yang memiliki torsi besar.

 

Hal tersebut karena kunci pas cenderung tidak ajeg dalam meraba kepala baut maupun mur, wal hasil jika mur atau baut terlalu keras saat hendak dilepas, maka kemungkinan posisi kunci pas akan tidak benar dan membuat mur serta baut menjadi dol atau slek.

 

Jenis-Jenis Kunci Pas

Sejatinya kunci pas hanya memiliki satu jenis yakni kunci yang pipih serta memiliki mata kunci yang terbuka (mata kunci berbentuk huruf U seperti rahang/ shank).

 

Namun di pasaran sendiri, kunci pas diberi beberapa varian yang mana kurang lebih adalah sebagai berikut:

1. Kunci Pas Standar (Open End Wrench)

Fungsi Kunci Pas Beserta Jenis-Jenis Kunci Pas
Sumber: shopee.co.id

Kunci pas standar merupakan kunci pas yang umum dijumpai yakni biasanya kunci ini memiliki dua mata kunci yang keduanya “menganga”. Biasanya tiap mata kunci memiliki 2 ukuran, contohnya adalah jika pada ujung satu berukuran 8 mm, maka biasanya ujung yang satunya akan berukuran 10 mm. Namun ada juga yang satu sisinya berukuran 14 mm dan sisi lainnya berukuran 17 mm.

 

2. Kunci Ring-Pas (Combination Wrench)

Fungsi Kunci Pas Beserta Jenis-Jenis Kunci Pas
Sumber: shopee.co.id

Selanjutnya ada kunci kombinasi yang biasanya merupakan gabungan antara kunci dengan model kunci pas serta kunci dengan jenis ring (Box Wrench). Kunci dengan jenis ini biasanya merupakan kunci yang dipadukan yakni satu ukuran namun dengan dua model yang berbeda. Misalnya adalah satu ujung kunci berukuran 10 mm dengan model kunci pas, maka ujung lainnya merupakan kunci berukuran 10 mm juga namun dengan model kunci ring.

 

3. Kunci Inggris (Adjustable Wrench)

Fungsi Kunci Pas Beserta Jenis-Jenis Kunci Pas
Sumber: tokopedia.com

Sebenarnya kunci pas dan kunci Inggris merupakan dua tools yang berbeda. Namun pada dasarnya, kunci Inggris merupakan kunci pas yang dapat diatur bagian mata kuncinya sesuai dengan limit ukuran dari kunci Inggris tersebut. Kunci Inggris sendiri tersedia dari beberapa range ukuran dan juga tersedia dalam beberapa sudut mata kunci mulai dari yang 15 derajat hingga 45 derajat. Kunci ini sendiri hanya memiliki satu mata kunci, sedangkan satu ujungnya lagi berfokus sebagai handle atau pegangan.

 

4. Kunci Pas Ratchet

Fungsi Kunci Pas Beserta Jenis-Jenis Kunci Pas
Sumber: shopee.co.id


Kunci yang satu ini termasuk kunci yang dikombinasikan, dimana sebenarnya yang menjadi ratchet adalah bagian pangkal mata kunci dengan model ring. Adapun ratchet ini berfungsi untuk merubah sudut derajat dari gagang kunci ring sehingga pegangan atau gagangnya dapat diatur lebih ke atas atau sebaliknya.


Nah artikel ini kami cukupan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript