-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Menutup Lubang AIS Mio Sporty


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menutup lubang AIS dari Mio Sporty.

 

Mio Sporty merupakan salah satu motor dengan jenis metik yang dipasarkan oleh pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 

Sedangkan AIS adalah?

 

AIS adalah singkatan dari Air Induction System atau bila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah sistem induksi udara.

 

Fungsi dari AIS sendiri adalah untuk menekan emisi gas buang agar lebih ramah lingkungan dan tentunya jadi lebih go green.

 

AIS bekerja dengan membuat sistem pada saluran gas buang yakni AIS bekerja untuk menginduksikan udara bersih menuju sistem pembuangan gas sisa pembakaran, dimana udara bersih itu dapat mengalir karana adanya hisapan dari intake manifold yang terjadi karena adanya gerak translasi dari piston pada ruang bakar yang dihubungkan ke lubang hisap pada AIS (Ellyanie, 2009: 58 dalam Jurnal Rekayasa Mesin, VOL. 9 No. 3).

 

Meski memiliki fungsi atau tujuan yang mulia, namun AIS ini menjadi salah satu “musuh” bagi beberapa pengguna sepeda motor.

 

Mengapa? Alasannya sederhana, Air Induction System dianggap menurunkan performa akselerasi dari sepeda motor.

 

Selain itu, jika sepeda motor melakukan ubahan pada sistem knalpot, AIS ini sering jadi terduga penyebab nembak-nembak pada motor yang sudah diganti knalpotnya.

 

Oleh sebab itu, maka jangan heran bila ada banyak pengguna motor yang melakukan modifikasi pada bagian AIS tepatnya mematikan lubang AIS agar membuat akselerasi dari sepeda motornya jadi lebih optimal.

 

Namun perlu diingat, AIS sendiri bertugas mengalirkan udara bersih dari area filter udara menuju kepala silinder yang kemudian dilanjutkan ke area saluran gas buang.

 

Dengan demikian jika kita menyumpal lubang AIS, maka kemungkinan emisi gas buang dari sepeda motor kita akan menjadi lebih buruk.

 

Tetapi jika kalian tetap ngotot ingin menutup lubang AIS pada Yamaha Mio Sporty kalian, maka simak beberapa langkah berikut:

 

Cara Menutup Lubang AIS Mio Sporty
Sumber: Youtube/ Eka Saputra


1. Lepas bagian bodi Mio Sporty yang menutupi area depan dari mesin Mio Sporty.

2. Telisik dan perhatikan bagian sekitaran busi, nantinya akan ada konektor dan selang yang saling terhubung.

3. Telusuri selang tersebut, jika selang yang kita temukan terhubung pada bagian kepala silinder dan bagian filter udara, maka kemungkinan itu adalah AIS.

4. Siapkan baut dengan ukuran kepala 12 mm atau baut lain dengan ukuran yang sekiranya dapat dimasukan pada bagian selang AIS.

5. Masukan baut tersebut pada selang AIS, usahakan jangan sampai tertelan dan usahakan jadikan baut tersebut sebagai penyumpal saja yang dapat dengan mudah kita lepas kembali.

6. Jika merasa kurang yakin dengan cara kami, maka kalian dapat simak video mengenai cara menutup lubang AIS Mio Sporty yang kami temukan di Youtube di bawah ini:

 


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript