-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Yang Dimaksud Dengan Gaya ??? Simak Pembahasan Fisika Di Sini !!!

Apa Yang Dimaksud Dengan Gaya ??? Simak Pembahasan Fisika Di Sini !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai Gaya, apa yang dimaksud dengan gaya dalam ilmu fisika?

 

Kurang lebih mungkin pertanyaan di atas merupakan salah satu pertanyaan yang kalian (soal kalian) tanyakan.

 

Nah berbeda dengan zaman dulu, zaman sekarang untuk mencari jawaban terbilang lebih mudah yakni tinggal Googling saja, sedangkan zaman kami dulu harus setidaknya menggunakan buku yang kami beli atau kami pinjam dari perpustakan.

 

Well, lama kelamaan kami jadi seperti guru sejarah yang membahas masalah tempo dulu wkwk. Baik mari kita mulai saja mengenai apa yang dimaksud dengan gaya.

 

Pengertian Gaya

Apa sih itu gaya? Apakah gaya itu maksudnya adalah penampilan? Apakah good looking juga termasuk gaya?

 

Haha, gaya yang tengah kita bicarakan merupakan gaya dalam ilmu fisika dan bukan gaya dalam ilmu lain seperti gaya dalam desain grafis ataupun dalam tata rias.

 

Dikutip dari id.wikipedia.org, kurang lebih gaya didefinisikan sebagai berikut:

Gaya, di dalam ilmu fisika, adalah interaksi apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Dengan kata lain, sebuah gaya dapat menyebabkan sebuah objek dengan massa tertentu untuk mengubah kecepatannya (termasuk untuk bergerak dari keadaan diam), atau berakselerasi, atau untuk terdeformasi. Gaya memiliki besaran (magnitude) dan arah, sehingga merupakan kuantitas vektor. Satuan SI yang digunakan untuk mengukur gaya adalah Newton (dilambangkan dengan N). Gaya sendiri dilambangkan dengan simbol F, khusus untuk gaya gesek, dilambangkan dengan fs atau fk tergantung kondisinya.

 

Baca Juga15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Pusing ya? Baiklah kita sederhanakan saja kurang lebih gaya adalah sebagai berikut:

Gaya merupakan tarikan atau dorongan atau interaksi apapun itu yang membuat suatu benda yang memiliki bobot (baik benda tersebut ataupun benda lain) menjadi bergerak. Gaya disimbolkan dengan F (Force) dan bersatuan dengan N (Newton). Khusus untuk gaya gesek, maka disimbolkan dengan fs atau fk (tergantung kondisi).

 

Jenis Sifat Gaya

Bila kita telaah secara luas, jenis-jenis gaya ini akan sangat banyak sekali bahkan kami pun belum sanggup untuk mencernanya. Oleh sebab itu kita bahas jenis-jenis gaya berdasarkan sifatnya saja dulu hehe.

 

Berdasarkan sifat, gaya sendiri dibagi dalam 2 jenis yakni gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Lalu apa saja pengertian dan contoh kedua jenis sifat gaya tersebut?

 

1. Gaya Sentuh

Gaya sentuh merupakan suatu gaya yang paling mudah diidentifikasi oleh indera manusia dalam hal perubahaannya. Gaya sentuh sendiri merupakan suatu gaya yang bekerja apabila terdapat sentuhan langsung pada benda.

 

Gaya sentuh sendiri memiliki beberapa jenis lagi yakni kurang lebih adalah sebagai berikut:

  • Gaya Gesek

Gaya sentuh yang pertama adalah gaya gesek. Gaya ini merupakan gaya yang mana menimbulkan gesekan antara dua benda baik itu padat, cair, hingga gas.

 

Gaya gesek ini sering sekali terjadi pada dunia sehari-sehari termasuk pada sepeda motor. Beberapa contoh gaya gesek diantaranya adalah ban yang terkena aspal, piringan cakram yang ditekan oleh kampas rem, serta contoh lain yang menggambarkan bergesekannya dua permukaan benda.

  • Gaya Pegas

Gaya pegas lahir karena adanya sentuhan yang memiliki sifat elastis seperti per, karet, atau komponen lain yang memiliki sifat elastis.

 

Contoh gaya pegas adalah anak panah yang meluncur dari busurnya, peluru yang meluncur dari pistol, dan lain sebagainya.

  • Gaya Mesin

Gaya mesin merupakan gaya yang muncul karena benda mekanikal seperti contonya pergerakan sepeda motor karena adanya mesin, pergerakan mesin cuci karena adanya mesin, pergerakan mobil karena adanya mesin dan lain sebagainya.

  • Gaya Otot

Gaya otot merupakan salah satu gaya yang alamiah muncul dari makhluk hidup yang memiliki otot. Contoh gaya otot adalah kuda yang menarik delman, manusia yang mendorong meja, dan lain sebagainya.

 

2. Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh melupakan kebalikan dari gaya sentuh yang mana gaya tak sentuh ini membuat suatu benda bergerak meski pun secara kasat mata tidak terlihat tengah berinteraksi.

 

Gaya tak sentuh ini dipengaruhi oleh medan pada benda lain yang membuat benda lain di sekitarnya menjadi bergerak.

 

Lalu apakah santet, sihir, dan ilmu magic lainnya termasuk gaya tak sentuh? Sayangnya ilmu sihir belum dapat dibuktikan secara ilmiah jadi tidak terkategori dalam gaya tak sentuh dalam ilmu fisika.

 

Adapun jenis-jenis dari gaya tak sentuh adalah sebagai berikut:

  • Gaya Magnet

Gaya magnet merupakan gaya paling umum yang kita jumpai. Ya, contoh sederhananya adalah jika magnet positif dan magnet negatif didekatkan, maka akan membuat kedua magnet tersebut saling berdekatan.

 

Sebaliknya, jika magnet positif dan magnet positif didekatkan (begitu juga dengan magnet negatif dan magnet negatif), maka kedua magnet tersebut akan saling berjauhan.

 

Berpindah tanpa menyentuh, ya !!! itulah gaya tak sentuh dari gaya magnet.

  • Gaya Listrik

Gaya listrik terjadi karena adanya benda yang bermuatan listrik. Gaya listrik sendiri dibagi dalam dua jenis yakni gaya listrik statis dan gaya listrik dinamis.

 

Gaya listrik statis merupakan gaya listrik pada benda yang bermuatan listrik namun tidak mengalirkan alus listrik. Contonya adalah penggaris mika  yang digosok-gosok hingga hangat lalu dapat membuat kertas menempel.

 

Gaya listrik dinamis merupakan gaya listrik pada benda yang bermuatan listrik dan mengalirkan arus listrik. Contohnya adalah listrik pada lampu di rumah kita.

  • Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi merupakan gaya yang timbul karena adanya gaya tarik dari bumi. Contoh kongkrit atau contoh nyatanya adalah saat kita lempar suatu benda ke atas, maka benda tersebut akan jatuh ke bawah dengan sendirinya.

 

Gaya gravitasi ini berlaku di seluruh bumi serta pada seluruh semesta alam termasuk matahari, mars, dan planet lain.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript