15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Daftar Isi [Tampil]

Apa saja contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari? Ada banyak sekali contoh aplikasi dari hukum fisika yang satu ini. Untuk itu, mari simak di sini.


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Torsi, salah satu hukum fisika yang mungkin saat ini tengah sering kalian dengar atau jangan-jangan saat ini kalian tengah mempelajari hal tersebut baik di SMP sederajat atau SMA sederajat?

 

Yaps, dalam dunia otomotif pun torsi ini sering sekali disebutkan terutama dalam urusan spesifikasi mesin hingga urusan baut dan mur.

 

Untuk kalian yang tengah mencari contoh lain dari torsi dalam kehidupan sehari-hari, mari kita bahas saja bersama dalam artikel ini.

 

Pengertian Torsi

Sebelum lebih jauh membahas mengenai contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari torsi itu sendiri.

 

Dikutip dari id.wikipedia.org, kurang lebih torsi adalah sebagai berikut:

Torsi dalam fisika, juga disebut momen atau momen gaya, adalah bentuk ekuivalen rotasi dari gaya linear. Konsep torsi diawali dari kerja Archimedes dengan alat peraga tuas. Secara umum, torsi dapat dianggap sebagai gaya rotasi. Analog rotasi dari gaya, masa, dan percepatan adalah torsi, momen inersia dan percepatan sudut. Gaya yang bekerja pada tuas, dikalikan dengan jarak dari titik tengah tuas, adalah torsi. Contohnya, gaya dari tiga newton bekerja sepanjang dua meter dari titik tengah mengeluarkan torsi yang sama dengan satu newton bekerja sepanjang enam meter dari titik tengah. Ini menandakan bahwa gaya dalam sebuah sudut pada sudut yang tepat kepada tuas lurus. Lebih umumnya, seseorang dapat mendefinisikan torsi dalam perkalian silang.

 

Pusing ya? Sederhananya, torsi adalah gaya atau kekuatan yang dapat membuat objek bergerak secara rotasi (berputar) di area sekitar sumbu.

 

Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Baiklah, mari kita langsung saja bahas mengenai contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contohnya:

 

1. Membuka Baut Dengan Kunci

Yang pertama adalah membuka baut dengan kunci baik itu kunci ring, kunci pas, maupun kunci sock. Yang bertindak sebagai pemberi gaya atau torsi adalah tangan manusia, baut sendiri menjadi pusat rotasi dan jarak baut ke posisi tangan (melalui kunci) disebut dengan lengan gaya.

 

2. Membuka Mur Pada Roda Dengan Kunci

Selanjutnya adalah membuka mur pada roda dengan kunci. Sama seperti saat membuka baut, membuka mur pada as (baut) roda pun membutuhkan torsi yang mana tangan masih menjadi pemberi gaya dan pusat rotasi ada pada bagian as (baut) roda atau pada sekitaran mur.

 

3. Membuka Pintu Engsel

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: pxhere.com

Pintu yang kita maksud adalah pintu yang menggunakan engsel dan bukan pintu geser ya. Pada kasus ini, yang menjadi pemberi gaya adalah tangan kita sedangkan pusat rotasi adalah bagian as engsel.

 

4. Membuka Tutup Botol Air Mineral

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: pxhere.com

Tutup botol air mineral biasanya menggunakan tutup yang diputar untuk urusan pengencangan dan pelonggaran tutupnya (buka/ tutup). Lengan menjadi pemberi gaya, sedangkan pusat rotasi ada di bagian tutup botol atau bagian mulut botol.

 

5. Membuka Sekrup Dengan Obeng

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: elppas.com

Tahu bedanya sekrup dan baut? Jika tidak tahu, coba baca di sini: Perbedaan Baut dan Sekrup. Jadi pada contoh ini, yang bertindak menjadi pemberi gaya ada lengan, sedangkan jarak antara sekrup dan tangan (melalui obeng) dinamakan dengan lengan gaya.

 

6. Menggunting Benda Dengan Gunting

Ketika kita menggunting benda dengan gunting baik itu kertas, plastik, hingga rambut, maka akan ada torsi atau gaya yang terjadi. Dimana yang menjadi pusat rotasi adalah bagian titik silang gunting, sedangkan yang memberi torsi adalah dua jari kita.

 

7. Bermain Yo-Yo

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: kaskus.co.id

Bermain yo-yo juga termasuk contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari. Pusat rotasinya adalah yo-yo, sedangkan jarak antara yo-yo dengan tangan disebut dengan lengan gaya.

 

8. Bermain Jungkat-Jungkit

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: tokopedia.com

Poros pada jungkat-jungkit merupakan pusat dari rotasi, sedangkan pemberi gaya adalah dua orang di ujung jungkat-jungkit. Jarak antara poros jungkat-jungkit dengan tiap ujung jungkat-jungkit dinamakan dengan lengan gaya.

 

9. Menimba Air Dengan Katrol

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: shopee.co.id

Katrol menjadi pusat rotasi, sedangkan pemberi gaya adalah lengan kita atau mungkin mesin jika penggunaannya pada sektor industri.

 

10. Mencabut Paku Dengan Palu Martil

Ketika kita mengungkit paku dengan palu martil, maka akan ada gaya atau torsi yang digunakan. Dimana pusat rotasinya area “ungkit” dari palu itu sendiri.

 

11. Membuka Kaca Mobil Dengan Diputar

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: sadewayes.blogspot.com

Jika mobil kita menggunakan kaca yang harus dibuka secara manual dengan cara diputar pada bagian tuasnya, maka aktivitas tersebut pun merupakan salah satu contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari.

 

12. Menggunakan Tang Potong

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: lazada.co.id

Tang potong baik itu untuk memotong kabel atau pelat besi, merupakan salah satu contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari. Dimana titik rotasinya ada di bagian silang dari tang tersebut (sama seperti gunting).

 

13. Memutar Knob Gitar

Knob pada gitar atau pada komponen sound sistem lain merupakan salah satu contoh torsi dalam kehidupan sehari-hari.

 

14. Memutar Dryer Gitar

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sumber: facebook.com

Dryer gitar merupakan salah satu komponen pada gitar yang fungsinya adalah untuk melakukan penyetelan suara gitar (kerenggangan senar). Pusat rotasi ada pada dryer itu sendiri, sedangkan pemberi gaya adalah lengan.

 

15. Memasang Bola Lampu Di Rumah

15 Contoh Torsi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ilustrasi. Sumber: shopee.co.id


Jika kita menggunakan lampu yang cara pasangnya adalah dengan cara diputar, maka itu juga merupakan salah satu contoh torsi pada kehidupan sehari-hari.

 

Sebenarnya masih banyak lagi contohnya, sisanya mungkin bisa kalian kembangkan sendiri. Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)