-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ini Perbedaan Motor Supersport, Superbike, dan Hyperbike


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara motor Supersport, Superbike dan Hyperbike.

 

Banyak varian motor yang diciptakan demi memenuhi kebutuhan manusia baik itu secara kebutuhan fungsional maupun hanya sekedar untuk mengangkat “gengsi” penggunanya.

 

Motor sport sendiri merupakan motor yang menyerupai motor balap dan atau merupakan motor yang memiliki performa di atas motor rata-rata seperti skutik dan motor bebek (misal motor naked).

 

Dalam artikel sebelumnya, kami sudah membahas mengenai perbedaan motor Superbike dan Supersport dalam WSBK. Untuk kalian yang penasaran dengan artikelnya, silahkan simak pada link tautan di bawah ini:

 

Baca Juga: Perbedaan Superbike dan Supersport di WSBK

 

Nah dalam artikel ini secara umum kita akan mengkategorikan kelas-kelas pada motor sport yakni motor supersport, superbike, serta hyperbike.

 

Lalu seperti apa saja sih motor-motor tersebut?

 

Supersport

Yang pertama adalah supersport. Motor yang satu ini merupakan motor yang terkategori berkubikasi 500 cc hingga 750 cc. Namun ada pula yang berpendapat bahwa motor supersport terhitung mulai dari kubikasi 600 cc hingga 750 cc.

 

Salah satu contoh motor supersport adalah Yamaha R6 hingga Kawasaki ZX-6R.

 

Ini Perbedaan Motor Supersport, Superbike, dan Hyperbike
ZX-6R. Sumber: kawasaki-motor.co.id

Superbike

Selanjutnya adalah superbike. Superbike merupakan motor yang secara kelas berada di atas motor Supersport. Superbike sendiri terkategori memiliki kubikasi mesin sebesar 1 liter atau 1000 cc.

 

Namun motor-motor dengan kubikasi 800 cc hingga 900 cc pun sering disebut sebagai motor superbike. Salah satu contoh motor superbike adalah CBR 1000 RR, R1, BMW H4 Race, hingga ZX-10R.

 

Ini Perbedaan Motor Supersport, Superbike, dan Hyperbike
R1. Sumber: yamaha-motor.co.id

Hyperbike

Selanjutnya dan yang terakhir adalah motor Hyperbike yang merupakan motor dengan kubikasi mesin di atas 1000 cc. Ini merupakan motor dengan kasta tertinggi di antara kedua motor lain yang telah disebutkan.

 

Salah satu contoh motor dengan jenis Hyperbike adalah Suzuki Hayabusa yang memiliki kubikasi mesin sebesar 1300 cc.

 

Ini Perbedaan Motor Supersport, Superbike, dan Hyperbike
Hayabusa. Sumber: teknomoto.wordpress.com

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript