-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Atasi Sonic 150 Yang Putus Kabel Kontak (Cara Darurat)

Cara Atasi Sonic 150 Yang Putus Kabel Kontak (Cara Darurat)


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi Sonic 150 yang mengalami putus kabel kontak.

 

Honda Sonic 150 sendiri merupakan salah satu motor dari Astra Honda Motor (AHM) yang memiliki desain atau aliran ayago (ayam jago).

 

Honda Sonic 150 pertama kali dirilis sekitar tahun 2015 dan secara “sah” menjadi penantang dari motor Suzuki Satria F150.

 

Honda Sonic 150 sendiri dibekali dengan mesin 4 langkah DOHC berkubikasi 149. 16 cc yang sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 11.8 kW pada putaran 9,000 rpm, sedangkan torsi terbaiknya adalah sebesar 13.5 Nm pada putaran 6,500 rpm.

 

Nah kita kembali topik utama dalam judul artikel ini, jadi dua hari yang lalu tepatnya tanggal 15 Oktober 2020 kami dapat chat Wa dari ayah kami yang mengabarkan bahwa Honda Sonic 150 yang dipakai kembali mengalami putus kabel kontaknya.

 

Baca JugaWah Kelistrikan Honda Sonic 150R Mati Total (Lagi)

 

Hal tersebut tentunya cukup riskan sehingga kami pun bergegas datang ke TKP untuk membantu memperbaiki Honda Sonic 150 yang mati total tersebut.

 

Baca JugaMengungkap Kenapa Kunci Kontak Honda Sonic 150R Mudah Putus Kabel

 

Nah karena waktu sudah malam yakni sekitar jam 08.00 malam, maka kami cukup ngebut bawa Yamaha Byson karbu kami supaya pas datang tidak terlalu malam (jarak menuju TKP sekitar 12 Km).

Cara Atasi Sonic 150 Yang Putus Kabel Kontak (Cara Darurat)

Beruntungnya saat kami sudah tiba di lokasi, ternyata headlamp atau batok dari Honda Sonic 150 sudah dalam keadaan dibuka.

 

Nah untuk kalian yang merasa Honda Sonic 150-nya pernah mengalami mati total karena kabel di kunci kontaknya terputus, maka kami sarankan membawa beberapa tools seperti:

1. Obeng plus dan obeng min.

2. Kunci L hexagonal berukuran 5 mm dan (opsi tambahan) 6 mm.

3. Kunci ring/ pas berukuran 10 mm dan 8 mm.

4. Senter untuk berjaga-jaga jika Sonic 150 mengalami putus kabel kunci kontak di malam hari.

5. Cutter dan gunting (ini cukup mengundang perdebatan karena pada beberapa kasus, saat ada razia polisi di jalan raya, ternyata membawa cutter dan gunting dapat membuat kita banyak ditanyai dan jika apes dapat dibawa ke kantor polisi).

6. Isolasi.

 

Nah pada intinya usahakan bahwa kedok lampu utama dari Honda Sonic 150 dapat terbuka agar memudahkan kita dalam memperbaiki kasus kabel di kunci kontak yang terputus.

 

Idealnya kita sediakan timah dan solder untuk melakukan solder ulang pada kabel kunci kontak Sonic 150 yang biasanya mengalami putus di area konektor.

 

Baca JugaCara Atasi Kelistrikan Sonic 150 Yang Mendadak Mati dan Tekor


Namun karena jika tengah berada di luar biasanya kita mendapatkan keterbatasan untuk melakukan solder kabel dan konektor kunci kontak, maka minimal kita harus bisa membuka headlamp depan dari Honda Sonic 150.

 

Lalu setelah terbuka bagaimana? Jika sudah terbuka, satukan dua kabel yang ada di kunci kontak Honda Sonic 150.

 

Sekedar informasi saja, bahwa kabel pada kunci kontak sepeda motor memiliki rangkaian yang sederhana (berbeda dengan kunci kontak pada mobil yang rangkain kabelnya cukup untuk membuat otak kiri dan kanan sedikit terdiam) yakni hanya terdiri dari dua kabel positif yang mana kunci kontak sendiri menjadi “tombol” on/ off untuk kabel dari aki menuju kabel untuk menyalakan seluruh kelistrikan motor.

 

Jadi jika yang putus hanya satu kabel, maka mau tidak mau kita harus sedikit mengelupasi kabel positif pada kabel kunci kontak yang lain guna disambungkan dengan kabel positif yang terputus dari konektor kunci kontak.

Cara Atasi Sonic 150 Yang Putus Kabel Kontak (Cara Darurat)

Jangan lupa untuk menggunakan isolatif agar kabel positif yang baru saja kita sambungkan tidak bersentunhan dengan massa atau grounding karena dapat memercikan percikan api hingga membuat sikring pada Honda Sonic 150 terputus.

 

Jika tidak ada isolasi, maka kita dapat gunakan plastik dan lilitkan pada kabel agar setidaknya tembaga pada kabel tidak terbuka secara bebas dan memiliki potensi bersentuhan dengan shock depan atau rangka motor (yang terkategori sebagai grounding).

Cara Atasi Sonic 150 Yang Putus Kabel Kontak (Cara Darurat)

Dengan menyambungkan dua kabel positif pada Honda Sonic 150, maka motor kita secara otomatis akan menyala dan jika ingin mematikannya, kita dapat cabut main sikring yang memiliki tulisan 20 A (ini kurang direkomendasikan karena dapat membuat korslet).

 

Untuk mematikan Honda Sonic 150 yang secara darurat kita hidupkan dengan cara menyambung dua kabel, maka kita dapat cabut kabel positif dari aki.

 

Caranya adalah dengan membuka bagian bodi Sonic 150 yang ada di sebelah kanan yang dekat dengan kick starter atau selahan.

 

Setelah itu gunakan obeng untuk melepas baut yang menyatukan kabel positif dengan aki atau accu.

Cara Atasi Sonic 150 Yang Putus Kabel Kontak (Cara Darurat)

Tetapi jika ternyata kalian ingin mematikan Honda Sonic 150 dengan cara melepaskan kabel positif yang tadinya kalian hubungkan, itu pun tidak mengapa. Hanya saja membuka headlamp depan dari Sonic 150 lebih lama dari pada membuka kabel positif pada aki hehe.

 

Jika ada waktu dan budget lebih, lebih baik perbaiki kunci kontak Sonic 150 ke tukang service elektronik yang handal.

 

Sekalian juga minta ganti kabelnya dengan kabel yang lebih tahan panas. Tetapi jika kalian ingin memperbaikinya sendiri, maka usahakan gunakan solder yang berkualitas agar hasilnya jadi lebih oke (ganti juga kabelnya jika ada budget lebih dengan kabel yang lebih tebal dan tahan panas/ tidak rapuh saat terkena panas dari kelistrikan motor dalam jangka waktu yang lama).

 

Baca JugaReview Solder Masda DS40N 40W

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript