-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Wah Kelistrikan Honda Sonic 150R Mati Total (Lagi)



Wah Kelistrikan Honda Sonic 150R Mati Total (Lagi)

Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai kelistrikan dari Honda Sonic 150R yang mati total untuk kesekian kalinya.


Nah sob Honda Sonic 150R merupakan salah satu motor modern dengan kelistrikan bermula dari spull, kiprok, aki kering, beberapa sikring, hingga menuju peruntukan-peruntukannya. Pengapian dari Honda Sonic 150R ini diatur oleh ECU atau Electronic Controll Unit.

Jujur saja ketika ada kerusakan kelistrikan pada Honda Sonic 150R, kami cukup kesulitan dan jiwa mundang-mending kami bergejolak untuk memendingkan memperbaiki kelistrikan dari Yamaha Byson karbu kami yang lebih simpel.

Tetapi yang namanya motor di rumah ya kalau rusak harus diperbaiki bagaimana pun caranya.

Kali ini Honda Sonic 150R kami kembali mati lagi dan seperti biasa, ketika kelistrikan mati maka kita harus cek minimal dari aki hingga sikring.

Sebelumnya kami sudah coba juga untuk kick strater atau engkol namun motor masih tidak mau menyala.

Hmm apanya ya, sikring tidak ada yang putus (sikringnya ada banyak dan kita harus cek satu-satu) dan aki pun masih normal.

Hmm sudahlah bawa bengkel saja haha, btw karena malas mendorong motor hingga motor ya kita obrak-abrik saja motornya.

Sebetulnya bila kerusakannya umum, pasti gejala ada pada sikring atau minimal kabel ada yang putus. Namun setelah ditelusuri ternyata masih nihil.

Hingga kita asumsikan kunci kontaknya bermasalah. Dan............. ternyata benar, kabel pada kunci kontak terputus, pantas saja tidak mau menyala padahal sudah diengkol.

Nah kita harus membongkar headlamp dari Honda Sonic 150R untuk sampai pada kabel kontak ini.

Sebetulnya ini merupakan kerusakan yang jarang terjadi, namun karena ini terjadi pada kami jadi kami simpulkan ini berkemungkinan terjadi juga pada kalian.

Oh iya kita butuh timah dan solder ya untuk menyambung kembali kabel pada kontaknya. Jika tidak ada, lilit saja lah wkwk jangan lupa berikan lem superglue tapi jangan kebanyakan nanti malah kabelnya rusak.

Nah masalah umum yang terjadi pada motor ketika semua kelistrikannya mati adalah terjadi pada sikring, olehnya bila kelistrikan mati namun ketika motor diengkol tetap nyala, dan lampu tetap terang, maka pasti sikring bermasalah meski kadang kelistrikan motor memiliki rahasia tersediri sehingga sulit disimpulkan penyebab kerusakannya.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript