-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Atasi Kelistrikan Sonic 150 Yang Mendadak Mati dan Tekor


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara atasi kelistrikan Sonic 150 yang mendadak mati dan tekor.

 

Sonic 150 merupakan motor dengan jenis ayago atau ayam jago yang dipasarkan oleh pabrikan Astra Honda Motor (AHM).

 

Honda Sonic 150 sendiri dibekali dengan mesin 4 langkah DOHC berkubikasi 149. 16 cc yang sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 11.8 kW pada putaran 9,000 rpm, sedangkan torsi terbaiknya adalah sebesar 13.5 Nm pada putaran 6,500 rpm.

 

Baca JugaCara Atasi Sonic 150 Yang Putus Kabel Kontak (Cara Darurat)

 

Nah bagi kalian yang Honda Sonic 150-nya mengalami mati mendadak dan hanya dapat dinyalakan dengan cara diengkol atau di-kick starter, maka bisa jadi komponen sikring yang mengalami kerusakaan.

 

Baca Juga: Pengertian Sikring

 

Ciri-Ciri Sikring Sonic 150 Rusak

Sebenarnya pada tiap motor, kerusakaan pada sikring atau fuse dapat memiliki ciri yang berbeda. Sebut saja pada Yamaha Byson yang mana jika sikrinya putus atau rusak, maka yang terjadi adalah motor jadi mati mendadak namun saat mesin menyala dengan cara diengkol, maka kelistrikan tidak mendadak tekor (mungkin berkurang tetapi tidak secara signifikan menjadi tekor).

 

Baca Juga: Honda Sonic 150 Mati Total (Lagi)


Tetapi pada Honda Sonic 150, ciri-ciri sikring yang putus atau rusak adalah sebagai berikut:

 

1. Ketika kunci kontak dalam posisi on, maka kelistrikan motor tidak menyala dan mesin motor hanya dapat dinyalakan dengan cara dikick starter/ engkol.

2. Ketika mesin motor telah menyala, maka kelistrikan motor jadi tidak normal yang ditandai dengan aki motor yang seperti sedang mengalami tekor atau kekurangan daya sehingga lampu depan tampak redup dan klakson pun berbunyi dengan tidak keras.

 

Penyebab Sikring Sonic 150 Rusak

Pada dasarnya sikring motor yang mengalami putus atau rusak disebabkan karena adanya hubugan arus pendek di sistem kelistrikan motor (korslet) atau ada kelistrikan pada motor yang tidak normal.

 

Jika terjadi korslet pada sistem kelistrikan motor misal karena ada kabel positif dan kabel negatif pada motor yang bersentuhan (ingat, tembaga kabel jangan sampai bersentuhan. Jika bersentuhan maka secara otomatis sikring akan terputus atau rusak guna menyelamatkan komponen kelistrikan lain yang lebih “berharga” misal ECU maupun lampu bagian depan).

 

Cara Atasi Kelistrikan Sonic 150 Yang Mati dan Tekor

Jika motor Honda Sonic 150 kalian mengalami ciri-ciri yang kami sebutkan di atas, maka cara mengatasinya cukup mudah. Kita hanya perlu mengganti sikring pada motor kesayangan kita.

 

Nah masalahnya sekarang adalah, sikring yang mana yang mengalami kerusakan dan harus diganti? Mengingat Honda Sonic 150 memiliki sikring atau fuse yang cukup banyak sebut saja sikring main, lalu sikring fan, lalu sikirng Fi, dan lain sebagainya.

 

Ya jika kalian ada waktu, periksa satu-satu saja sikringnya hehe jika ada yang terputus, maka itu yang harus diganti hehe.

 

Tetapi jika kalian tidak ada waktu yang banyak atau tengah malas, maka tinggal buka sikring yang pada bagian tutupnya tertulis “Main 20A”. Simak gambar di bawah ini:

Cara Atasi Kelistrikan Sonic 150 Yang Mendadak Mati dan Tekor
Rumah Main Fuse 20A telah ditandai.

Sonic 150 sendiri menggunakan sikring dengan jenis pisau atau blade atau pipih yang mana Main sikring atau sikring utamanya memiliki spesifikasi daya 20 Amper.

 

Sikring 20 A dari Honda Sonic 150 sendiri bentuknya cukup kecil dan memiliki warna kuning seperti gambar di bawah ini:

Cara Atasi Kelistrikan Sonic 150 Yang Mendadak Mati dan Tekor


Nah jika sikring yang kita maksud mengalami kerusakan berupa putus sikring, maka kita tinggal ganti saja sikringnya dengan sikring baru.

Pengertian dan Fungsi Fuse Adalah ?
Contoh sikring pisau yang putus/ rusak. Sumber: intersport.id

Harga sikring di pasaran sendiri tidaklah mahal, harganya sekitar Rp. 2000 – Rp. 10.000 persatu buahnya tergantung dengan kualitas dan dari mana kalian membelinya.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript