★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Mengungkap Kenapa Kunci Kontak Honda Sonic 150R Mudah Putus Kabel



Mengungkap Kenapa Kunci Kontak Honda Sonic 150R Mudah Putus Kabel

Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai kenapa kunci kontak Honda Sonic 150R mudah putus kabel.


Hayo siapa yang Honda Sonic 150Rnya mati kelistrikannya? Apa karena sikring? Atau karena masalah yang satu ini?

Yups ada penyakit yang ternyata bukan hanya dialami oleh kami pada motor Honda Sonic 150R.

Banyak juga yang mengalami kelistrikan yang mati pada Honda Sonic 150R karena kabel pada kunci kontak terputus.

Dan bagi kami sendiri, ini sudah kejadian yang ketiga kalinya. Jadi cukup lumayan juga ya? kita harus bongkar headlamp dan berulang kali solder kabel dengan kunci kontaknya.

Nah ini juga bisa jadi surat terbuka untuk AHM untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada Honda Sonic 150R ini, karena ini penyakit cukup menggangu dan bisa membuat kami mendorong motor sampai beberapa kilometer untuk menuju bengkel yang punya solderan haha.

Bila kami telisik, kunci kontak pada Honda Sonic 150R tidak membuat kaki soket yang menonjol untuk terhubungnya kabel dengan kunci kontak.

Kami hanya menemukan kabel yang sudah mengeras dan juga dua titik bekas timah yang dilelehkan. Namun terlihat titik timahnya hampir rata dengan kontruksi kunci konta Sonic 150R.

Sepertinya kabel dicelup dengan timah pada bagian lubang katup positif dikunci kontak supaya lebih kuat, namun masalahnya adalah terletak pada kabel yang mudah sekali putus karena mengeras dan tergoder-goder (terguncang-guncang).

Dengan tidak adanya kaki soket yang menonjol, maka ketika kabelnya terputus kita harus membuang sisa timah dan menyolder ulang. Atau bisa juga ditambal solderannya namun tetap tidak akan lama jika kami pandang dari sisi sifat timah yang mudah sekali patah.

Mungkin bisa kita konsultasikan pada tukang elektronik yang sudah piawai menyolder berbagai medan PCB dan kontruksi.

Intinya suruh service tukang elektronik untuk menyolder dengan model tertentu supaya lebih kuat. Bila ada budget lebih bisa sekalian buang saja kunci kontak bawaan Sonic 150R yang rapuh itu dan beli kunci kontak aftermarket yang tidak “menyiksa” pengendaranya.

Sudah ya artikelnya kami tutup sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.



Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript