-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kumpulan arti warna bendera di gelaran ajang balap motor dunia yakni Moto Grandprix atau MotoGp.

 

Nah disadari atau tidak, pada gelaran MotoGp baik itu kelas Moto 3, Moto 2, hingga kelas utama MotoGp, sering sekali terlihat para marshal (petugas yang berjaga disekitar area sirkuit dengan mengenakan pakaian khusus) mengibarkan beberapa bendera dengan warna dan corak tertentu pada situasi tertentu pula.

 

Nah kira-kira apa saja ya warna yang biasa dikibarkan oleh para marshal di gelaran ajang balap MotoGp serta apa saja makna atau maksud dari dikibarkannya bendera-bendera tersebut?

 

Nah berikut kami bahas dan ulas kumpulan arti warna bendera di MotoGp.

 

1. Bendera Merah atau Red Flag

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera dengan warna merah atau red flag merupakan bendera yang dikibarkan apabila race direction memutuskan untuk menghentikan jalannya balapan baik secara sementara maupun sepenuhnya karena beberapa alasan salah satunya adalah karena kondisi track yang membahayakan.

 

Baca Juga: Arti Red Flag Di MotoGp (Penyebab serta Teknis Melanjutkan Balapan Setelah Red Flag)

 

Terkadang kibaran red flag atau bendera merah ini diikuti oleh kedipan lampu berwarna merah di area sirkuit sebagai penjelas bagi pembalap agar para pembalap tersebut kembali ke pit untuk menghentikan jalannya balapan yang sudah dinilai membahayakan para pembalap tersebut.

 

2. Bendera Hijau atau Green Flag

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera hijau atau green flag biasanya akan dikibarkan apabila ada insiden di saat balapan tengah berlangsung. Sebelum green flag dikibarkan, biasanya akan didahului dengan kibaran bendera berwarna kuning yang menandakan bahwa para pembalap harus berhati-hati karena baru saja terjadi kecelakaan di area sirkuit.

 

Dengan dikibarkannya bendera berwarna hijau atau green flag ini, maka menandakan bahwa jalannya balapan dapat dilangsungkan kembali dengan normal.

 

3. Bendera Kuning atau Yellow Flag

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Kibaran bendera kuning atau yellow flag tidak berarti ada orang yang meninggal seperti apa yang sudah jadi tradisi di Indonesia hehe.

 

Yellow flag atau bendera kuning menandakan adanya kecelakan di area sirkuit sehingga para pembalap harus ekstra hati-hati dan diinstruksikan untuk tidak menyalip kendaraan di depannya apabila bendera dengan warna kuning ini dikibarkan oleh marshal.

 

Bila bendera kuning yang dikibarkan oleh marshal berjumlah dua, maka para pembalap harus bersiap-siap untuk berhenti sampai ada kibaran bendera berwarna hijau atau green flag.

 

4. Bendera Hitam dengan Lingkaran Oren atau Black Flag with Orange Circle

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera hitam dengan balutan lingakaran oren di tengahnya atau black flag with orange circle biasanya akan dipadukan dengan papan berisi nomor motor pembalap. Jadi jika bendera ini dikibarkan, maka akan ada dua marshal yang mana marshal satu mengibarkan bendera black flag with orange circle, sedangkan marshal yang satunya lagi mengangkat papan berisi nomor motor dari si pembalap.

 

Jika bendera ini dikibarkan, artinya adalah motor dari si pembalap tersebut mengalami masalah teknis sehingga harus keluar dari lintasan. Masalah teknis yang biasanya terjadi adalah karena adanya kebocoran oli pada motor dari si pembalap sehingga bila si pembalap tetap melanjutkan balapan maka tentunya akan sangat beresiko mencelakai dirinya hingga pembalap lain.

 

5. Bendera Hitam Putih atau Black White Flag

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera hitam putih atau black white flag merupakan bendera yang biasanya juga dipadukan dengan papan yang berisi nomor motor dari si pembalap.

 

Jadi sama seperti bendera hitam dengan lingkaran oranye, bendera hitam putih ini juga akan dikibarkan dengan paduan papan berisi nomor motor si pembalap yang dilakukan oleh dua marshal.

 

Maksud dari bendera hitam putih ini adalah bahwa si pembalap diberikan peringatan karena suatu hal yang tidak sportif misal karena mengambil keuntungan dari memotong area track.

 

Itu artinya dengan kibaran bendera ini, maka si pembalap harus lebih berhati-hati karena jika tidak maka tidak menutup kemungkinan si pembalap tersebut akan dikenakan hukuman lanjutan seperti penalti dan diskualifikasi jika kedapatan kembali mengulangi kesalahan yang sama.

 

6. Bendera Hitam atau Black Flag

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera hitam atau black flag akan dikibarkan oleh marshal dengan mengangkat papan berisi nomor motor si pembalap. Black flag atau bendera hitam ini menandakan bahwa si pembalap yang nomornya tertera di papan telah didiskualifikasi.

 

Biasanya sebelum black flag dikibarkan, maka akan dikibarkan terlebih dahulu bendera peringatan (bendera hitam putih), namun pada beberapa kasus yang ekstreme atau parah, black flag ini akan dikibarkan tanpa adanya peringatan terlebih dahulu.

  

7. Bendera Putih atau White Flag (Flag to Flag)

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera putih atau white flag merupakan bendera yang dikibarkan oleh marshal apabila terjadi inkonsistensi cuaca. Misalnya dari cuaca mendung ke hujan atau sebaliknya yakni cuaca gerimis ke terik.

 

Biasanya pembalap akan menggunakan ban slick (ban gundul) atau ban basah (wet tyre) yang dikondisikan dengan kondisi lintasan. Nah ban tersebut hanya dapat digunakan di salah satu kondisi lintasan.

 

Bila lintasan kering maka akan digunakan ban slick, namun jika lintasannya basah maka akan digunakan ban basah yang memiliki alur kembang di tapaknya.

 

Kedua ban tersebut tidak dapat digunakan dibukan peruntukannya. Jika ban slick digunakan dilintasan basah, maka ban akan sangat licin. Sedangkan jika ban basah digunakan dilintasan kering maka ban akan membuat laju motor jadi lebih berat, selain itu ban basah akan menjadi lebih cepat habis dan memungkinkan pembalap untuk terjatuh.

 

Oleh sebab itu, jika kondisi cuaca berubah dan memungkinkan untuk tidak dikibarkan red flag maka biasanya marshal akan mengibarkan bendera putih sebagai pertanda pembalap boleh masuk ke area pit untuk menggati motornya dengan settingan yang sesuai dengan kondisi lintasan.

 

Pergantian motor karena faktor cuaca ini juga dikenal sebagai flag to flag dimana pembalap masuk ke area pit dengan catatan motor yang dipersiapkan untuk menggantikan motor sebelumnya sudah disediakan oleh kru tim di area pit (tidak seperti balap mobil F1 yang saat masuk pit akan melakukan pergantian ban saja atau mengisi bahan bakar saja, di MotoGp saat terjadi flag to flag maka pembalap akan mengganti unit motornya).

 

8. Bendera Biru atau Blue Flag

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera yang satu ini akan dikibarkan apabila ada pembalap yang akan di-over lap. Over lap sendiri maksudnya adalah ada satu pembalap yang akan menyalip pembalap lain dengan selisih satu putaran.

 

Dengan dikibarkannya bendera ini maka si pembalap yang terkena over lap harus memberikan jalan pada pembalap yang akan menyusulnya atau melakukan over lap.

 

Jika setelah tiga kali pembalap tersebut tidak memberikan jalan, maka biasanya akan berbuah peringatan hingga sanksi. Selain itu, blue flag atau bendera biru juga dikibarkan apabila ada pembalap dari pit yang akan masuk lintasan. Maksudnya sama yakni memberi tahu pembalap yang dari pit untuk berhati-hari dan mengalah karena ada pembalap lain yang tengah melaju di lintasan.

 

9. Bendera Kuning Merah atau Yellow Red Striped Flag

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera kuning merah atau yellow red striped flag merupakan bendera dengan corak garis kuning dan merah yang akan dikibarkan oleh marshal apabila di dalam lintasan balap terdapat oli yang tercecer sehingga membuat lintasan menjadi licin.

 

Biasanya bendera ini akan disandingkan dengan red flag sebagai pesan pada pembalap bahwa balapan dihentikan karena ada ceceran oli atau hal lain yang membuat lintasan menjadi licin.

 

10. Bendera Putih dengan Silang Merah atau White Flag with Diagonal Cross

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera putih bertanda silang merah atau white flag with diagonal cross merupakan bendera yang dikibarkan apabila lintasan diguyur hujan baik seluruhnya atau sebagian sehingga membuat lintasan menjadi licin.

 

Bendera ini biasanya akan dikibarkan sebelum white flag (bendera putih yang menandakan flag to flag) atau red flag (bendera merah yang menandakan balapan dihentikan). Bendera ini juga dikibarkan saat gelaran Moto 2 di Misano pada tanggal 20 September 2020 saat balapan baru memasuki putaran kelima, pada putaran berikutnya balapan pun dihentikan dengan ditandai pengibaran bendera berwarna merah karena lintasan mulai basah.

 

11. Bendera Kotak-Kotak atau Chequered Flag

 

Kumpulan Arti Warna Bendera Di MotoGp

Bendera kotak-kota atau chequered flag atau biasa juga dikenal sebagai bendera finish ini merupakan bendera yang dikibarkan di garis finish (garis start juga sih kan namanya juga putaran hehe) yang menandakan bahwa balapan telah usai dan setelah melewati garis finish diharapkan pembalap untuk memperlambat laju motornya.

 

Nah itu dia kumpulan bendera yang sering dikibarkan pada gelaran ajang balap MotoGp beserta arti atau maknanya.

 

Bendera-bendera tersebut setidaknya masih berlaku sejak artikel ini diturunkan. Mungkin di masa yang akan datang akan ada penambahan bendera baru, pergantian bendera, atau penghapusan bendera yang bertujuan guna kepentingan balapan.

 

Kami mohon maaf bila tulisan ini sulit dimengerti atau ilustrasi gambar yang kami buat tidak begitu bagus.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript