-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek



Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menyetel kopling motor bebek.


Motor bebek atau motor underbone merupakan motor yang memiliki rangka dengan konsep menggantung mesin di punggung rangka.

Motor bebek ini sudah sangat familiar di negara Indonesia, meski saat ini eksistensi motor bebek tengah turun terutama pada sektor penjualan sepeda motor bebek baru, namun bukan berarti pengguna motor bebek menjadi sedikit.

Faktanya masih banyak pengguna sepeda motor bebek yang beredar di Indonesia. Nah biasanya motor bebek yang digunakan merupakan motor bebek dengan kubikasi kecil (di bawah 135 cc) dan menggunakan kopling semi otomatis.

Nah bicara soal cara menyetel kopling motor bebek, pada artikel ini kami akan coba fokus membahas mengenai cara menyetel kopling motor bebek dengan jenis kopling semi otomatis, namun motor bebek dengan jenis manual pun kurang lebih caranya sama, hanya saja nanti kami akan sebutkan perbedaan antara menyetal kopling pada motor bebek dengan jenis kopling manual dan motor bebek dengan jenis kopling semi otomatis.

Perhatian: Kopling sendiri merupakan elemen yang cukup penting karena bertugas untuk memutuskan dan manghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Kopling yang baik adalah kopling yang mampu memutuskan dan menghubungkan putaran dengan lancar dan tanpa selip ataupun jika pada motor dengan jenis kopling semi otomatis, maka perpindahan gigi harus berjalan dengan lembut dan tidak dengan cara yang menghentak secara tidak wajar (perseneling baru ditekan tapi motor langsung loncat).



Cara Menyetel Kopling Semi Otomatis Pada Motor Bebek

Yang pertama kami ingin membahas mengenai cara menyetel kopling semi otomatis di motor bebek. Pada motor bebek dengan jenis kopling semi otomatis, cara menyetel koplingnnya sebenarnya sangat mudah dan simpel.

Kita hanya perlu menyiapkan kunci ring serta obeng min untuk mengatur baut atau stelan yang terdapat pada blok kopling. Simak gambar di bawah ini:

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek


Pada gambar di atas, ada lingkaran merah yang sengaja kami buat. Lingkaran merah tersebut adalah objek yang harus distel.

Cara menyetelnya cukup mudah, kurang lebih adalah sebagai berikut:

1. Siapkan kunci ring ukuran 14 mm dan obeng min (untuk ukuran kunci ring, mungkin tiap motor akan berbeda-beda, contoh yang kami tulis di artikel ini adalah Honda Supra Fit. Untuk merek motor lain silahkan sesuaikan saja ukuran kunci ringnya dengan ukuran mur).

2. Posisikan sepeda motor pada standar tengah agar lebih memudahkan proses penyetelan.

3. Kendurkan mur yang ada di blok kopling tadi dengan kunci ring sudah dipersiapkan.

4. Putar bagian baut dengan obeng min ke arah kanan atau searah jarum jam hingga mentok, kemudian putar kembali baut tersebut dengan obeng min ke arah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam hingga mentok.

5. Kemudian putar kembali baut tersebut dengan obeng min ke arah kanan atau searah jarum jam sebanyak 1/8 hingga 1/4 putaran.

6. Kencangkan mur dengan kunci ring yang sudah dipersiapkan, dan jangan lupa tahan posisi baut dengan obeng min agar tidak ikut berputar dengan mur yang hendak dikencangkan.

7. Uji coba kopling, jika terasa ada hentakan yang masih terasa maka coba cara di atas kembali. Namun jika ternyata tidak ada perbedaan sama sekali, maka ada kemungkinan kampas kopling sepeda motor harus diganti.

Cara Menyetel Kopling Manual Pada Motor Bebek

Terdapat dua cara untuk menyetal kopling manual pada motor bebek, pertama stel pada bagian kabel koplingnya dan kedua stel pada bagian koplingnya.

Cara pertama yakni stel bagian kabel kopling, kita cukup siapkan kunci pas ukuran 10 mm hingga ukuran 12 mm (sesuaikan saja, tiap pabrikan motor ukuran stelan kabel koplingnya beda-beda). Kemudian cek kabel kopling yang ada di area bawah (dekat dengan mesin), jika pada area kabel terdapat stelan berupa bagian seperti mur (hexagonal), maka coba stelkan dengan menggunakan kunci pas yang sudah kita siapkan tadi.

Cari pertama ini hanya bertujuan untuk mengendurkan atau mengencangkan posisi tuas kopling (jarak bebas kopling). Jika masih kurang, kita bisa stelkan gerak bebas tuas kopling di bagian ujung pangkal tuas kopling.

Jika cara di atas terasa masih kurang, maka cara yang lebih menantang adalah membuka blok kopling pada bagian kanan mesin.

Untuk motor yang pangkal kopling di area mesinnya adalah di bagian kiri seperti Jupiter MX 135, maka kemungkinan bentuk koplingnya adalah sebagai berikut (gambar di bawah merupakan rumah kopling milik Yamaha Byson yang sebelas dua belas dengan milik Yamaha Vixion generasi lawas serta milik Jupiter MX generasi lawas):

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek


Jika rumah koplingnya seperti gambar di atas, maka silahkan coba langkah di bawah (catatan: blok kopling sudah dalam keadaan terbuka):

1. Kendurkan mur yang ada di blok kopling tadi dengan kunci ring sudah dipersiapkan (gunakan kunci ring 10 mm, namun untuk tipe motor lain mungkin ukuran kunci ringnya akan berbeda).

2. Putar bagian baut dengan obeng min ke arah kanan atau searah jarum jam hingga mentok, kemudian putar kembali baut tersebut dengan obeng min ke arah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam hingga mentok.

3. Kemudian putar kembali baut tersebut dengan obeng min ke arah kanan atau searah jarum jam sebanyak 1/8 hingga 1/4 putaran.

4. Kencangkan mur dengan kunci ring yang sudah dipersiapkan, dan jangan lupa tahan posisi baut dengan obeng min agar tidak ikut berputar dengan mur yang hendak dikencangkan.

5. Uji coba kopling, jika terasa masih ada selip yang masih terasa maka coba cara di atas kembali. Namun jika ternyata tidak ada perbedaan sama sekali, maka ada kemungkinan beberapa bagian kopling pada sepeda motor harus diganti.

Kemudian jika ternyata rumah kopling motor bebek kalian adalah seperti gambar di bawah ini, maka kalian tidak perlu melakukan penyetelan pada area blok kopling:

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek


Gambar di atas merupakan gambar bagian dalam blok kopling milik Honda Sonic 150 yang serupa dengan bagian dalam blok kopling milik Honda Supra GTR 150.

Jika kalian bingung dengan bentuk rumah kopling motor bebek kalian, maka searching saja di aplikasi marketplace seperti bukalapak atau shopee dengan kata kunci “rumah kopling” atau “mangkok kopling” atau “lawan kaki 4 dan kaki 4” jenis motor kalian.

Jika motor kalian adalah Supra GTR 150, maka cari “Rumah kopling supra GTR 150”, begitu juga seterusnya.

Cara Menyetel Kopling Motor Bebek
Lawan kaki 4 dan kaki 4 milik Sonic 150 yang serupa dengan milik Supra GTR 150


Untuk kasus motor bebek seperti milik Supra GTR 150, maka tidak ada stelan pada bagian blok mesinnya. Kita hanya bisa atur pada kekencangan per kopling maupun gerak bebas kabel koplingnya.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript